Kulit & Perawatan Tubuh

Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

January 6, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Bulu mata yang panjang memang menjadi idaman, terutama kaum wanita. Namun, beberapa orang memiliki bulu mata yang tipis karena mengalami kerontokan sehingga banyak cara dilakukan untuk memanjangkannya. Lantas, bagaimana cara memanjangkan bulu mata?

Salah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk memanjangkan bulu mata adalah dengan bahan alami. Nah, untuk mengetahui apa saja bahan alami yang paling tepat, yuk, simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Sering Nyeri Saat BAK? Yuk Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita!

Cara memanjangkan bulu mata dengan bahan alami

Bulu mata memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi debu, pasir, dan kotoran dari luar. Akan tetapi, bulu mata bisa rontok dan menipis karena berbagai faktor.

Faktor penyebab kerontokan pada bulu mata, di antaranya usia dan penggunaan penjepit bulu mata. Nah, untuk membantu memanjangkan dan melentikkan bulu mata terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan, meliputi:

Minyak jarak

Komponen utama dari minyak jarak adalah asam ricinoleic dimana berpotensi membantu mengatasi kerontokan rambut. Penggunaan minyak jarak dapat meningkatkan pertumbuhan bulu mata dan menyempurnakan penampilan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah satu sendok teh minyak jarak yang diperas dingin dan beberapa kapas. Sebelum mengoleskan minyak jarak, kamu harus membersihkan bulu mata terlebih dahulu secara menyeluruh dengan air lalu tepuk-tepuk hingga kering menggunakan pembersih ringan.

Selanjutnya, celupkan kapas ke dalam minyak jarak dan oleskan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Biarkan minyak selama semalaman dan bersihkan keesokan paginya. Hindari penggunaan minyak di dekat mata untuk mencegah efek samping lanjutan. 

Minyak kelapa, cara mudah memanjangkan bulu mata

Minyak kelapa cocok digunakan untuk perawatan rambut karena efek penetrasi yang membantu mencegah hilangnya protein. Oleh karena itu, menggunakan minyak kelapa secara rutin dapat merawat bulu mata yang menipis dan rusak serta membantu pertumbuhannya kembali.

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara memanjangkan bulu mata bayi. Dengan catatan, harus dilakukan secara hati-hati. Selain itu, cara memanjangkan bulu mata bayi maupun orang dewasa ini mudah untuk dilakukan.

Perlu kamu tahu, kandungan dalam minyak kelapa merupakan sumber asam lemak yang bagus dan dapat diserap dengan mudah oleh batang rambut.

Setelah bulu mata bersih dan kering, gunakan kapas baru untuk mengoleskan minyak kelapa ke garis bulu mata baik bagian atas dan bawah. Biarkan selama semalam dan bilas keesokan harinya dengan menggunakan air bersih. Hindari minyak kelapa terkena mata ya.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan sumber polifenol yang disebut dengan epigallocatechin-3-gallate atau EGCG. Kandungan dalam teh hijau satu ini diketahui dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata.

Bahan yang diperlukan yakni 1 sendok teh daun teh hijau atau 1 kantong teh dan 1 cangkir air panas. Campur kedua bahan tersebut dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Saring cairan tersebut, dinginkan, lalu oles secara topikal ke garis bulu mata atas dan bawah menggunakan kapas. 

Biarkan ramuan ini selama setidaknya satu jam, lalu bilas dengan menggunakan air biasa. Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik sesuai keinginan, gunakan teh hijau ini setiap hari.

Minyak zaitun

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai cara memanjangkan bulu mata bayi.

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang disebut dengan oleuropein di mana diketahui bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Pertama, kamu perlu mencampurkan 3 sampai 4 tetes minyak zaitun pada kapas. 

Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada bola kapas dan oles pada bulu mata bagian atas dan bawah. Biarkan minyak pada bulu mata selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas perlahan menggunakan air hangat. 

Cara memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya

Sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya memiliki banyak manfaat. Memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya pun sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bulu mata dan diamkan hingga kering.

Setelah sekitar 5 menit, bersihkan gel lidah buaya pada bulu mata dengan menggunakan air. Namun, memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya harus dilakukan dengan hati-hati, ya. Meskipun demikian, memanjangkan bulu mata dengan lidah buaya juga belum terbukti secara ilmiah.

Cara menumbuhkan bulu mata secara alami

Perlu kamu tahu bahwa, penggunaan eyelash extention juga dapat menyebabkan bulu mata rontok. Ini dapat disebabkan karena lem yang digunakan mengandung bahan kimia. Karena reaksi bahan kimia tersebut, pada sebagian orang bulu mata rontok akibat extension bisa terjadi.

