Kulit & Perawatan Tubuh

Agar Tak Iritasi, Begini 7 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

May 13, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang umum dialami. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara menghilangkan jerawat membandel?

Ini menjadi hal yang penting karena jika jerawat tidak diatasi dengan benar, risikonya justru bisa jadi iritasi. Bekas jerawat pun akan sulit hilang pada kulit wajah.

Yuk, simak informasi lengkap tentang cara menghilangkan jerawat membandel berikut ini!

Cara menghilangkan jerawat membandel

Faktor utama penyebab jerawat adalah produksi sebum berlebihan hingga sel kulit mati pada folikel rambut yang memudahkan bakteri tumbuh pada kulit.

Meski jerawat bisa hilang dengan sendirinya, tapi ada beberapa jerawat yang butuh penanganan khusus untuk menghilangkannya. Berikut tips dan triknya:

Kenali jenis kulit wajah sebagai cara menghilangkan jerawat membandel

Penting untuk mengenali jenis kulit dulu sebelum mengobati jerawat. Foto: Shutterstock.com

Kenali terlebih dahulu jenis kulit kamu sebelum menghilangkan jerawat. Pada dasarnya, pembagian jenis kulit terdiri dari normal, berminyak, kering serta kombinasi. Jenis kulit kombinasi dapat berupa kombinasi antara normal dan berminyak.

Hanya area tertentu yang memproduksi minyak berlebih pada wajah, seperti area T-zone. Sementara untuk area pipi cenderung normal.

Baca juga: 8 Manfaat Masker Telur Putih untuk Kulit Wajah

Gunakan produk perawatan wajah sesuai kondisi kulit

Produk perawatan wajah harus sesuai dengan kondisi kulit kamu. Dalam hal ini, kamu sebaiknya tak lupa memerhatikan beragam kandungan yang terdapat dalam produk. Apakah aman dan benar dapat membantu menghilangkan jerawat?

Pastikan produk kulit wajah kamu mempunyai kandungan-kandungan di bawah ini:

  • Retinoid. Kandungan ini bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat serta membantu mengangkat sel kulit mati. Kandungan ini sering terdapat pada obat jerawat berbentuk gel
  • Benzoil peroksida. Kandungan ini dapat membunuh bakteri dan memperlambat produksi sebum berlebih. Benzoil peroksida juga dapat mempercepat pergantian kulit baru, sehingga tidak ada lagi sel kulit mati yang tersisa
  • Tea tree oil. Bahan ini mempunyai kandungan yang sama dengan benzoil peroksida dan dapat membantu mengurangi peradangan jerawat dan bakteri
  • Vitamin C. Penggunaan produk serum yang mengandung vitamin C akan sangat membantu menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam. Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit

Lakukan perawatan secara teratur

cara membuat masker alami
Perhatikan produk perawatan kulit sesuai kebutuhan, ya. Foto: Shutterstock.com

Kamu harus bersabar dan disiplin dalam menjalankan proses perawatan kulit, termasuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya untuk timbul kembali. Gunakan produk penghilang jerawat secara teratur. 

Baca juga: Kulit Kering Bikin Pusing? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!

Bersihkan tangan sebelum menyentuh kulit wajah

Jenis kulit sensitif biasanya lebih mudah berjerawat. Nah, telapak tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang menyimpan banyak bakteri, yang berakibat memengaruhi kulit wajah jika disentuh dalam kondisi tidak bersih.

Jadi, pastikan tangan kamu selalu dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah, ya!

Perbanyak makan sayur dan buah segar

Jangan lupa banyak makan sayur dan buah-buahan! Foto: Shutterstock.com

Jangan lupa makan sayur atau buah yang mengandung vitamin A, seperti apel, wortel, bayam, melon, dan pepaya secara teratur. Vitamin A dapat membantu mengontrol produksi sebum sehingga memberi efek kulit bersinar.

Cara menghilangkan jerawat membandel: minum air putih secara teratur

Air putih dapat membantu menghilangkan jerawat selain berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Efek lainnya adalah untuk meremajakan kulit kamu.

Kurangi aktivitas di luar rumah

Gunakan tabir surya yang cocok untuk kulit kamu, terutama bila melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Jangan lupa rutin gunakan ulang setiap 2-3 jam sekali.

Jika semua cara di atas telah kamu lakukan, tetapi masih tidak memberikan hasil, jangan tunda untuk segera menemui dokter kulit. Kamu bisa dapat melakukannya 4-12 minggu setelah mencoba mengobati jerawat sendiri.

Dokter akan memeriksa kondisi kulit kamu dulu, kemudian merancang program pengobatan sesuai kebutuhan kulit seperti terapi vakum, suntik jerawat, atau laser.

Baca juga: 7 Cara Tepat Mengecilkan Pori-pori di Kulit

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

WebMD. Diakses 04 Oktober 2019. When Should I See a Dermatologist for Acne Treatment?
Medscape (2019). Diakses 04 Oktober 2019. Acne, the Skin Microbiome, and Antibiotic Treatment
Medscape (2019). Diakses 04 Oktober 2019. Acne Vulgaris
WebMD. Diakses 04 Oktober 2019. Slideshow: Acne Care Dos and Don’ts
AAFP. Diakses 04 Oktober 2019. Diagnosis and Treatment of Acne.

    register-docotr