Kulit & Perawatan Tubuh

Tips Alami Mencegah Agar Rambut Tidak Mengembang

June 20, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Agar rambut tidak mengembang, terdapat beberapa tips mudah yang bisa diterapkan. Sebab perlu diketahui, rambut yang mengembang bisa saja dipicu oleh beberapa faktor. Salah satunya kurang lembap.

Untuk mengembalikan kelembapan pada rambut, penanganan rumahan dan biasanya dapat dilakukan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut agar rambut tidak mengembang, yuk simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Berminat Suntik DNA Salmon? Ini Dia Manfaat dan Kisaran Biayanya

Tips mencegah agar rambut tidak mengembang 

Dilansir Web MD, rambut terdiri dari tiga lapis dan ribuan sel. Masalah rambut, seperti mengembang merupakan hal yang sering terjadi. Untuk itu, terdapat beberapa pencegahan untuk menghindari masalah rambut mengembang, yakni:

Pastikan rambut tetap terhidrasi

Rambut yang mengembang disebabkan oleh kurangnya kelembapan. Maka dari itu, kamu bisa mulai memberikan hidrasi dengan menggunakan sampo dan kondisioner.

Sampo dan kondisioner yang direkomendasikan adalah dengan kandungan asam hialuronat untuk memberikan hidrasi terbaik pada rambut.

Jangan menyisir rambut kering

Hindari menyisir saat rambut kering karena dapat mengganggu kutikula. Tak hanya itu, rambut yang disisir ketika sudah kering juga dapat menyebabkan peregangan dan kerusakan pada rambut. 

Hindari terlalu sering mencuci rambut

Keramas secara berlebihan atau terlalu sering sebenarnya dapat mengeringkan rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, ini justrudapat menyebabkan rambut menjadi mengembang.

Idealnya, kamu bisa mencuci rambut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menjaga agar rambut tidak mengembang.

Berbagai cara alami agar rambut tidak mengembang

Jika rambut sudah terlanjur mengembang, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan agar kondisinya tidak semakin parah. Berbagai cara alami agar rambut tidak mengembang yang bisa kamu ikuti, antara lain sebagai berikut:

Cuka sari apel

Rambut yang sehat memiliki tingkat pH asam, yang berkisar antara 4,5 dan 5,5. Ketika keseimbangan pH rambut berada dalam kisaran ini, kutikula tetap tertutup dan rata. Rambut yang terlalu basa menyebabkan kutikula bisa terbuka dan memberikan penampilan keriting atau mengembang.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan cuka sari apel. Perlu diketahui, cuka sari apel adalah asam alfa hidroksi yang sedikit asam. Bukti anekdot menunjukkan cuka sari apel mungkin bermanfaat untuk menjinakkan rambut mengembang.

Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan tentang teori ini.

Dalam penggunaannya, kamu bisa mencampurkan ⅓ cangkir cuka sari apel organik dengan satu liter air hangat. Oleskan sebanyak yang dibutuhkan rambut, seperti ketebalan dan panjang rambut. 

Setelah itu, biarkan campuran tersebut berada di rambut selama 1 hingga 3 menit kemudian bilas dengan air dingin. Cuka sari apel memiliki bau yang kuat sehingga gunakan sekali atau dua kali saja dalam seminggu. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang tinggi. Saat dioleskan ke rambut, minyak kelapa mudah diserap sehingga dapat membantu menambah kelembapan pada rambut dan mengurangi kehilangan protein.

Gunakan sedikit minyak kelapa sebagai perawatan sebelum atau sesudah mencuci untuk mendapatkan kelembapan dan mengurangi rambut kusut. Untuk mengaplikasikannya, tempatkan sedikit minyak kelapa organik ke telapak tangan dan pijat lembut pada rambut serta kulit kepala.

Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan minyak kelapa. Selain itu, kamu juga bisa meninggalkan sedikit minyak kelapa di rambut setelah keramas atau membiarkannya selama semalaman sebagai masker. 

Jika menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan semalam, gunakan pelindung rambut atau handuk di bawah kepala untuk menghindari noda minyak. Lakukan cara ini secara rutin untuk membantu agar rambut tidak mengembang.

Minyak argan

Agar rambut tidak mengembang, kamu juga bisa menggunakan minyak argan karena kaya akan bahan pelembap, seperti asam oleat dan asam linoleat. Tak hanya itu, minyak argan juga mengandung antioksidan, berupa vitamin E.

Untuk menggunakan minyak argan agar rambut mengembang berkurang, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes ke rambut basah. Pastikan untuk mengoles minyak argan secara merata ke seluruh rambut dari kulit kepala hingga ujung.

Gunakan sisir atau jari tangan untuk membantu menyebarkan minyak dari akar ke ujung rambut. Berhati-hatilah untuk hanya menggunakan sedikit minyak karena jika berlebihan rambut mungkin akan terlihat atau terasa berminyak. 

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Tips Cari yang Tepat!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2012), diakses 16 Juni 2021. How to Tame Frizzy Hair
  2. Healthline (2019), diakses 16 Juni 2021. 5 Home Remedies for Frizzy Hair, Plus Tips for Prevention
  3. Women’s Health (2020), diakses 16 Juni 2021. How To Get Rid Of Frizzy Hair: 14 Tricks To Fight Frizz Fast
    register-docotr