Kulit & Perawatan Tubuh

Bukan Hanya untuk Perhiasan, Ini Manfaat Emas bagi Kesehatan Kulit!

February 21, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selama ini emas biasa dikenal dan dipakai di tubuh sebagai perhiasan. Namun ternyata logam mulia ini pun bisa memberikan manfaat kesehatan, terutama pada kulit.

Manfaat emas bagi kesehatan sebenarnya sudah bisa dilihat dari mulai banyaknya produk skincare yang menggunakan emas cair. Tidak tanggung-tanggung, dilansir Huffington Post, emas yang dipakai ada yang berkadar 24 karat.

Apa manfaat emas bagi kesehatan?

Dari laman yang sama, pakar skincare Tabasum Mir menyebut emas mengandung antioksidan dan antiinflamasi. 

Logam mulia ini disebut bisa meredakan inflamasi karena jerawat, meredakan bercak merah dan melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerutan dan kerusakan kulit karena cahaya matahari.

Selain itu, risiko penggunaan emas ini tergolong rendah. Hal ini dikatakan Mir karena emas tidak larut, sehingga mengaplikasikan pengobatan topikal yang mengandung emas berukuran nano atau partikel sangat rendah.

Meskipun demikian, Mir tidak yakin jika ada penelitian yang menyebut kalau antioksidan emas lebih superior daripada jenis antioksidan lain. “Jadi menurutku kenapa emas untuk kulit mulai terkenal lebih karena bisnis visual saja,” ungkap Mir.

Manfaat emas untuk kesehatan dan kulit

Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan dan kulit:

Mengobati jerawat

Perawatan laser jerawat baru yang menggunakan nanopartikel emas yang diaktifkan inframerah untuk memberikan kerusakan termal pada folikel sebaceous aman dan efektif untuk mengurangi lesi inflamasi, menurut sebuah studi baru.

Dalam laman tersebut dikatakan kalau kelenjar sebasea yang terlalu aktif dapat membuat pori-pori tertutup dan menimbulkan inflamasi. Dengan penggunaan sinar infra merah dari partikel nano emas, maka kelenjar ini bisa dirusakkan sedikit.

Penggunaan emas pada kelenjar sebasea ini menjadi satu titik terang dalam pengobatan jerawat. Pasalnya, selama ini jerawat kerap timbul kembali saat pengobatan dihentikan.

Mengatasi penurunan dini kolagen dan elastin

Seiring usia bertambah, produksi kolagen dan elastin akan menurun. Bagi beberapa orang, hal ini sangat mengkhawatirkan karena akan timbul tanda penuaan yang jelas di kulit mereka.

Beberapa produk skincare yang mengandung emas dikatakan dapat membantu dalam melawan tanda penuaan ini.

Dr Hadley King, seorang board-certified dermatologist dalam laman Skincare menyebut terkadang dokter pun menggunakan koloid emas untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis.

“Properti yang sama pun bisa mengatasi hilangnya kolagen dan elastin. Meskipun demikian, masih dibutuhkan kajian yang lebih konkret mengenai hal ini,” kata King.

Selain itu, emas juga dapat membuat kulit lebih bercahaya dan melindungi kulit dari kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan skincare emas

Dikutip dari Huffington Post, Mir berpesan supaya konsumen tak mudah termakan oleh iklan. Hanya karena suatu produk untuk kesehatan mengunakan emas, bukan berarti produk tersebut harus kamu pakai.

Pasalnya, ada banyak pilihan antioksidan lain yang lebih efektif. Ditambah, kamu tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli produk yang mengunakan emas.

Kamu bisa menggunakan resveratrol, teh hijau, biji anggur putih, vitamin C dan emblica yang juga merupakan komponen antioksidan yang ampuh. Meskipun demikian, kamu tetap harus menghubungi dokter kulit sebelum mengganti jenis skincare kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. HuffingtonPost, diakses 20 Februari 2021. Here’s Why Gold-Infused Skincare May Not Be Worth The Hype
  2. Medscape.com, diakses 20 Februari 2021. Gold Nanoparticle Treatment for Acne
  3. Skincare.com, diakses 20 Februari 2021. What Are the Benefits of Gold in Skin Care?
    register-docotr