Kulit & Perawatan Tubuh

Bukan Cuma Losion, Ini Daftar 10 Pelembap Alami untuk Kulit Kering Wajib Kamu Coba

March 11, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ada berbagai pilihan pelembap alami untuk kulit kering. Bukan cuma losion atau produk perawatan kulit lainnya, kamu bisa menghilangkan kulit kering dengan bahan-bahan alami di sekitar. 

Berikut daftar pelembap alami untuk kulit kering, untuk mencegah kekeringan lebih parah dan untuk menghindari kemungkinan kulit pecah-pecah dan risiko infeksi. 

Daftar pelembap alami untuk kulit kering

Pilihan pelembap alami untuk kulit kering berikut belum tentu cocok di kulitmu. Sebelum menggunakannya menyeluruh, lakukan uji tempel di sebagian kulit kecil. Oleskan sedikit di pergelangan tangan dan tunggu 24 jam setelahnya. 

Jika tidak ada reaksi kamu bisa menggunakannya, tetapi jika muncul reaksi alergi, pilih pelembap alami untuk kulit kering lainnya. Pilihannya antara lain.

1. Minyak biji bunga matahari

Tidak semua cocok dijadikan pelembap, tetapi sebuah penelitian pada 2013 lalu menunjukkan bahwa minyak biji bunga matahari tertentu meningkatkan hidrasi saat digunakan di lengan peserta. 

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang bersifat emolien, berfungsi sebagai pelembap dengan mengisi celah pada kulit kering dan membuatnya lebih halus. 

3. Oatmeal

Ekstrak oatmeal diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. di mana keduanya dapat membantu kulit kering. Hal ini didukung sebuah hasil studi pada 2015, yang menyatakan ekstrak oatmeal dapat membantu merawat kulit kering. 

4. Petroleum jelly

Sebuah penelitian yang melibatkan peserta orang yang sudah lanjut usia menunjukkan setelah menggunakan petroleum jelly pelindung kulit mereka menjadi lebih baik. Sehingga membuktikan ini dapat digunakan sebagai pelembap kulit kering, terutama yang disebabkan oleh penuaan. 

5. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal memiliki manfaat untuk kulit dan rambut. Sebuah penelitian pada 2003 mengungkap gel lidah buaya dapat membantu meredakan kulit kering.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya di tangan atau kaki sebelum tidur dan membiarkannya semalaman untuk melembapkannya. Kamu juga bisa mengoleskannya ke bagian kulit lain untuk mendapatkan hasil yang sama. 

6. Minyak zaitun sebagai pelembap alami untuk kulit kering

Kamu mungkin akan menemukannya dengan mudah. Karena banyak yang sudah mengolah minyak zaitun sebagai produk khusus perawatan kulit. 

Bukan cuma dikenal sebagai pelembap alami untuk kulit kering, minyak zaitun juga bisa membantu menenangkan tumit yang pecah-pecah, menyehatkan rambut dan untuk menghapus riasan wajah. 

7. Minyak jojoba

Tidak jauh berbeda dengan minyak zaitun, minyak jojoba juga sudah banyak digunakan untuk kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelembap alami untuk kering  atau untuk hal lainnya seperti scrub bibir. 

Untuk scrub bibir, kamu bisa menggunakannya dengan cara menyampurnya bersama sedikit gula dan lemon. Di luar itu, minyak jojoba juga dipercaya dapat merawat kulit kepala dan mencegah ketombe. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung klaim tersebut. 

8. Minyak almond

Menggunakan minyak almond adalah salah satu pilihan aman. Karena cenderung aman meski digunakan untuk kulit sensitif. Namun, dilansir dari Healthline, kamu tetap harus melakukan uji tempel sebelum menggunakannya. 

Bukan cuma sebagai pelembap, minyak almond yang dicampur dengan gula dapat dijadikan lulur. Atau dicampur dengan kayu manis, cengkeh dan minyak lavender, bisa digunakan untuk anti kram. 

Sedangkan jika dicampur dengan minyak lavender dan minyak mawar dapat membantu meredakan nyeri.  

9. Minyak kernel aprikot

Kaya akan vitamin A, C, E dan K, minyak kernel aprikot memiliki sejumlah manfaat untuk kulit dan tubuh. Minyak ini dapat membantu melembapkan kulit, menghindari pori-pori tersumbat minyak berlebih, dan membantu mengatasi rambut kering dan rusak. 

Kamu bisa menyampurnya dengan tea tree oil untuk dioleskan ke wajah sebagai alternatif pencegahan anti-jerawat. 

10. Minyak biji anggur

Dikenal sebagai salah satu campuran dalam berbagai produk perawatan kulit, minyak biji anggur memang kaya manfaat untuk kulit. Salah satunya karena kandungan polifenolnya yang bersifat anti-penuaan. 

Menggunakannya juga dapat melembapkan dan melembutkan kulit. Serta memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan menyembuhkan luka. 

Pelembap alami untuk kulit kering lainnya

Minum susu dan mengoleskan madu juga disebut-sebut dapat meningkatkan kelembapan kulit. Penelitian pada hewan menunjukkan minum susu membuat kulit lebih kuat karena adanya kandungan fosfolipid. Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efeknya pada manusia. 

Sementara madu diketahui bersifat antiinflamasi, menyembuhkan dan melembapkan, sehingga dipercaya dapat melembapkan kulit yang kering. Namun, butuh penelitian lebih lanjut tentang berapa banyak dan batasan aman dalam penggunaannya. 

Demikian sejumlah pelembap alami untuk kulit kering yang bisa kamu gunakan. Punya pertanyaan lebih lanjut?

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 11 Maret 2021
6 Natural Beauty Oils for Soft-as-Velvet Skin
Medical News Today, diakses 11 Maret 2021
Dry skin: Seven home remedies
Thehealthy, diakses 11 Maret 2021
All-Natural, Skin-Soothing Moisturizers You Already Have in Your House

    register-docotr