Kulit & Perawatan Tubuh

7 Cara Tepat Mengecilkan Pori-pori di Kulit

May 8, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Tarash Burhanuddin
no-image

Pori-pori adalah lubang kecil di tubuh berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat. Untuk kamu yang punya pori-pori besar, pernahkah mencari cara untuk mengecilkan pori-pori?

Di bagian tubuh yang berambut, pori-pori merupakan akses folikel rambut atau struktur kulit yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut.

Ukuran pori-pori yang besar disebabkan oleh banyak hal, misalnya faktor genetik, jenis kulit, penuaan, jenis kelamin, ataupun produk kecantikan dan perawatan kulit.

Tentang pori-pori besar di kulit

Pori-pori besar sangat umum dialami, terutama pada wanita. Foto: Pexels.com

Pori-pori besar dapat memengaruhi permukaan dan tekstur kulit, sehingga kulit terlihat dan terasa tidak rata, terutama di bagian hidung dan pipi.

Efek pori-pori yang besar umumnya juga terasa lebih parah di cuaca ekstrem dan berangin. Lubang yang besar juga dapat menyimpan minyak berlebih sehingga menyulitkan kulit terhindari dari jerawat.

Lubang pori-pori tidak dapat ditutup sepenuhnya. Jika pori-pori tertutup, kulit akan menjadi sangat kering karena tidak ada yang mengantarkan keringat ke dalam permukaan kulit.

Mona Gohara, MD, ahli dermatologi Yale School of Medicine mengatakan bahwa ukuran pori-pori bergantung pada faktor genetik, misalnya struktur kelenjar yang dimiliki orang tersebut.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Apa Saja Manfaat Apel bagi Kesehatan!

Cara mengecilkan pori-pori secara alami

Walaupun tidak dapat ditutup, para ahli kulit mengatakan penanganan yang tepat dapat membuat pori-pori terlihat lebih kecil, mulus, dan rata. Yuk, coba simak beberapa tips berikut!

Mencegah pembesaran pori-pori

Matahari bisa merusak kolagen kulit yang berfungsi menjaga kulit tetap kencang. Kolagen yang berkurang dapat membuat kulit menjadi terlihat ‘turun’, menarik pori-pori dan menjadikan lubangnya mengembang.

Keringat yang dihasilkan karena kepanasan juga memaksa kelenjar kulit memproduksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar.

Gunakan sunscreen untuk mengurangi dampak negatif ini dan melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. 

Menjaga kulit tetap sehat

cara mengecilkan pori-pori
Apa saja cara mengecilkan pori-pori yang aman dilakukan? Foto: Pexels.com

Retinoid adalah senyawa sejenis vitamin A penting untuk perawatan kulit karena memiliki kemampuan memperlambat tanda penuaan, mencegah jerawat, dan menjaga pori-pori tetap sehat.

Komponen ini mampu membersihkan minyak dan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori tampak kecil.

Penelitian tahun 2015 dari Journal of Cosmetic Dermatology menjelaskan bahwa para wanita yang menggunakan retinol setiap malam dalam tiga bulan mengalami perbaikan pada ukuran pori-pori mereka.

Baca juga: Bukan Sekadar Kurang Darah, Apa Itu Anemia?

Menggunakan pembersih pori-pori di wajah

Pembersih pori-pori wajah mengandung asam salisilat (sejenis asam beta hidroksi) yang mampu untuk larut dalam minyak dan masuk hingga ke dalam pori-pori.

Penggunaan pembersih tiap malam bisa membantu membersihkan lubang pori-pori dengan efektif.

Konsultasikan dulu pada dokter kulit ketika akan melakukan chemical peel untuk membersihkan pori-pori dan disarankan hanya menggunakannya satu-dua kali saja per minggu oleh American Academy of Dermatology.

Hindari pakai foundation berlebihan sebagai cara mengecilkan pori-pori

Menurut Gohara, pori-pori besar sulit untuk disamarkan. Penggunaan riasan seperti foundation secara berlebihan pun tidak dianjurkan.

Penggunaan produk riasan dengan emulsifier (sebuah zat yang digunakan dalam krim dan losion yang berfungsi untuk mencampur air dengan minyak) seperti lanolin, cetyl acetat, myristyl myristate, isopropyl linoleate, dan asam laurat dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. 

Jangan tidur dengan riasan yang belum dibersihkan

Selalu bersihkan wajah sebelum tidur untuk menjaga pori-pori. Foto: Pexels.com

Sebelum tidur, bersihkan riasan di wajah kamu. Riasan yang tidak dibersihkan akan menempel dan bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri sehingga menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar ketika kamu bangun.

Pastikan asupan cairan cukup

Minum air putih sangat baik bagi kesehatan kulit. Foto: Pexels.com

Asupan cairan yang cukup dapat menghidrasi kulit dari dalam, membuang racun dari pori-pori, dan memperbaiki kompleksitas kulit secara keseluruhan.

Hindari minuman dengan pemanis. Jika bosan, kamu dapat mencoba menambahkan buah-buahan pada air putih untuk mendapatkan sensasi rasa yang lebih menyegarkan.

Konsultasikan dengan dokter tentang cara mengecilkan pori-pori

Dokter kulit bisa merekomendasikan prosedur-prosedur tertentu yang dapat membantu kamu yang memiliki pori-pori yang besar seperti prosedur laser, mikrodermabrasi, atau microneedling.

Jika pori-pori besar pada kulit disebabkan oleh jerawat, maka kamu bisa meminta obat resep dari dokter kulit.

Baca juga: Memahami Arti Simbol Segitiga pada Produk Plastik dan Manfaat Daur Ulang

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

How to Minimize Pores. Diakses pada 12 Desember 2019. Prevention. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a22791123/how-to-minimize-pores/
Jerawat Parah Sering Muncul? Bisa Jadi Karena Folikel Rambut. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4337418/
Large Pores. Diakses pada 12 Desember 2019. The Derm Review. https://thedermreview.com/large-pores/.

    Berita Terkait
    register-docotr