Kulit & Perawatan Tubuh

7 Cara Menenangkan Kulit Wajah yang Breakout karena Skincare Tidak Cocok

January 29, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Breakout wajah dan beruntusan bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena produk skincare atau kosmetik yang tidak cocok. Losion dan krim yang kamu gunakan juga mungkin menyumbat pori-pori dan menimbulkan breakout

“Riasan berbahan dasar minyak, beberapa produk silikon dan beberapa jenis alas bedak cair dapat menyumbat pori-pori kulit,” kata ahli kesehatan kulit Sharleen St. Surin-Lord, MD, seperti dilansir Healthline.

Purging dan breakout karena produk perawatan kulit

Jika penyumbatan terjadi, dapat memicu munculnya jerawat dan bisa juga disertai dengan iritasi yang disebut dengan breakout. Untuk menghindari breakout, sebaiknya gunakan produk non-komedogenik yang tidak menyumbat pori-pori. 

Tetapi jangan buru-buru menganggap breakout disebabkan oleh penggunaan skincare yang tidak cocok, ya. Bisa saja kamu sedang mengalami purging. Purging adalah munculnya jerawat sebagai proses pembersihan agar kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

Walau menyebalkan karena akan muncul jerawat atau beruntusan, tapi purging adalah satu tanda jika produk kamu memang bekerja dengan baik pada kulit. Salah satu kandungan yang paling sering menyebabkan purging adalah retinoid. 

Saat purging terjadi jangan berhenti menggunakan produk. “Ini adalah fase di mana kulit menjadi tampak memburuk sebelum menjadi lebih baik lagi,” kata dokter kulit Deanner Mraz Robinson, seperti dilansir Healthline.

Membedakan purging dan breakout

Nah, untuk membedakan antara purging dan breakout karena tidak cocok dengan skincare bisa dilihat dari dua hal. Pertama dari letak munculnya jerawat atau beruntusan. Jika terjadi di tempat kamu biasa mengalami jerawat, maka itu kemungkinan adalah purging

Kedua, adalah waktu munculnya jerawat. Jika kamu mengalami purging, umumnya akan lebih cepat menghilang dibandingkan dengan jerawat yang muncul karena breakout

Sementara pada kulit yang mengalami breakout, jerawat biasanya keluar di kulit yang biasanya tidak mengalami jerawat. Serta waktu jerawat muncul hingga kembali membaik lebih lama, bisa 8 hingga 10 hari. 

Cara mengatasi kulit breakout

Jika kamu mengalami breakout yang perlu dilakukan pertama kali tentunya berhenti menggunakan produk yang memicu terjadinya breakout. Kemudian, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menenangkan kulit:

1. Menjaga kebersihan kulit wajah

Rutin cuci muka menggunakan produk yang dapat membersihkan minyak berlebih, kotoran dan sisa make up. Jika kemudian kulit terasa kering, gunakan pelembap yang non-komedogenik.

2. Makan makanan sehat

Cobalah makanan sehat dengan indeks glikemik rendah seperti

  • Makanan dari biji-bijian seperti roti pasta gandum utuh, nasi merah, quinoa, farro
  • Kacang-kacangan 
  • Sayuran buah

Kamu juga bisa menambahkan makanan seperti daging tanpa lemak, makanan laut, alpukat dan rempah-rempahan ke dalam menu makanan harian kamu. Karena makanan ini mengandung nutrisi yang baik, yang akan membantu menjaga kesehatan kulit dan usus. 

3. Minum cukup air

Hindari dehidrasi, karena dapat memicu tubuh memproduksi minyak berlebih dan akhirnya dapat menimbulkan jerawat. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Jangan menyentuh wajah

Menyentuh wajah dapat menyebabkan bakteri berpindah dari tangan ke wajah dan dapat memperparah jerawat kamu. Jika kamu terbiasa memegang wajah, coba ubah kebiasaan dengan mengalihkannya ke hal lain.

5. Mengelola stres

Stres dapat meningkatkan produksi minyak dan meningkatkan peradangan tubuh. Cobalah untuk olahraga, meditasi atau melakukan kegiatan lain yang dapat membantumu mengelola stres. Ini akan berdampak baik juga untuk kesehatan kulit. 

6. Cukup tidur

Usahakan tidur 7-8 jam setiap malam untuk memulihkan tubuh dan memberikan waktu untuk sel-sel tubuh beregenerasi. Ini membantu mengatasi masalah jerawat yang muncul akibat tidak cocok penggunaan produk skincare

7. Menggunakan obat

Obat yang dijual bebas seperti benzoil peroksida, asam salisilat atau adapalen bisa membantu mengurangi jerawat. Tetapi jika tidak ampuh kamu bisa melakukan perawatan khusus dengan dokter kulit agar mendapatkan obat resep untuk mengatasi masalah breakout

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang breakout atau beruntusan akibat tidak cocok dengan penggunaan produk perawatan kulit. Untuk kamu yang sedang mengalaminya, semoga cara-cara di atas dapat membantu memperbaiki kondisi kulitmu, ya. 

Punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan? Konsultasikan melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 28 Januari 2021
The Secrets to Deciphering — and Stopping — Skin Purging
Healthline, diakses 28 Januari 2021
Why Am I Breaking Out?
Health.harvard.edu, diakses 28 Januari 2021
Adult acne: Understanding underlying causes and banishing breakouts
American Academy of Dermatology Association, diakses 28 Januari 2021
10 Skin Care Habits That Can Worsen Acne

    Berita Terkait
    register-docotr