Di sisi lain, bulu mata rontok bukan hanya bisa terjadi akibat extension saja, melainkan juga memiliki penyebab lain, seperti iritasi terhadap kosmetik atau blepharitis.

Selain memanjangkan bulu mata, cara menumbuhkan bulu mata pun juga bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Ini termasuk:

Vitamin E

Menumbuhkan bulu mata yang botak juga bisa dilakukan dengan menggunakan vitamin E. Perlu kamu tahu bahwa vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan peningkatan kerontokan rambut.

Tak hanya itu, vitamin E juga mengandung senyawa tocotrienol yang dapat membantu meningkatkan jumlah helai rambut. Tak hanya dapat membantu menumbuhkan bulu mata yang botak saja, vitamin E juga dapat membuat bulu mata lebih panjang.

Petroleum jelly

Petroleum jelly dapat membantu melembapkan kelopak mata serta mencegah kerusakan lebih lanjut pada bulu mata. Meskipun demikian, belum ada penelitian mengenai kemampuannya terhadap pertumbuhan bulu mata.

Sebagai cara menumbuhkan bulu mata yang botak, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit petroleum jelly ke kelopak mata atas dan bawah dengan menggunakan kapas. Diamkan semalaman, kemudian bilas pada pagi hari.

Mengadopsi pola makan sehat

Melansir dari laman Healthline, mempercepat pertumbuhan bulu mata dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Sebab, nutrisi yang baik dapat mendukung pertumbuhan bulu mata serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Maka dari itu, cara menumbuhkan bulu mata pun juga penting dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dapat membantu menumbuhkan bulu mata yang botak atau bulu mata rontok akibat extension.

1. Protein

Sebagian besar, rambut terdiri dari protein. Oleh karenanya, mencukupi kebutuhan protein pun menjadi sangat penting. Protein sendiri menyediakan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi keratin. Keratin dapat membantu bulu mata tetap sehat dan kuat.

2. Biotin

Biotin juga mendukung produksi keratin. Kamu dapat menemukannya di dalam beberapa makanan berikut:

  • Kacang-kacangan
  • Brokoli
  • Kale
  • Biji-bijian

3. Buah dan sayuran

Tak ketinggalan, konsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin A dan C juga penting. Sebab, keduanya membantu mendorong pertumbuhan bulu mata dengan mendukung produksi sel dan kolagen. Beberapa buah dan sayuran tersebut di antaranya:

  • Buah-buahan berwarna oranye tua dan kuning
  • Sayuran
  • Buah beri
  • Alpukat

4. Niacin

Vitamin B3 atau yang lebih dikenal sebagai niacin dapat membantu meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, sehingga dapat merangsang pertumbuhan. Niacin sendiri dapat ditemukan pada beberapa makanan, seperti:

  • Ayam
  • Ikan
  • Daging sapi

5. Zat besi

Kebutuhan asupan zat besi yang tidak tercukupi dengan baik dapat menyebabkan bulu mata memasuki fase istirahat pada suatu waktu. Untuk mencegahnya, kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti:

  • Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam
  • Makanan laut
  • Kacang polong
  • Sereal yang diperkaya zat besi

Cara menjaga kesehatan bulu mata

Kerontokan pada bulu mata bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk penggunaan rias wajah. Nah, untuk mencegah kerontokan dan menjaga kesehatan mata, berikut beberapa hal yang bisa diikuti.

  • Bersihkan bulu mata dan kelopak mata setiap hari menggunakan pembersih ringan
  • Hindari penggunaan riasan mata yang memiliki kualitas rendah
  • Biasakan untuk menghapus riasan pada mata sebelum tidur
  • Hentikan penggunaan penjepit bulu mata karena bisa memicu kerontokan

Selain itu, rontoknya bulu mata bisa disebabkan karena penggunaan ekstensi. Jika ingin bulu mata sehat dan tebal, pastikan untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk dan lakukan perawatan dengan bahan alami yang sudah dijelaskan di atas, ya!

Baca juga: Merokok setelah Minum Obat, Adakah Efek yang Mungkin akan Dirasakan?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Stylecraze.com (2019), diakses 12 Oktober 2020. How To Get Thicker And Longer Eyelashes Using Home Remedies
  2. Boldsky (2019), diakses 12 Oktober 2020. Home Remedies To Get Thicker And Longer Eyelashes
  3. American Academy of Ophtalmology, diakses 06 Januari 2021. Why Are My Eyelashes Falling Out? 
  4. Bebeautiful.in (2018), diakses 06 Januari 2021. HOW TO GET THICKER AND LONGER LASHES 
  5. Healthline (2017), diakses 06 Januari 2021. Eyelash Growth: Know the Facts
  6. Healthline (2017), diakses 06 Januari 2021. How to Get Longer Eyelashes 
    Berita Terkait
    register-docotr