Info Sehat

Tips Mengatasi Nyeri di Jari dan Tangan saat Work From Home

June 3, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak kebiasaan termasuk dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Salah satunya, adalah kebijakan work from home atau yang biasa disingkat dengan istilah WFH.

Metode ini memungkinkan pegawai untuk melakukan tugas kantor dari tempat tinggalnya masing-masing. Meski dinilai efektif, tapi bukan berarti WFH tanpa kekurangan sama sekali.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak yang mengeluhkan nyeri di sekitar jari dan tangan saat WFH. Apa kamu juga mengalaminya? Jika iya, simak ulasan di bawah untuk tahu cara mengatasinya.

Baca juga: Deretan Jenis Kelainan Tulang Belakang yang Wajib Kamu Ketahui!

WFH dan nyeri di jari maupun tangan

Dilansir Midwest Orthopadics, sebanyak 60 persen orang yang bekerja di depan komputer atau meja kerja akan mengalami rasa sakit di lengan.

Hal ini semakin banyak terjadi pada orang yang menerapkan pola kerja WFH.

Mengapa demikian? Ini karena saat WFH, orang cenderung tidak memerhatikan sisi ergonomi lingkungan kerjanya. Ergonomi adalah penyerasian antara pekerja, jenis pekerjaan, dan lingkungan kerja mereka.

Ragam keluhan nyeri pada area tangan saat WFH

Secara umum, ada empat area pada tangan yang paling sering terasa sakit saat bekerja, yakni:

1. Nyeri di sisi telapak tangan

Sering kali rasa sakit ini akan bergerak di sepanjang ibu jari atau telunjuk dan jari tengah. Terkadang setelah penggunaan jangka panjang, kamu berpotensi mengalami mati rasa dan kesemutan serta nyeri.

Ada beberapa penyebab potensial untuk rasa sakit ini termasuk carpal tunnel syndrome, tendinitis, dan arthritis.

2. Nyeri di bagian belakang pergelangan tangan dekat dengan pangkal ibu jari

Jika kamu mengalami rasa sakit yang konsisten langsung di pangkal ibu jari, dan terasa paling akut di tangan. Ini bisa disebabkan oleh radang sendi atau sinovitis di pangkal ibu jari.

Rasa sakit ini sering lebih buruk saat melakukan aktivitas mencubit, atau setelah seharian mencengkeram dan memegang benda.

3. Nyeri di sisi jari kecil pergelangan tangan

Nyeri di sisi jari kecil di pergelangan tangan bisa jadi merupakan gangguan kesehatan yang cukup kompleks. Jika dikaitkan dengan mati rasa, maka hal ini bisa disebabkan oleh kompresi pada saraf ulnaris.

Nyeri langsung pada aspek ulnaris pergelangan tangan juga dapat disebabkan oleh peradangan tendon atau ligamen.

Diagnosis spesifik dari nyeri ini seringkali memerlukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dengan dokter spesialis tulang.

4. Nyeri di lengan bawah dan siku

Penyebab paling umum dari rasa sakit di bagian luar siku saat bekerja di depan komputer adalah tennis elbow. Rasa sakit ini cenderung lebih buruk setelah hari yang panjang disertai penggunaan berulang.

Tips mengatasi nyeri di sekitar jari dan tangan saat WFH

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa sakit pada jari dan tangan saat bekerja dari rumah:

1. Pengaturan area kerja

Memiliki pengaturan tempat kerja yang tepat dapat membantu mencegah nyeri tangan dan pergelangan tangan. Perhatikan hal-hal berikut:

  • Keyboard harus diletakkan setinggi siku, memungkinkan untuk menjaga pergelangan tangan tetap lurus, tetapi tetap rileks saat mengetik dan menggunakan mouse.
  • Barang-barang yang sering digunakan harus diletakkan lebih dekat dengan jangkauan tangan. Barang-barang yang hanya digunakan sesekali harus ditempatkan lebih jauh dari jangkauan umum.
  • Menjaga lengan bawah sejajar dengan lantai akan memungkinkan postur tangan dan pergelangan tangan yang lebih baik.

2. Ubah posisi tubuh secara berkala

Berdiri dan bergerak setiap 20 hingga 30 menit, agar tubuh tidak cepat lelah.

Lakukan gerakan-gerakan kecil, seperti meregangkan lengan, melompat-lompat, berjalan, atau jongkok. Jika kamu membutuhkan pengingat, setel alarm agar tidak lupa.

3. Batasi gerakan pergelangan tangan

Langkah pertama dalam mengobati nyeri di jari, khususnya yang berkaitan dengan carpal tunnel syndrome adalah dengan mulai menghindari fleksi (menekuk) atau ekstensi (meluruskan) yang signifikan di pergelangan tangan.

Jika kamu bekerja di depan komputer, penting untuk menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral. Sebuah posisi netral adalah memiliki pergelangan tangan lurus keluar dari lengan.

Cara termudah untuk mempertahankan ini di meja adalah memastikan bahwa laptop atau keyboard berada di tengah meja sehingga pergelangan tangan dan lengan bawah dapat berbaring rata di atas meja saat mengetik.

Hal yang sama berlaku pada ibu jari. Langkah pertama dalam mengobati rasa sakit yang terlokalisasi di pangkal ibu jari adalah dengan mulai memakai penjepit yang membatasi gerakan ibu jari dengan alat semacam kawat gigi khusus.

Sementara untuk langkah penanganan nyeri di sisi jari kecil pergelangan tangan, adalah dengan membatasi fleksi berulang dan deviasi ulnaris pada pergelangan tangan. Ini dapat dicapai dengan penyangga yang kaku.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

Midwest Orthopadics at RUSH diakses pada 2 Juni 2021

Motus Rehabilitiation at RUSH diakses pada 2 Juni 2021

Hand and Wrist Center at RUSH diakses pada 2 Juni 2021

 

 

 

 

 

 

 

    register-docotr