Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Sampai Keliru, Inilah Mitos dan Fakta Mengenai Toner yang Wajib Diketahui

August 11, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Toner merupakan salah satu produk skin care yang sering digunakan pada wajah. Tetapi banyak mitos yang membuat keliru banyak orang. Inilah beberapa mitos dan fakta mengenai toner yang harus kamu ketahui, simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Begini Cara Tepat Membuat Toner Cuka Apel Sendiri!

Beragam mitos mengenai toner

Pastinya kamu sering mendengar beberapa mitos mengenai toner yang membuat keliru. Berikut ini adalah mitos mengenai toner, diantaranya adalah:

Toner merupakan pembersih wajah

Banyak orang yang menganggap bahwa toner merupakan pembersih wajah. Ternyata hal ini merupakan sesuatu yang salah karena fungsinya bukanlah seperti itu. Pembersih wajah adalah tugas cleansing oil atau milk cleanser bukanlah toner. 

Banyak wanita yang menganggap ketika membersihkan wajah dengan toner akan membersihkan kulit secara keseluruhan, faktanya toner hanya membersihkan kotoran atau bakteri sisa yang tersisa setelah membersihkan wajah dengan face wash atau cleansing oil sebelumnya.

Toner akan membuat kulit semakin kering

Banyak wanita yang percaya bahwa toner akan membuat kulit semakin kering. Ternyata hal ini adalah mitos, hal ini dikarenakan toner yang berpotensi membuat kulit kering adalah toner yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. 

Sebaiknya kamu menggunakan toner dengan toner non-alkohol agar kulit tetap terasa lembap karena tidak semua toner mengandung alkohol. Selain itu, kamu bisa juga mengganti tonermu dengan air mawar yang fungsinya beraneka ragam.

Toner dapat mengecilkan pori-pori

Banyak yang beranggapan bahwa toner dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori. Anggapan ini juga merupakan mitos belaka.

Padahal pada dasarnya pori-pori tidak dapat mengecil meski menggunakan toner. Hanya saja dapat meminimalkan penampilan pori-pori dan tidak semua produk mengklaim dapat mengecilkan pori-pori.

Toner hanya untuk kulit berminyak saja

Banyak orang yang menganggap bahwa toner hanya dapat digunakan untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

Ternyata ini adalah sebuah mitos. Pada kenyataannya toner mampu membersihkan dan menutrisi segala tipe kulit, mulai dari yang kering, sensitif, berminyak, hingga yang berjerawat. 

Kamu hanya harus menyesuaikan kandungan toner dengan kebutuhan kulitmu. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilihlah toner dengan kandungan yang mampu menghidrasi dan melembapkan kulit.

Toner tidak dapat digunakan untuk kulit sensitif

Banyak orang yang menyangka bahwa toner tidak dapat digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Padahal itu anggapan yang salah, karena saat ini ada banyak toner yang diformulasikan khusus untuk menangani kulit sensitif. Bahkan penggunaan toner dapat membantu meredakan iritasi dan inflamasi kulit wajah.

Fungsi toner yang sebenarnya

Jadi, toner merupakan cairan berbahan dasar air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik.

Fungsi toner untuk menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit, mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan dan peradangan.

Selain itu toner juga bisa mempersiapkan kulit kamu sebelum memakai serum dan perawatan anti-aging. Tujuannya agar kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah.

Baca Juga: Beragam Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut

Cara menggunakan toner yang benar

Agar tidak salah menggunakannya, inilah cara yang tepat dalam menggunakan toner agar mendapatkan hasil yang maksimal, antara lain:

Menggunakan kapas

Ini adalah cara yang umum digunakan oleh para wanita, dengan cara menuangkannya satu hingga tiga tetes ke kapas, tetapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah. 

Kemudian usapkan kapas yang telah diberi toner ke seluruh wajah dan leher, lalu usap kapas yang telah diberi toner ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah menjadi segar.

Biasanya toner digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan sebelum menggunakan pelembap atau serum.

Menggunakan tangan

Cara kedua yang biasa dilakukan dengan menggunakan tangan yang ditepuk-tepukkan ke wajah. Caranya mudah kamu tinggal basahi telapak tangan dengan face toner. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit sambil ditepuk-tepukkan secara lembut. 

Biasanya toner bisa digunakan dua kali sehari setelah wajah dibersihkan. Selama kulit tidak mengalami iritasi dalam penggunaan toner, maka bisa digunakan secara rutin. 

Tetapi harus diingat, jika kulit jadi kering atau iritasi, kamu jangan terlalu sering menggunakan toner. Kamu bisa menggunakan toner dua hari sekali lalu lihat hasilnya. Kalau tak ada menimbulkan masalah pada kulit, maka kamu bisa menggunakannya rutin setiap hari.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. verywellhealth.com (2020). diakses tanggal 7 Desember 2020. Astringent vs. Toner: Which Is Right for Your Skin?
  2. Healhline (2019). diakses tanggal 7 Desember 2020.Using a Toner Will Totally Change Your Skin
  3. Healhline (2020). diakses tanggal 7 Desember 2020. Think Toners Are Pointless and Drying? You Might Want to Reconsider
    Berita Terkait
    register-docotr