Kamus Penyakit

Asam Lambung Sering Naik? Ternyata Ini Lho Penyebabnya!

May 13, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pastinya jika asam lambung sedang menyerang, kamu akan merasakan sakit yang luar biasa di sekitar perut atau ulu hati. Agar lebih memahaminya, yuk kita bahas mengenai apa sebenarnya penyebab asam lambung naik!

Faktor penyebab asam lambung naik

Penyakit yang satu ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yakni:

  1. Bertambahnya usia

Usia menjadi salah satu faktor penyebab asam lambung naik. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat lagi memproduksi kadar asam dengan seimbang. 

  • Stres

Mungkin kamu sering mendengar naiknya asam lambung bisa dikarenakan stres berlebihan. Hal ini dikarenakan saat kamu mengalami stres, makanan akan merangsang area tertentu pada otak sehingga dapat meningkatkan sensitifitas termasuk pada ulu hati.

Selain itu, stres juga dapat menurunkan hormon prostaglandin yang berfungsi untuk melindungi lapisan lambung dari asam lambung.

  • Kebiasaan merokok

Sebagaimana kita ketahui kalau merokok sangat tidak baik untuk kesehatan termasuk untuk lambung. Merokok dapat mengganggu fungsi LES (otot kerongkongan bagian bawah). 

Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air ludah yang dapat menetralkan efek asam di mulut.

  • Alkohol, kafein, dan minuman bersoda

Mengonsumsi minuman sejenis alkohol, kafein, dan minuman bersoda dapat menimbulkan iritasi lambung secara perlahan. Hal ini membuat sistem pencernaan kamu akan lebih rentan terhadap efek samping dari peningkatan produksi asam lambung. 

  • Defesiensi magnesium

Kondisi ini merupakan rendahnya kadar magnesium sehingga LES tidak dapat berfungsi normal. Rendahnya kadar magnesium dapat mengganggu kerja LES yang dapat mengganggu keseimbangan asam lambung.

Makanan penyebab asam lambung naik

Makanan bisa menjadi faktor yang penting penyebab asam lambung naik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Makanan berlemak tinggi

Makanan yang digoreng dan berlemak tinggi bisa menyebabkan LES atau otot bagian bawah kerongkongan melemah, sehingga asam lambung menjadi naik ke kerongkongan.

Kandungan lemak yang tinggi juga membuat proses pengosongan lambung terhambat. Selain itu, kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan.

  • Makanan pedas

Meski rasanya melezatkan, ternyata makanan pedas ini menjadi pemicu naiknya asam lambung. Tidak hanya itu saja, makanan pedas dapat melukai kerongkongan.

Kandungan yang ada pada cabai dapat memperlambat sistem pencernaan, yang artinya makanan akan lebih lama bertahan di lambung sehingga dapat mengakibatkan nyeri ulu hati.

  • Coklat

Sayangnya bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung, mulai sekarang kurangi dan hindari makanan manis ini. Kandungan methylxanthine pada cokelat yang dapat melemahkan otot bagian kerongkongan, sehingga mengakibatkan asam lambung naik.

  • Daging berlemak

Daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi biasanya berada lebih lama di dalam perut. Hal ini yang merangsang asam lambung kamu meningkat. 

  • Susu tinggi lemak

Meski susu baik untuk tubuh kamu, sebaiknya kamu hindari susu dengan kadar lemak tinggi agar asam lambung kamu tidak naik. Pilihlah susu rendah lemak untuk lengkapi kebutuhan nutrisi kamu.

Makanan yang baik untuk asam lambung

Agar lambung kamu lebih sehat dan tidak bermasalah, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti di bawah ini:

Sayuran. Konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, mentimun, bayam, dan sayuran hijau lainnya dapat mengurangi asam lambung kamu lho.

Jahe. Bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki sifat antiradang yang mampu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan di dalam lambung.

Putih telur. Kandungan putih telur yang rendah lemak ini tidak memicu menimbulkan rasa nyeri ulu hati akibat asam lambung naik. Sebaiknya hindari mengonsumsi kuning telurnya ya!

Oatmeal. Makanan yang kaya akan serat ini dapat menyerap asam sehingga dapat mengurangi gejala refluks. Oatmeal juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu, termasuk kesehatan lambung.

Pastinya bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung sangat tidak nyaman karena penyakit ini sering tiba-tiba muncul begitu saja. Untuk itu, kamu harus mejaga pola makan dan hidup agar tetap sehat ya!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2016) diakes 13 Mei 2020. Symptoms of Acid Reflux. 13 Mei 2020 pukul 15.30.
  2. webmd.com diakes 13 Mei 2020. What Is Acid Reflux Disease ?. 13 Mei 2020 pukul 15.45.
  3. healthline.com (2019) diakes 13 Mei 2020. 7 Foods to Help Your Acid Reflux. 13 Mei 2020 pukul 16.00.
    Berita Terkait
    register-docotr