Kesehatan Pria

Jangan Hanya Terbuai Manfaatnya, Ini Efek Samping Obat Kuat yang Perlu Diwaspadai!

January 29, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jangan cuma terbuai khasiatnya, kamu pun harus berhati-hati dengan efek samping obat kuat. Salah satu di antaranya adalah membuat penglihatan kamu terganggu.

Healthline menyebut banyak pria yang mengonsumsi obat kuat untuk mengatasi masalah seksual seperti disfungsi ereksi yang mereka alami. 

Di samping itu, mengonsumsi obat kuat ini bisa membuat kamu merasa lebih puas lagi dalam berhubungan seksual. Tapi, hati-hati dengan efek sampingnya, ya!

Daftar obat kuat yang biasa dipakai

Masih dari laman yang sama, beberapa obat yang biasa dipakai untuk mengatasi masalah ini adalah tadalafil (Cialis), sildenafil (Viagra), vardenafil (Levitra) dan avanafil (Stendra). 

Obat-obat ini dapat meningkatkan level oksida nitrat di dalam darah. Senyawa ini pun berperan dalam membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah meningkat. 

Dengan mengonsumsi obat ini, maka pembuluh darah di penis akan meningkat. Kondisi ini pun akan membuat kamu lebih mudah mencapai dan mempertahankan ereksi ketika sedang terangsang.

Efek samping obat kuat

Meskipun terkesan membantu bagi mengatasi masalah ereksi, ada juga efek lain yang bisa timbul karena mengonsumsi obat kuat. Di antaranya adalah:

Sakit kepala

Sakit kepala merupakan efek samping obat kuat yang paling umum. Perubahan drastis aliran darah karena peningkatan level oksida nitrat dapat menyebabkan sakit kepala.

Gangguan ini bisa timbul dari segala jenis obat kuat. Jadi walaupun kamu berganti merek, tidak akan menghindarkanmu dari efek ini. 

Oleh karena itu, penting untuk menghubungi dokter dan beritahukan bahwa sakit kepala yang kamu alami berasal dari penggunaan obat ini. Nantinya dokter akan membantu mencarikan cara mencegah hal ini.

Sakit dan nyeri di tubuh

Beberapa orang mengalami sakit dan nyeri otot di seluruh tubuh mereka karena mengonsumsi obat ini. Sementara yang lainnya melaporkan timbulnya nyeri di punggung bagian bawah mereka.

Jika kamu merasakan efek samping ini ketika mengonsumsi obat tersebut, maka beberapa pereda nyeri di apotek dan toko obat disebut Healthline bisa membantu mengatasi masalah ini. 

Meskipun demikian, ada baiknya kamu hubungi dokter untuk mengetahui kemungkinan lain penyebab nyeri yang kamu alami. Dokter juga akan menentukan obat pereda nyeri mana yang aman untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat kuat.

Efek samping obat kuat pada sistem pencernaan

Obat kuat dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman bagi sistem pencernaan. Salah satunya yang paling umum adalah gangguan pencernaan dan diare.

Untuk membantu mengatasi masalah pencernaan karena obat kuat, cobalah untuk mengubah makanan yang kamu konsumsi agar bisa mengurangi sakit perut yang timbul.

Selain itu, cobalah untuk minum air putih ketimbang minuman berkafein, alkohol atau jus buah. Jika perubahan makanan ini tidak juga membantu, cobalah hubungi dokter supaya diresepkan obat lainnya.

Perubahan penglihatan

Obat kuat dapat merubah cara kamu melihat. Penglihatan bisa berkurang dan menjadi tampak kabur. Oleh karena itu, jika kamu pernah mengalami masalah penglihatan atau kelainan retina retinitis pigmentosa, kamu disarankan tidak mengonsumsi obat ini.

Gangguan penglihatan yang menyebabkan kamu tidak bisa melihat menunjukkan kalau kamu memiliki masalah serius dalam mengonsumsi obat kuat ini. Segera cari pertolongan medis jika kamu mengalami gejala ini, ya!

Efek samping obat kuat yang tidak biasa dan parah 

Ada beberapa efek samping yang tidak biasa dan dalam beberapa kasus sangat berbahaya, yang bisa timbul karena konsumsi obat kuat, yaitu:

  • Priapismus (ereksi yang bertahan lebih dari 4 jam)
  • Perubahan tiba-tiba di indra pendengaran
  • Kehilangan penglihatan

Jika mengalami masalah ini, segera hubungi dokter. Pahamilah bahwa beberapa orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap obat kuat ini, bisa saja disebabkan kondisi tertentu atau obat yang sedang kamu konsumsi.

Demikianlah berbagai efek samping dari obat kuat yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan dan jangan ambil risiko terhadap kesehatan reproduksi, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 21 Januari 2021. 7 Common Side Effects of Erectile Dysfunction Medications
  2. Harvard Health Publishing, diakses 21 Januari 2021. Will a pill really help your sex life? – Harvard Health
    register-docotr