Kulit & Perawatan Tubuh

Wajah Kusam Kembali Kinclong, 8 Cara Ini Kuncinya

May 13, 2020 | Santi Andriani | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Memiliki wajah yang bersih bersinar tentu merupakan impian setiap wanita. Namun sayangnya, beberapa orang memiliki masalah kulit kusam. Adakah cara mengatasi kulit wajah kusam agar kembali bercahaya?

Menurut beberapa penelitian, kulit kusam bisa ditemukan baik pada kulit kering maupun kulit berminyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan beberapa cara dimulai dari rutin mencuci muka hingga membiasakan hidup sehat.

Baca Juga: Penting untuk Ibu Hamil: Cara Mencegah Bayi Meninggal di Dalam Kandungan

Cara mengatasi kulit wajah kusam

Kuncinya adalah bagaimana kebiasaan hidup kamu selama ini, apakah sudah sehat atau belum.

1. Cuci muka secara rutin

cara mengatasi kulit wajah kusam
Rajin membersihkan make up sebelum tidur. Foto: Shutterstock.com

Cucilah wajah secara rutin dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk wajah dengan kulit berminyak, cucilah wajah sesering mungkin untuk mengatasi minyak berlebih. 

Sedangkan untuk kulit kering, cukup cuci wajah sekitar 2-3 kali dalam sehari untuk mencegah terkikisnya lapisan minyak pada wajah yang akan membuat wajah semakin kering dan kusam. 

Waktu terpenting untuk mencuci wajah adalah sebelum tidur. Kotoran sisa make up yang dibawa saat tidur dapat menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Bersihkan seluruh sisa make up pada wajah dan cuci dengan air hingga  bersih. 

2. Gunakan pelembab yang tepat

Setiap jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat, gunakan pelembap yang tepat agar kelembaban dan nutrisi kulit tetap terjaga. 

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, gunakan pelembap yang mengandung gliserin, dimethicone, dan asam hialuronat. Sedangkan kamu yang memiliki kulit berminyak dapat menggunakan pelembap yang memiliki tanda non komedogenik.

3. Gunakan masker alami

cara mengatasi kulit wajah kusam
Dengan menggunakan masker alami. Foto: https://pixabay.com

Wajah yang bebas kusam dan cerah bersinar juga bisa didapatkan dengan menggunakan masker alami. Masker alami dapat kamu buat sendiri di rumah dengan menggunakan tomat, pepaya, putih telur, atau bahan alami lainnya. 

Lakukan setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan nutrisi yang cukup bagi kulit wajah. Masker alami tak hanya membuat wajah tampak lebih cerah, tapi juga akan mencegah wajah terhindar dari paparan zat kimia yang terdapat pada masker buatan pabrik.

4. Cara mengatasi kulit wajah kusam dengan eksfoliasi secara rutin

Kulit kita mengalami regenerasi setiap hari sehingga tumpukan kulit mati pada permukaan kulit sangat penting untuk dibersihkan agar kulit tampak lebih bersih dan cerah. Untuk membersihkan tumpukan sel kulit mati, lakukan eksfoliasi secara rutin.

Eksfoliasi akan membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi kerutan pada wajah, mencegah terhambatnya pori-pori pada kulit, mencerahkan kulit, serta membantu kulit mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Kamu dapat melakukan eksfoliasi sendiri di rumah dengan menggunakan kopi bubuk yang dicampur dengan madu. 

5. Perbanyak air putih

cara mengatasi kulit wajah kusam
Perbanyak minum air putih. Foto:https://www.gaia.com

Tahukah kamu bahwa aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan kulit menyerap banyak toksin? Kontak kita dengan berbagai macam polusi membuat tubuh dengan mudah terkontaminasi racun di mana-mana. Toksin inilah yang dapat menyebabkan kulit ikut menjadi kusam.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsumsi air putih sebanyak mungkin. Air putih dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan toksin melalui air seni dan keringat.

6. Konsumsi makanan sehat

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, tak hanya diperlukan perawatan dari luar saja. Kamu harus menyuplai nutrisi yang cukup ke dalam tubuh. 

Makanlah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Pepaya, bayam, labu, orange, blueberry dan brokoli adalah beberapa contoh makanan yang bagus untuk kulit. 

7. Rajin berolahraga

Olahraga juga bisa mengatasi kulit wajah yang kusam. Foto: https://pixabay.com

Selain memberikan nutrisi penting untuk kulit baik dari luar maupun dari dalam, hal lain yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah adalah rajin berolahraga. 

Lakukan olahraga setidaknya 3 – 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup berlari atau senam ringan saja sudah cukup baik dilakukan. 

Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang juga akan melembapkan kulit serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

8. Cara mengatasi kulit wajah kusam dengan berhenti merokok

Stop Merokok. Sumber foto : https://www.discovermagazine.com/

Jika kamu adalah perokok aktif, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Merokok dapat menyebabkan kulit menjadi kusam karena kekurangan oksigen dan masuknya zat toksin. 

Kebiasaan merokok akan menyebabkan kulit lebih mudah mengalami penuaan dibandingkan yang tidak merokok.

Memang masih ada banyak cara mengatasi kulit kusam lainya. Tetapi jika kamu masih terus mengalami masalah kulit kusam, cobalah konsultasi ke dokter.

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

WebMD. Diakses 02 Oktober 2019. What’s Your Skin Type?.

WebMD (2017). Diakses 02 Oktober 2019. How can dark skin lead to vitamin D deficiency?

WebMD. Diakses 02 oktober 2019. Foods for Healthy Skin: You Are What You Eat

WebMD. Diakses 02 oktober 2019. Make Your Skin Shine Before the Big Party

WebMD. Diakses 02 Oktober 2019. What Happens to Your Body When You Drink Enough Water?

    register-docotr