Info Sehat

Triphala dalam Ayurveda: Obat Poliherbal dengan Segudang Manfaat bagi Kesehatan

December 31, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Triphala termasuk ramuan herbal yang menjadi pokok dalam pengobatan Ayurveda tradisional, yakni salah satu sistem medis tertua di dunia dari India. Ramuan ini telah dijadikan sebagai pengobatan multiguna untuk gejala, mulai dari penyakit perut hingga gigi berlubang.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat kesehatan lainnya yang mungkin bisa didapatkan. Nah, untuk mengetahui manfaat lain triphala dan ayurveda lebih lengkap yuk simak penjelasannya berikut. 

Baca juga: Sering Nyeri saat Kencing? Yuk, Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Wanita!

Apa itu triphala?

Dilansir dari Webmd, triphala merupakan obat poliherbal yang berarti campuran dari tiga buah kering. Tiga buah yang dimaksud, antara lain Amala atau Emblica officinalis, Bibhitaki atau Terminalia bellirica, dan Haritaki atau Terminalia chebula.

Kombinasi ketiga komponen ini dikatakan lebih efektif daripada jika diambil secara terpisah. Selain itu, dipercaya juga bahwa menggabungkan jamu sinergis ini dapat menghasilkan efektivitas terapi ekstra.

Dalam satu sendok teh atau 2,8 gram bubuk triphala terdapat 10 kalori, protein 0 gram, lemak 0 gram, karbohidrat 3 gram, serat 1 gram, dan gula 0 gram. Sementara itu, triphala sendiri memiliki masing-masing nutrisi penting, berupa:

Amala

Amala kaya akan vitamin C, mineral esensial, asam amino, serta antioksidan kuat seperti fenol, tanin, dan kurkuminoid. Antioksidan diketahui dapat membantu mencegah kerusakan sel sehingga mencegah penyakit serius seperti kanker. 

Bibhitaki

Bibhitaki mengandung banyak antioksidan, seperti asam ellagic, tanin, lignan, dan flavon. Senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan sensitivitas insulin, serta memberikan efek antiinflamasi.

Haritaki

Haritaki mengandung dan mineral, seperti vitamin C, tembaga, besi, dan magnesium, dan kalium. Selain itu, haritaki juga memiliki antioksidan kuat, berupa polifenol terpenoid, dan antosianin.

Manfaat yang mungkin diperoleh dari triphala

Dalam pengobatan Ayurveda, tubuh memiliki tiga jenis energi atau doshas. Praktisi percaya bahwa penyembuhan dan keseimbangan ketiga doshas dapat membantu seseorang mencapai kesehatan yang optimal. Beberapa percaya jika ramuan dalam triphala mendukung ketiga doshas tersebut.

Hasil dari banyak penyelidikan ilmiah menunjukkan bahwa manfaat terapeurik berasal dari sifat antioksidan dan kemampuan memerangi beberapa bakteri yang resisten terhadap obat.

Manfaat lain yang mungkin didapatkan dari triphala dalam pengobatan Ayurveda, antara lain sebagai berikut:

Sebagai anti peradangan

Triphala mengandung sejumlah antioksidan yang melakukan fungsi pelindung dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, triphala mengandung vitamin C, flavonoid, polifenol, tanin, dan saponin, bersama dengan senyawa tanaman kuat lainnya.

Dalam penelitian pada hewan, triphala telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan kerusakan yang disebabkan oleh radang sendi.

Sebuah studi juga menunjukkan jika antioksidan dalam triphala dapat melindungi diri terhadap penyakit jantung, meningkatkan kinerja atletik, dan mengurangi peradangan.

Dapat melindungi dari kanker tertentu

Triphala telah terbukti mampu melindungi diri terhadap kanker tertentu dalam sejumlah penelitian tabung dan hewan. Misalnya, ramuan herbal satu ini telah terbukti menghambat pertumbuhan limfoma, serta kanker perut, dan pankreas pada tikus.

Para peneliti menyarankan jika antioksidan kuat tingkat tinggi dalam Triphala, seperti asam galat dan polifenol berpengaruh atas sifat melawan kankernya.

Meskipun begitu, penelitian pada manusia tentang potensi sifat melawan kanker diperlukan untuk menilai keamanan dan efektivitas.

Melindungi dari penyakit gigi

Obat herbal, triphala dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi dalam beberapa cara. Hal ini dikarenakan triphala memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat mencegah pembentukan plak, yakni penyebab umum gigi berlubang dan radang gusi.

Satu studi pada 143 anak-anak menemukan bahwa berkumur dengan obat kumur yang mengandung ekstrak Triphala dapat mengurangi penumpukan plak, peradangan gusi, dan pertumbuhan bakteri di mulut.

Menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi diet tinggi lemak dengan Triphala di dalamnya dapat mengalami penurunan berat badan, asupan energi, dan pengurangan lemak tubuh.

Studi lain terhadap 62 orang dewasa obesitas menemukan bahwa pemberian suplemen bubuk Triphala 10 gram setiap hari mampu membantu menurunkan berat badan.

Mencegah katarak

Triphala diketahui dapat membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel pada tingkat molekuler, serta memperlambat atau mencegah perkembangan penyakit katarak.

Sebuah studi tahun 2011 di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyelidiki efek Triphala pada anak tikus dengan katarak yang diinduksi.

Menurut para peneliti, setengah dari tikus diberi Triphala sebelum induksi dan setelah lainnya tidak diobati. Hasilnya menunjukkan bahwa Triphala dapat membantu mencegah penyakit mata, terkait penuaan lainnya termasuk degenerasi makula. 

Baca juga: Gejala Pneumonia Berdasarkan Penyebabnya, Apakah Bisa Dicegah?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 30 Desember 2020. What Are the Benefits of Triphala?
  2. Webmd (2020), diakses 30 Desember 2020. Triphala: Is It Good For You?
  3. Medical News Today (2019), diakses 30 Desember 2020. What are the health benefits of triphala?
  4. Very Well Health (2020), diakses 30 Desember 2020. The Health Benefits of Triphala
    Berita Terkait
    register-docotr