Info Sehat

Jangan Lakukan Lagi! Ini Alasan Ayam Mentah Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

December 31, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Untuk menjaga kebersihan ayam dan menghindari kontaminasi bakteri, banyak orang yang mencuci daging ayam mentah sebelum memasaknya. Kamu salah satunya?

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Food Protection tahun 2015 terhadap 1.504 orang, sebanyak 68,7 persen responden membilas atau mencuci unggas mentah sebelum dimasak.

Padahal nyatanya mencuci ayam mentah sebelum dimasak tidak boleh dilakukan, lho. Apa alasannya?

Baca juga: Penting untuk Kulit dan Organ Tubuh, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen

Mengapa mencuci daging ayam mentah tidak diperbolehkan?

Daging ayam memiliki banyak nutrisi, tetapi ayam mentah rentan terkontaminasi bakteri Campylobacter, Salmonella, ataupun Clostridium perfringens.

Jika kamu mengonsumsi ayam yang tidak dimasak dengan baik atau makanan serta minuman lain yang terkontaminasi oleh ayam mentah atau percikan air dari ayam mentah, ini bisa menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Maka dari itu, Centers for Disease and Control Prevention (CDC) tidak menyarankan untuk mencuci ayam mentah sebelum dimasak.

Ketika mencuci ayam mentah, percikan air dari ayam mentah dapat menyebar di dapur, yang kemudian dapat mencemari makanan, peralatan dapur, ataupun meja dapur.  

Risiko kontaminasi bakteri Campylobacter

Dalam laman resminya, NHS mencatat bahwa mencuci ayam mentah sebelum dimasak juga dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dari bakteri Campylobacter. Percikan air dari ayam mentah dapat tersebar ke segala arah dalam jarak lebih dari 50 cm.

Penting untuk diketahui bahwa sebagian besar kasus infeksi Campylobacter berasal dari unggas. Adapun beberapa gejala yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri ini di antaranya adalah:

  • Sakit perut
  • Diare parah
  • Terkadang muntah selama 2 hingga 5 hari juga bisa dapat terjadi

Campylobacter sendiri dapat terdapat di dalam usus, hati, atau organ lainnya dari hewan. Ketika hewan disembelih, bakteri dapat berpindah ke bagian tubuh lainnya.

Bagaimana cara menghilangkan kuman dalam ayam mentah?

Kita mungkin saja mengira bahwa mencuci ayam mentah dapat menghilangkan bakteri. Akan tetapi, beberapa bakteri dapat melekat sangat erat sehingga sulit untuk dihilangkan, bahkan ketika kamu telah mencucinya berkali-kali.

Melansir publikasi yang diterbitkan oleh United States Department of Agriculture (USDA), memasak dengan suhu yang tepat dapat membunuh bakteri. Termasuk dengan cara memanggang atau merebus.

Pakar keamanan pangan Darin Detwiler, PhD dari Northeastern University menegaskan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa panas dari memasak dapat menangani sebagian besar patogen pada ayam mentah.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa satu-satunya langkah untuk membunuh bakteri yang sebenarnya adalah memasak unggas hingga mencapai suhu yang sesuai.

Baca juga: 3 Penyakit Akibat Makan Ayam yang Tidak Matang dan Cara Mengatasinya

Cara mencegah kontaminasi bakteri dari ayam mentah

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kontaminasi bakteri. Di antaranya adalah:

  • Masukkan ayam ke dalam kantong sekali pakai sebelum kamu memasukannya ke keranjang belanja atau lemari es. Ini dilakukan untuk mencegah tetesan air dari ayam mentah terkena makanan lain
  • Mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah mempersiapkan daging ayam mentah
  • Gunakanlah talenan yang terpisah untuk ayam mentah
  • Ingat, jangan mencuci ayam mentah. Sebab, memasak akan membunuh semua bakteri yang ada, termasuk Campylobacter
  • Jangan pernah meletakkan makanan yang sudah dimasak atau produk segar di piring, talenan, atau permukaan lain yang sebelumnya sudah digunakan untuk meletakkan ayam mentah
  • Cuci talenan, peralatan dapur, peralatan makan, ataupun meja dapur dengan air hangat dan sabun setelah kamu menyiapkan ayam atau ketika kamu ingin menyiapkan bahan makanan selanjutnya
  • Untuk memudahkanmu memastikan ayam dimasak dalam suhu yang tepat, kamu bisa menggunakan termometer makanan
  • Suhu internal yang disarankan untuk memasak daging unggas adalah minimal 74 derajat Celcius
  • Pastikan ayam dimasak dengan matang. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa memotong bagian daging yang paling tebal. Kemudian, pastikan daging mengeluarkan cairan yang jernih dan daging tidak berwarna merah muda
  • Dinginkan atau bekukan sisa ayam dengan memasukannya ke dalam kulkas dalam kurun waktu 2 jam. Jika suhu di luar lebih dari 32 derajat Celcius, maka dinginkan ayam dalam waktu 1 jam
  • Jangan pernah menggunakan kembali kemasan makanan ayam mentah untuk menyimpan makanan lain, misalnya saja bahan kemasan sekali pakai seperti karton telur, pembungkus plastik, atau kemasan styrofoam yang telah digunakan daging mentah. Sebab, bahan kemasan dari daging mentah atau unggas juga dapat menyebabkan kontaminasi silang

Nah, itulah beberapa informasi mengenai alasan mengapa mencuci ayam mentah tidak diperbolehkan. Ingat, selalu menjaga kebersihan sebelum atau setelah memasak daging ayam mentah dan pastikan dimasak hingga matang sempurna.  

Punya pertanyaan seputar kesehatan? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Center for Disease Control and Prevention (2019). Diakses pada 30 Desember 2020. Campylobacter (Campylobacteriosis) 

Center for Disease Control and Prevention (2020). Diakses pada 30 Desember 2020. Chicken and Food Poisoning 

NHS (2020). Diakses pada 30 Desember 2020. Why you should never wash raw chicken 

United States Department of Agriculture. Diakses pada 30 Desember 2020. Washing Food: Does It Promote Food Safety? 

Self (2019). Diakses pada 30 Desember 2020. Should You Be Washing Chicken Before You Cook It? 

Kosa, Katherine M, Sheryl C. Cates (2015). Consumer-Reported Handling of Raw Poultry Products at Home: Results from a National Survey. Journal of Food Protection (diakses pada 30 Desember 2020)

 

    Berita Terkait
    register-docotr