Diet dan Nutrisi

9 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

May 13, 2020 | Zai Alam | dr Wawan Hariawan
feature image

Pepaya adalah buah yang enak dikonsumsi dan sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat es buah. Tidak hanya enak, pepaya juga bermanfaat, lho. Tahukah kamu apa saja manfaat buah pepaya?

Ya, tak hanya untuk kesehatan tubuh, pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Manfaat buah pepaya dan kandungan nutrisinya

Pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ini karena pepaya kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti serat, kalsium, kalium, magnesium, vitamin A, B1, C, dan vitamin K.

Berikut ini sejumlah manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu ketahui: 

Baca juga: Kaya akan Nutrisi, Ini 7 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan

Mengurangi risiko penyakit jantung

Yuk, mulai rutin masukkan buah pepaya sebagai camilan sehari-hari! Foto: Shutterstock.com

Mengonsumsi buah pepaya secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Hal ini karena pepaya mengandung likopen dan zat antioksidan lainnya yang dapat meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik (HDL).

Baik untuk kesehatan mata jadi salah satu manfaat buah pepaya

Kandungan vitamin A dalam pepaya juga baik untuk kesehatan mata. Foto: Shutterstock.com

Pepaya juga memiliki kandungan vitamin A yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kornea mata Anda selalu lembap dan mencegahnya dari kekeringan.

Kekurangan konsumsi vitamin A bisa menyebabkan mata mudah kering dan kornea mengeras yang merupakan tanda dari penyakit xerophthalmia

Memelihara kesehatan kulit

Kandungan senyawa likopen yang terdapat di dalam buah pepaya diyakini bisa memelihara kesehatan kulit kamu. Likopen dikenal memiliki efek antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel tubuh. 

Manfaat buah pepaya untuk kulit: mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini bisa memanfaatkan vitamin C dalam buah pepaya. Foto: Shutterstock.com

Selain membantu melancarkan pencernaan, kandungan enzim papain dalam buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembut.

Sementara itu, vitamin C yang terkandung dalam pepaya juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk mengurangi keriput pada kulit.

Merangsang pertumbuhan rambut dan kuku

Ingin punya kuku sehat? Rutin makan pepaya bisa jadi salah satu kebiasaan baik. Foto: Shutterstock.com

Pepaya mengandung berbagai nutrisi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut dan kuku. Kamu bahkan bisa mengolah buah pepaya menjadi masker untuk menyuburkan rambut.

Baca juga: Mengenal Asam Folat: Nutrisi Baik dengan Sejuta Manfaat untuk Tubuh

Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat lainnya dari buah pepaya adalah bisa membantu pencernaan kamu menjadi lebih lancar. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk memudahkan pencernaan protein.

Jika kamu menderita penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, misalnya perut kembung atau sembelit, maka kamu bisa mengonsumsi buah pepaya untuk menyembuhkannya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari buah pepaya adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E, yang terbukti dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga membuat kamu tidak tidak mudah terserang penyakit. 

Baik untuk penderita demam berdarah

Penyakit demam berdarah atau demam dengue bisa menyebabkan jumlah trombosit penderitanya menurun. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan jumlah trombosit seperti sayuran hijau, labu kuning, minyak ikan, dan buah atau daun pepaya.

Menurut sebuah penelitian, penderita demam dengue yang mengonsumsi ekstrak daun pepaya terbukti menunjukkan peningkatan trombosit yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan metode pengobatan biasa.

Walau begitu, masih diperlukan penelitian dan uji klinis lebih lanjut untuk memastikan efek ini benar-benar bekerja secara umum. 

Itulah ragam manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan yang sayang bila kamu lewatkan.

Jika kamu tidak memiliki alergi terhadap buah pepaya, maka kamu bisa  memasukkan buah ini ke dalam menu diet sehari-hari untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih maksimal.

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

Healthline (2018) diakses 17 Oktober 2019. 8 evidence-based health benefits of papaya
NCBI (2014) diakses 17 Oktober 2019. Lycopene – antioxidant with radioprotective and anticancer properties. A review.
NCBI (2014) diakses 17 Oktober 2019. Diabetes as a risk factor to cancer: functional role of fermented papaya preparation as phytonutraceutical adjunct in the treatment of diabetes and cancer
Medical News Today (2017) diakses 17 Oktober 2019. What are the health benefits of papaya?
MSN diakses 17 Oktober 2019. 11 health benefits of papayas

    register-docotr