Info Sehat

3 Penyakit Akibat Makan Ayam yang Tidak Matang dan Cara Mengatasinya

October 21, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Ayam adalah salah satu sumber protein yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tak heran, ayam menjadi pilihan untuk mendapatkan protein tanpa harus khawatir kandungan lemak yang terlalu banyak.

Namun, perlu diingat bahwa ayam yang kamu makan harus telah matang dengan sempurna. Ini penting karena ada beberapa bakteri pada ayam yang bisa membuat kamu sakit jika dimakan dalam kondisi yang kurang matang.

Baca juga: Catat! Ini Ragam Alternatif Cara Membuat Mie Ayam Sehat

Patogen apa yang terdapat di dalam ayam?

Ayam mentah mengandung bakteri penyebab penyakit yang disebut dengan patogen. Menurut Consumer Reports, dua pertiga ayam yang dibeli di Amerika Serikat mengandung Salmonella, Campylobacter, atau keduanya.

Bakteri salmonella dalam daging ayam mentah dapat menyebabkan infeksi usus pada manusia. Sementara itu, campylobacter bisa membuat kamu mengalami diare berdarah.

Beberapa patogen lain yang terdapat di dalam ayam di antaranya adalah:

  1. Staphylococcus aureus
  2. E. coli
  3. Enterococcus
  4. Klebsiella

Penyakit akibat makan ayam tidak matang

Apabila daging ayam yang kamu makan masih mengandung bakteri salmonella, penyakit yang paling umum terjadi adalah diare. Gejalanya biasanya ditandai dengan tinja yang sangat cair.

Namun, jika daging ayam yang kamu konsumsi mengandung campylobacter, gejala diare tersebut sering kali disertai dengan perdarahan.

Ini biasanya muncul dalam satu hingga dua hari setelah mengonsumsi Salmonella dan dalam 2 hingga 10 hari setelah mengonsumsi Campylobacter.

Penyakit lain yang bisa terjadi akibat memakan daging ayam mentah atau setengah matang di antaranya adalah:

  1. Kram perut
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Demam
  5. Sakit kepala, dan
  6. Nyeri otot

Komplikasi penyakit yang bisa terjadi

Infeksi akibat bakteri jahat dalam daging ayam mentah, juga bisa berkembang menjadi lebih kompleks dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti:

Bakteremia

Ini adalah kondisi di mana bakteri dari dalam daging ayam yang mentah masuk ke aliran darah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Orang yang meminum obat penurun asam lambung berisiko lebih besar terkena penyakit ini, karena asam lambung pada dasarnya berfungsi membantu menjaga tubuh dari infeksi usus.

Baca juga: Daftar Antibiotik Obat Tipes di Apotek, Mau Tahu Apa Saja?

Demam tifoid

Salah satu strain bakteri Salmonella yang disebut Salmonella typhi dapat menyebabkan demam tifoid dengan gejala:

  1. Demam yang sangat tinggi hingga 40 derajat Celsius
  2. Ruam berwarna merah
  3. Sakit perut
  4. Kelemahan, dan
  5. Sakit kepala.

Sindrom Guillain-Barré

Sindrom Guillain-Barré (GBS) adalah komplikasi langka dari infeksi campylobacter. Ini terjadi ketika imunitas yang dibangun oleh tubuh untuk melawan bakteri tersebut malah menyerang sel saraf kamu sendiri.

Sekitar 1 dari 1.000 kasus infeksi campylobacter mengakibatkan GBS. GBS biasanya dicirikan dengan lumpuh sementara dimulai dari kaki dan bergerak ke atasnya.

Ini biasanya terjadi beberapa minggu setelah infeksi diare. Dalam kasus yang parah, GBS bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan hampir total.

Artritis reaktif

Komplikasi infeksi campylobacter lainnya adalah artritis reaktif yang umum muncul dimulai sekitar 18 hari setelah infeksi. Gejalanya ditandai dengan radang pada:

  1. Sendi
  2. Mata
  3. Sistem saluran kencing
  4. Organ reproduksi
  5. Timbulnya.

Penanganan

Dilansir dari Medicalnewstoday, secara umum gejala penyakit apa pun setelah makan ayam mentah akan hilang tanpa perlu perawatan medis. Namun, untuk mengganti untuk mengganti cairan dan elektrolit yang keluar akibar diare, kamu harus memastikan untuk minum banyak cairan seperti:

  1. Air
  2. Jus buah yang diencerkan
  3. Minuman olahraga
  4. Kaldu bening, dan
  5. Larutan rehidrasi oral

Pemberian obat antibiotik mungkin akan diperlukan untuk menangani orang dengan risiko tinggi seperti:

  1. Orang yang berusia di atas 65 tahun
  2. Wanita hamil
  3. Bayi dan anak di bawah usia 5 tahun
  4. Orang dengan sistem kekebalannya lemah

Seseorang dapat menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan gejala yang dialami. Ini termasuk loperamide (Imodium), yang dapat membantu meringankan diare, dan bismuth subsalicylate (Pepto-Bismol), yang dapat mengurangi diare dan mual.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

What happens if you eat raw chicken? https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-happens-if-you-eat-raw-chicken diakses pada 20 Oktober 2020

Will Eating Raw Chicken Make You Sick? https://www.healthline.com/health/what-happens-if-you-eat-raw-chicken#treatment diakses pada 20 Oktober 2020

    Berita Terkait
    register-docotr