Info Sehat

Penyebab Tenggorokan Terasa Ada yang Mengganjal: GERD hingga Penyakit Tiroid

June 5, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tenggorokan terasa ada yang mengganjal bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Ternyata, kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Sensasi tenggorokan terasa mengganjal juga dikenal sebagai sensasi globus atau globus pharyngeus. Sensasi globus pada dasarnya tidak menyebabkan rasa sakit, mengganggu proses pernapasan ataupun menelan. Akan tetapi, ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kondisi ini, simak penjelasan selengkapnya di sini.

Baca juga: Mengapa Susah BAB Setelah Operasi? Ini 4 Faktor Penyebabnya!

Penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Perlu kamu ketahui bahwa tenggorokan terasa ada yang mengganjal bisa disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu, di antaranya adalah:

1. Peradangan pada tenggorokan

Peradangan pada tenggorokan atau faring juga bisa menyebabkan iritasi. Adapun beberapa kondisi  yang bisa menyebabkan peradangan atau iritasi pada tenggorokan di antaranya adalah tonsillitis ataupun faringitis.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan peningkatan sensitivitas pada tenggorokan.

2. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Penyebab lain dari tenggorokan terasa mengganjal adalah GERD. GERD dapat terjadi akibat asam lambung yang mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan lambut dan mulut, yakni kerongkongan.

Bukan hanya dapat menyebabkan sensasi tenggorokan yang terasa mengganjal saja, GERD juga bisa menyebabkan kejang otot. GERD juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti sensasi terbakar pada dada (heartburn), kesulitan untuk menelan, atau regurgitasi makanan atau cairan asam.

3. Koordinasi otot yang berkurang

Otot pada tenggorokan yang rileks dan berkontraksi dengan benar memungkinkanmu menelan secara benar.

Akan tetapi, jika otot tenggorokan berhenti bekerja dengan baik, ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot, yang mana mungkin saja menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal. Sensasi ini akan lebih terasa pada saat kamu menelan air liur.

4. Stres dan kecemasan

Selain penyebab yang sudah disebutkan di atas, stres dan kecemasan juga bisa menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Bahkan, terdapat keterkaitan antara kondisi psikologis dan sensasi globus.

Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan psikologis seperti stres, depresi, dan kecemasan telah dikaitkan dengan tingkat sensasi globus yang lebih tinggi. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui lebih lanjut keterkaitan tersebut.

5. Penyakit tiroid

Dikutip dari Medical News Today, tenggorokan terasa ada yang mengganjal mungkin saja dirasakan oleh seseorang yang memiliki kelainan tiroid, terutama pada kasus kelainan tiroid aktif dan pasca tiroidektomi, yakni prosedur pengangkatan tiroid secara keseluruhan datau sebagian.

Pada dasarnya, keterkaitan antara sensasi globus dan penyakit tiroid belum diketahui secara pasti. Namun pada beberapa kasus, tiroidektomi justru dapat meringankan gejala pada beberapa kasus.

Baca juga: Wajib Tahu, Bolehkah Minum Obat Kapsul dengan Cara Dibuka?

6. Postnasal drip

Lendir berlebih dari hidung dan sinus dapat menumpuk di bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini dikenal sebagai postnasal drip. Ketika lendir berada di tenggorokan, ini dapat menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal serta peningkatkan sensitivitas.

7. Penyebab lain tenggorokan terasa ada yang mengganjal

Pada kasus yang jarang terjadi, tenggorokan terasa mengganjal disebabkan oleh tumor yang memengaruhi tenggorokan.

Tak hanya itu, sisa makanan yang tersangkut di tenggorokan juga bisa menjadi penyebab lainnya, Dalam kasus tersebut, ini harus ditangani dengan segera. Sebab, sisa makanan yang tersangkut berpotensi dapat bergeser dan menghalangi saluran pernapasan.

Bagaimana cara mengatasi tenggorokan terasa ada yang mengganjal?

Pada dasarnya, pengobatan dari tenggorokan terasa ada yang mengganjal bergantung dari penyebab yang mendasarinya. Misalnya saja dalam kasus GERD. Sensasi tenggorokan terasa mengganjal akan hilang jika GERD diobati.

Menguyah atau menelan makanan serta meminum air juga dapat membantu meredakan gejala pada kasus sisa makanan yang tersangkut di tenggorokan.

Sedangkan, pada kondisi yang memengaruhi psikologis, mengambil langkah untuk mengurangi stres dan kecemasan dapat mengurangi gejala secara signifikan. Misalnya saja terapi perlaku kognitif (CBT) atau obat antidepresan.

Namun perlu diketahui bahwa cara tertentu mengatasi tenggorokan terasa mengganjal belum tentu cocok atau efektif untuk semua kondisi. Maka dari itu, langkah terbaik yakni berkonsultasi pada dokter.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab tenggorokan terasa ada yang mengganjal dan cara mengatasinya. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 31 Mei 2021. What Causes a Lump in Your Throat? 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 31 Mei 2021. Gastroesophageal reflux disease (GERD) 

Medical News Today (2017). Diakses pada 31 Mei 2021. Globus sensation: Causes of a lump in the throat 

Medical News Today (2020). Diakses pada 31 Mei 2021. What is globus pharyngeus? 

Hindawi (2013). Diakses pada 31 Mei 2021. Management of Globus Pharyngeus 

    register-docotr