Info Sehat

Apa Efek Terlalu Banyak Makan Durian bagi Kesehatan?

December 27, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah kamu penyuka durian? Buah yang memiliki bau khas ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan bisa dijadikan berbagai macam hidangan. Namun, tahukah kamu terlalu banyak makan durian bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan? 

Meski dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, tetapi terlalu banyak makan durian juga bisa menyebabkan masalah, salah satunya tingginya kadar gula darah. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya. 

Mengenal buah durian

Durian adalah buah tropis yang dapat tumbuh dengan panjang hingga 30 cm dan lebar 15 cm. Bagian luar buah berduri dengan daging buah berwarna kuning dan memiliki bau menyengat. 

Buah ini banyak disukai karena rasanya yang manis. Selain itu, durian juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Untuk ukuran 243 gram durian mengandung:

  • Kalori: 357
  • Lemak: 13 gram
  • Karbohidrat: 66 gram
  • Serat: 9 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vitamin C: 80 persen nilai harian
  • Tiamin: 61 persen nilai harian
  • Mangan: 39 persen nilai harian
  • Vitamin B6: 38 persen nilai harian
  • Kalium: 30 persen nilai harian
  • Riboflavin: 29 persen nilai harian
  • Tembaga: 25 persen nilai harian
  • Folat: 22 persen nilai harian
  • Magnesium: 18 persen nilai harian
  • Niacin: 13 persen nilai harian

Buah ini juga mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan seperti antosianin, karotenoid, polifenol dan flavonoid. 

Dari kandungan tersebut, membuat durian dikenal baik untuk kesehatan, seperti:

  • Mengurangi risiko kanker karena adanya antioksidan.
  • Mencegah penyakit jantung karena kandungan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.
  • Melawan infeksi karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Namun, sebaiknya makan durian juga harus dibatasi. Karena jika terlalu banyak makan durian juga dapat memberikan dampak kurang baik untuk tubuh. 

Akibat terlalu banyak makan durian

Kalau kamu adalah penyuka durian, kamu perlu mewaspadai hal-hal berikut ini, ya. Karena dapat terjadi saat kamu terlalu banyak mengonsumsi durian. 

Terlalu banyak makan durian dapat menyebabkan kenaikan berat badan

Rata-rata durian yang berukuran 1 kilogram memiliki hampir 1.350 kalori. Atau dengan kata lain, dengan satu buah durian tersebut telah menutupi 68 persen kebutuhan kalori harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Tidak mau berat badan berlebih karena durian? Ayo, jangan terlalu banyak makan durian. Karena satu biji durian dengan berat 40 gram saja sudah menyumbang sekitar 54 kalori, loh. 

Dapat meningkatkan kadar gula darah

Jika kamu adalah penderita diabetes, sebaiknya berhati-hati jika ingin mengonsumsi buah eksotis ini. Sebab, durian memiliki kandungan gula tinggi yang berpengaruh pada kadar gula seseorang. 

Menyebabkan masalah pencernaan

Dilansir dari Healthline, buah durian dapat memberi manfaat seperti mengurangi risiko kanker, mencegah penyakit jantung, hingga melawan infeksi. 

Namun, jika terlalu banyak makan durian justru dapat menyebabkan masalah, salah satunya masalah pada sistem pencernaan. Di mana dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gas usus dan penyumbatan usus, juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Risiko lain yang mungkin timbul setelah makan durian

Selain harus membatasi jumlah durian setiap kali mengonsumsinya, kamu juga perlu memerhatikan cara mengonsumsinya. Menurut Healthline, mengonsumsi durian sebaiknya tidak dibarengi dengan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Senyawa seperti sulfur yang terkandung di dalam durian dapat menghalangi enzim tertentu memecah alkohol. Sehingga menyebabkan meningkatkan kadar alkohol dalam darah. 

Peningkatan tersebut dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah dan juga jantung berdebar-debar. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi untuk keamanan sebaiknya tidak makan durian bersamaan dengan minuman beralkohol. 

Satu lagi risiko yang mungkin terjadi jika terlalu banyak makan durian adalah “rasa panas”. Dari sudut pandang pengobatan tradisional Cina, durian dianggap sebagai makanan yang panas.

Karena sifat tersebut, memakan buah durian terlalu banyak dapat berisiko mengalami rasa tidak nyaman seperti sakit tenggorokan, sariawan, sembelit hingga peningkatan dahak. 

Untuk meredakan panas akibat terlalu banyak makan durian, Dokter Teo Pei Si, Tabib TCM, Pengobatan Cina Raffles, menyarankan kamu untuk minum air garam, teh mint, air kelapa, teh krisan dan teh hijau setelah makan durian. 

Efek samping jika terlalu banyak makan durian yang tidak terbukti

Durian seringkali dikaitkan dengan berbagai kondisi penyakit di Indonesia. Namun ternyata dari berbagai macam informasi yang beredar, beberapa di antaranya tidak terbukti, seperti:

Makan terlalu banyak durian menyebabkan kolesterol tinggi

Ini adalah informasi yang tidak benar. Karena durian tidak memiliki kolesterol. Fakta ini pun didukung oleh Diana Suganda SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah. “(Jadi) tidak benar, buah-buahan tidak mengandung kolesterol,” ucapnya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Makan durian dapat meningkatkan libido

Durian disebut sebagai buah yang menaikkan suhu tubuh. Namun, hal ini tidak sama dengan afrodisiak. Serta belum ada pembuktian ilmiah mengenai efek samping makan durian yang dapat meningkatkan libido.

Demikian ulasan tentang efek jika telalu banyak mengonsumsi buah durian.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 14 Desember 2020
Durian Fruit: Smelly but Incredibly Nutritious
Webmd, diakses 14 Desember 2020
Durian
RafflesHealth, diakses 14 Desember 2020
Durian: How Good (Or Bad) Is It For You?
Healthxchange, diakses 14 Desember 2020
​​​Durian Myths: The Truth About Durian and Alcohol, Cholesterol & More

    register-docotr