Info Sehat

Dipraktikkan Ribuan Tahun, Ini Titik Akupuntur di Kaki yang Perlu Kamu Ketahui!

February 28, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada ratusan titik akupuntur di seluruh tubuh, termasuk di kaki. Titik-titik ini berhubungan dengan organ vital di seluruh tubuh dan bisa meningkatkan kesehatan tubuh, lho!

Meskipun terkesan menyeramkan, tapi akupuntur bukanlah prosedur yang menyakitkan seperti yang dibayangkan. US National Center for Complementary and Integrative Health menyebut praktik akupuntur ini sudah dilakukan lebih dari 2.500 tahun.

Apa itu akupuntur?

Akupuntur merupakan teknik pengobatan kuno dari Tiongkok. Praktik ini dilakukan dengan memicu titik tertentu di tubuh menggunakan jarum yang tujuannya untuk pengobatan atau perawatan tertentu.

Acupuncturist berlisensi, Paul Kempisty dalam keterangannya di laman Healthline menyebut akupuntur merupakan metode invasif minimal yang bertujuan menstimulasi area yang kaya saraf di permukaan kulit.

Tujuan dari stimulasi ini adalah agar jaringan, kelenjar, organ dan berbagai fungsi di tubuh menjadi terpicu. Nantinya, tubuh akan merespons sinyal stimulasi ini.

“Respons ini melibatkan sistem imun, meningkatkan sirkulasi di area tersebut, penyembuhan luka dan modulasi nyeri,” ucap dia.

Apa saja manfaat akupuntur?

Dilansir Healthline, akupuntur disebut bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan berikut ini:

  • Alergi
  • Kecemasan dan depresi
  • Osteoarthritis
  • Nyeri kronis, biasanya di leher, punggung, lutut dan kepala
  • Insomnia
  • PMS
  • Migrain
  • Morning sickness atau mual dan muntah-muntah yang terjadi saat hamil
  • Keseleo
  • Stroke

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menyebut akupuntur bisa membantu pengobatan kanker, sementara penelitian lain di tahun 2016 mengatakan teknik ini bisa membantu dalam mengatasi multiple sclerosis.

Meskipun demikian, penelitian terhadap kedua hal ini masih terbatas, sehingga diperlukan penelitian yang lebih luas.

Titik akupuntur di kaki

Gambar titik akupuntur di kaki. Foto: https://soundacupuncturemiami.com

Dr. Michael Forman DOM, P.A., dari Total Health Restoration menyebut pada dasarnya titik akupuntur di kaki ini sama dengan titik acupressure yang digunakan dalam pijat refleksi. Bedanya, akupuntur menggunakan jarum untuk memicu titik-titik ini.

Titik akupuntur di kaki sangat banyak. Acupuncturist dan Chinese Herbalist Juhi Singh dalam laman wellandgood.com menyatakan dasar dari titik-titik ini sebagai berikut:

  • Kaki kiri dapat menstimulasi tubuh bagian kiri dan semua organ di dalamnya. Begitupun sebaliknya di sebelah kanan
  • Jari kaki kedua dan ketiga berhubungan dengan mata
  • Jari kaki lainnya berhubungan dengan gigi, sinus dan kepala
  • Bagian bawah kaki, dari ujungnya hingga tumit berhubungan dengan tulang belakang

Selain itu, berikut ini adalah penyakit-penyakit umum dan titik tekanan untuk yang bisa distimulasi di kaki:

Sakit kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh tekanan di leher. Jadi, untuk menstimulasi area ini, wilayah kaki yang biasanya ditekan adalah jempol kaki. 

Pada pijat refleksi, biasanya tekanan akan difokuskan di bagian atas jari untuk menemukan saraf yang tepat yang terhubung dengan kepala.

Masalah tidur

Jika kamu sulit tidur di malam hari, maka kelenjar di bawah otak menjadi salah satu target kamu. Titik tekanan yang perlu distimulasi adalah bagian tengah bawah jempol kaki.

Pilek dan flu

Titik tekanan untuk di kaki yang secara spesifik bisa meringankan penyakit pilek dan flu berada di sisi samping jempol serta bagian tengah dari jari kaki lainnya. 

Area tersebut berkaitan dengan sinus, hidung, tenggorokan, mata dan paru-paru. Dari titik itu, berikan fokus kira-kira 3 cm di bawah jari kaki.

Masalah pencernaan

Ada begitu banyak organ yang berkaitan dengan proses pencernaan yang bisa ditemukan di kaki. Kebanyakan dari organ-organ ini berada di bagian bawah kaki.

Asma dan bronkitis

Untuk membantu masalah pernapasan ini, maka target titik akupuntur ataupun refleksi adalah yang berkaitan dengan paru-paru. 

Titik tekanannya berada di bagian tengah kaki, kira-kira 3 cm di bawah jari kaki serta bagian tengah atas kaki.

Demikianlah berbagai titik akupuntur di kaki yang perlu kamu pahami. Jangan dipraktikkan tanpa bantuan tenaga professional, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr