Diet dan Nutrisi

Selain Enak, Makan Sereal untuk Sarapan Punya Segudang Manfaat Lho!

August 11, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Sereal adalah salah satu pilihan sarapan mudah dan praktis. Kamu cukup menambahkannya dengan susu. Walau terlihat sederhana, tapi sarapan dengan semangkuk sereal ternyata punya banyak manfaat.

Kandungan yang ada dalam sereal sangat baik untuk tubuh dan kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaat sarapan dengan sereal, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengapa sarapan penting bagi kesehatan?

Apakah kamu sering melewatkan sarapan? Jika iya, sebaiknya kamu harus mulai mengubahnya, karena sarapan mempunyai peranan penting.

Sarapan membuat metabolisme dalam tubuh kamu menjadi lancar, serta membantu kamu membakar kalori sepanjang hari.

Selain itu, sarapan juga memberimu energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu dan membantu kamu fokus saat beraktivitas.

Mengenal sereal dan kandungan nutrisinya

Sereal adalah bagian biji-bijian yang dapat dimakan seperti gandum hitam, gandum, barley, jagung, triticale, millet, dan sorgum. Di beberapa negara, mengonsumsi sereal merupakan makanan pokok karena dipercaya merupakan sumber nutrisi.

Biasanya sereal dinikmati pada pagi hari sebagai sarapan.

Manfaat konsumsi sereal untuk sarapan

Sereal menjadi salah satu pilihan untuk sarapan baik itu untuk anak-anak atau juga orang dewasa. Biasanya sereal disajikan dengan campuran yoghurt, susu, dan buah-buahan.

Sarapan dengan sereal juga kerap dijadikan alternatif oleh mereka yang sedang melakukan diet, karena dipercaya sarapan dengan sereal membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain konsumsi sereal untuk sarapan, yaitu:

1. Sumber energi

Sarapan bertujuan untuk memberikan kita energi untuk memulai aktivitas. Saat kita mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi, ada kemungkinan tubuh kita akan menghabiskan energi lebih cepat dari yang seharusnya.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi sereal membantu kamu mempertahankan tingkat energi sepanjang hari.

2. Baik untuk anak-anak

Anak-anak membutuhkan banyak nutrisi dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi untuk anak yang sedang lincahnya bermain dan aktif melakukan banyak hal nutrisi penting untuk menjaga tingkat energi mereka tetap utuh.

Makan sereal setiap hari juga memastikan bahwa anak-anak mengonsumsi sekitar 10 persen serat setiap hari.

Selain itu, sarapan dengan sereal juga memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan konsumsi susu pada anak-anak. 

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu kandungan yang kaya dalam sereal adalah serat. Serat sangat penting untuk fungsi tubuh yang optimal. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung yang bisa berakibat fatal.

Mengonsumsi serat yang cukup setiap kali makan dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri jantung dan juga membantu pencernaan.

4. Kaya kandungan vitamin dan mineral

Mineral yang di berikan dari cereal membantu menghasilkan hormon, menjaga detak jantung tetap stabil, membantu mengirimkan impuls saraf dan menjaga tulang agar tetap kuat. Cereal kaya dengan mineral yaitu kalsium, potassium dan magnesium.

5. Sumber protein yang baik

Protein sangat penting bagi tubuh kita karena tubuh kamu menggunakannya untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Selain itu, protein juga dibutuhkan dalam pembentukan hormon dan enzim. 

Oleh karena itu, mengonsumsi sereal untuk menjaga asupan protein harian kamu merupakan ide yang baik.

6. Mencegah sembelit

Bagi kamu yang mungkin masih suka sembelit pada pagi hari terutama, ada baiknya kamu mengonsumsi sarapan untuk sarapan.

Sereal mengandung selulosa, pektin, dan hemiselulosa. Pola makan tinggi serat memiliki kaitan dengan kesehatan pencernaan yang baik. Sehingga usus lebih mudah mencerna dan kamu tidak lagi mengalami sembelit.

7. Menjaga kestabilan kadar gula darah

Kandungan serat dalam sereal juga membantu mengatur kadar gula darah, karena efeknya yang dapat menurunkan kadar HbA1c. Ini adalah hemoglobin yang bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko diabetes.

Tips sarapan sehat dengan sereal

Agar kamu mendapatkan manfaat dari sereal sebagai menu sarapan, cobalah untuk tidak mencampurkan sereal dengan krim kental manis, karena jenis tersebut punya kandungan gula yang sangat banyak.

Tambahkan juga beberapa irisan buah dalam semangkuk sereal, campurkan dengan susu skim agar tidak terlalu banyak kandungan gula. 

Selain itu, walau punya segudang manfaat, kamu tetap harus mengikuti petunjuk porsi untuk sekali makan dan cek bahan pembuat cereal dalam kolom inggridients pada kemasan, pastikan jangan memilih cereal yang tinggi akan gula dan garam. Pastikan kamu makan sesuai dengan porsi yang dianjurkan, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar sereal untuk sarapan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Web MD (2014). Diakses pada 10 Agustus 2020. Cereal for Breakfast: 7 Ways to Make It Healthy

24 Mantra (2019). Diakses pada 10 Agustus 2020. 10 REASONS WHY EATING CEREALS IS IMPORTANT FOR YOUR DIET

Organic Fact (n.d). Diakses pada 10 Agustus 2020. Cereal 

Natural Food Series (2019). Diakses pada 10 Agustus 2020.  11 Amazing Health Benefits of Cereals

    Berita Terkait
    register-docotr