Kulit & Perawatan Tubuh

Selain Manfaat Hifu Wajah, Ketahui Pula Efek Samping serta Biayanya!

January 11, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Manfaat hifu wajah bisa didapatkan karena terbukti aman dan efektif menghaluskan kerutan. Perlu diketahui, facial ultrasound terfokus intensitas tinggi atau disingkat HIFU merupakan perawatan non-invasif untuk mengatasi penuaan pada wajah. 

Biasanya, ahli kulit merekomendasikan HIFU wajah hanya untuk penuaan ringan hingga sedang atau awal. Nah, untuk mengetahui manfaat hifu wajah lebih lengkapnya yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Solusi Penanganan Terbaiknya

Apa itu HIFU wajah?

Dilansir dari Medical News Today, facial HIFU menggunakan ultrasound untuk menciptakan panas pada tingkat yang dalam di kulit. Panas ini akan merusak sel-sel kulit yang ditargetkan sehingga membuat tubuh berusaha memperbaikinya.

Meskipun ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, kerusakan sebenarnya dapat merangsang sel untuk menghasilkan lebih banyak kolagen. Kolagen sendiri adalah zat di kulit yang memberikan struktur dan elastisitas. 

Perlu diketahui, karena sinar ultrasonik frekuensi tinggi difokuskan pada situs jaringan tertentu di bawah permukaan kulit maka tidak akan merusak lapisan atas kulit.

Umumnya, prosedur ini bekerja paling baik pada orang yang berusia di atas 30 tahun dengan kelemahan kulit ringan hingga sedang. Orang dengan kulit rusak karena sinar matahari atau kulit kendur tingkat tinggi mungkin memerlukan beberapa perawatan sebelum melihat hasilnya. 

Orang tua dengan photo-anging yang lebih ekstensif, kelemahan kulit parah, atau kulit sangat kendur tidak dianjurkan. HIFU tidak disarankan untuk orang yang memiliki infeksi dan lesi kulit terbuka di area target, jerawat parah atau kistik, dan implan logam di area perawatan.

Manfaat HIFU wajah yang perlu diketahui

Dokter biasanya mulai prosedur peremajaan wajah HIFU dengan membersihkan area wajah yang dipilih dan mengoleskan gel.

Setelah itu, dokter akan menggunakan perangkat genggam yang memancarkan gelombang ultrasonik dalam ledakan singkat (short bursts). Setiap sesi biasanya berlangsung selama 30 hingga 90 menit. 

Tidak seperti prosedur kosmetik lainnya, perawatan wajah HIFU tidak memerlukan persiapan apapun. Ketika sesi selesai, tidak ada waktu pemulihan sehingga aktivitas sehari-hari bisa dilanjutkan seperti biasa. 

Namun, beberapa orang mungkin membutuhkan antara satu sampai enam sesi, tergantung pada hasil yang ingin dicapai. Dari melakukan beberapa sesi tersebut, maka akan didapatkan manfaat hifu wajah antara lain sebagai berikut:

  • Pengurangan kerutan pada kulit wajah
  • Mengencangkan kulit kendur di leher
  • Mengangkat pipi, alis, dan kelopak mata
  • Meningkatkan definisi garis rahang
  • Mengencangkan decolletage (area antara leher dan payudara)
  • Menghaluskan kulit.

Sebuah studi pada 2017 yang melibatkan 32 orang Korea menunjukkan bahwa HIFU wajah dapat meningkatkan elastisitas kulit pipi, perut bagian bawah, dan paha setelah 12 minggu.

Dalam penelitian yang lebih besar terhadap 93 orang, 66 persen merasakan perubahan pada penampilan wajah dan leher setelah 90 hari. 

Adakah efek samping yang mungkin dirasakan?

Perawatan HIFU wajah dianggap sangat aman jika dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih dan berkualifikasi. Bagian terbaik dari perawatan ini adalah dapat melanjutkan aktivitas normal segera setelah mendapatkan penanganan dari dokter. 

Sedikit kemerahan atau bengkak dapat terjadi, namun akan mereda dengan cepat. Selain itu, kamu mungkin juga akan merasakan sensasi kesemutan ringan pada area yang dirawat dan dapat bertahan selama beberapa minggu. 

Dalam kasus yang jarang, beberapa orang mungkin bisa juga merasakan mati rasa atau memar sementara namun bisa menghilang dalam beberapa hari.

Jika gejala tersebut dirasakan dalam waktu lama, segera lakukan pemeriksaan bersama dokter untuk menghindari masalah kesehatan lebih serius.

Berapa biaya perawatan HIFU wajah?

Setelah memahami manfaat HIFU wajah, biaya perawatan kecantikan satu ini juga perlu diketahui.  Biaya perawatan HIFU wajah bisa berbeda-beda tergantung pada masing-masing klinik atau rumah sakit. 

Dikutip dari Hdmall.id, perawatan HIFU wajah berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp9.500.000. Berbagai pilihan perawatan atau treatment bisa dipilih dan disesuaikan dengan biaya yang sudah ditetapkan klinik atau rumah sakit.

Baca juga: Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Simak, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2019), diakses 30 Desember 2020. Can High-Intensity Focused Ultrasound Treatment Replace Face Lifts?
  2. Medical News Today (2020), diakses 30 Desember 2020. What is a HIFU facial, and does it work?
  3. Hdmall.id, diakses 30 Desember 2020. HIFU
    register-docotr