Diet dan Nutrisi

Matsutake, Jamur Termahal Jepang yang Kaya Manfaat

June 5, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pernahkah kamu mendengar soal jamur matsutake? Matsutake adalah salah satu jenis jamur termahal asal Jepang. Jamur yang erat dengan kemewahan ini punya aroma yang harum dan kerap digunakan sebagai bahan makanan tradisional khas Asia.

Selain cita rasanya, jamur matsutake ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan kita lho. Simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal matsutake, jamur termahal di Jepang

Jamur matsutake adalah salah satu jenis jamur yang tumbuh di bawah pohon atau akar pohon, biasanya tumbuh di bawah pohon pinus. Matsutake dapat tumbuh antara 10 hingga 20 cm.

Selain Jepang, jamur ini dapat ditemukan di negara lain seperti Cina, Korea, Laos, Finlandia, Kanada, Swedia, dan Amerika Serikat; dan mereka dianggap istimewa karena aromanya yang kuat.

Jamur ini biasanya dipanen saat musim dingin antara bulan September hingga Oktober. Waktu terbaik untuk memanen jamur ini adalah sebelum tutupnya terbuka. Sebab, saat tutupnya terbuka, aromanya memudar.

Kenapa jamur matsutake mahal?

Salah satu yang membuat jamur ini mahal adalah faktor kelangkaan. Melansir Japan Info, matsutake sulit ditemukan karena berbagai faktor.

Mulai dari persyaratan panjang yang spesifik untuk waktu panen dan kelangkaan lokasi di mana mereka tumbuh. Ini berarti bahwa matsutake hanya tumbuh di sejumlah kecil hutan. 

Selain itu, jamur matsutake asli Jepang memiliki banyak masalah karena Bursaphelenchus xylophilus, nematoda pembunuh pinus yang secara tajam mengurangi jumlah matsutake yang dapat ditemukan di Jepang. Akibatnya, harga matsutake Jepang sangat tinggi.

Matsutake bisa mencapai $2.000 per kilogram, meskipun biasanya harga tertinggi adalah $1.000 per kilogram selama awal musim. Namun, matsutake impor relatif lebih murah yaitu $90 per kilogram.

Kandungan nutrisi jamur matsutake

Jamur matsutake mengandung banyak nutrisi, mineral, dan juga vitamin yang baik untuk tubuh kamu.

Melansir Researchgate, berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram jamur matsutake:

  • Protein: 20,30 gram
  • Lemak: 5,05 gram
  • Serat: 29,10 gram
  • Karbohidrat: 36,67 gram
  • Gula larut: 7,07 gram
  • Potasium: 2352 miligram
  • Natrium: 31 miligram
  • Fosfor: 504 miligram
  • Kalsium: 41 miligram
  • Zinc: 14 miligram
  • Zat besi: 36,9 miligram
  • Copper: 8,72 gram
  • Mangan: 8,31 miligram

Jamur matsutake adalah sumber vitamin B, protein, tembaga, kalium, seng, dan selenium yang baik. Semua mineral penting untuk diet sehat.

Manfaat jamur matsutake untuk kesehatan

Apakah mahalnya harga matsutake sepadan dengan rasa dan manfaat kesehatan yang dimilikinya?

Langsung saja simak beberapa manfaat jamur matsutake untuk kesehatan berikut ini:

1. Kaya nutrisi yang menunjang kesehatan

Jamur matsutake juga memiliki kandungan vitamin A, B6, C dan juga tiamin, niasin dan riboflavin. Selain itu juga mengandung banyak mineral seperti: kalium, natrium, zat besi, tembaga, kalsium dan fosfor.

Tembaga penting untuk banyak reaksi biokimia yang berbeda dalam tubuh dan juga untuk produksi sel darah merah, yang membuat jamur ini sangat menyehatkan.

Kalium yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada jamur matsutake penting untuk kesehatan jantung dan otot dan memberikan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selain itu jamur ini juga benar-benar tidak mengandung kolesterol dan hanya mengandung sedikit lemak, dan karena itu dianggap sangat sehat.

2. Melawan kanker

Jamur matsutake terkenal sebagai obat antikanker alami. Meski begitu, belum ada beberapa penelitian medis yang mendukung klaim ini. 

Berbagai obat yang digunakan untuk mengobati kanker dalam tubuh biasanya akan memengaruhi jaringan sehat sampai batas tertentu, dan menyebabkan efek samping yang serius.

Jika obat antikanker ini membunuh sel kanker pasti akan membunuh beberapa sel sehat di dalam tubuh, karena obat tidak bisa membedakan antara sel sehat dan sel kanker. Jamur Matsutake dipercaya sebagai obat antikanker alami yang tidak memiliki efek samping yang tidak diinginkan.

3. Protein tinggi

Hasil analisis menunjukkan bahwa jamur matsutake merupakan sumber protein yang tinggi, sekitar 20,3 persen. Protein yang terkandung dalam jamur diketahui memengaruhi pembentukan membran sel. 

Protein memiliki banyak peran dalam tubuh kita lho. Seperti membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, memungkinkan reaksi metabolisme berlangsung dan mengkoordinasikan fungsi tubuh.

 4. Bagus untuk pencernaan

Jamur matsutake mengandung serat yang tinggi. Seperti kita tahu, serat ini sangat baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan.

Matsutake kaya serat makanan dan rendah lemak jenuh dan tak jenuh. Serat makanan membantu merangsang pencernaan, menghilangkan masalah sembelit.

5. Tunjang sistem kekebalan

Vitamin B yang ditemukan berlimpah dalam jamur liar membantu sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan saraf dan jantung dan membantu memecah gula darah dalam tubuh.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa bahwa ekstrak jamur matsutake dapat menjanjikan sebagai agen anti-inflamasi.

6. Bantu bakar lemak tubuh

Kamu sedang menjalani diet menurunkan berat badan? Coba masukkan jamur matsutake ke dalam menu makan kamu.

Peningkatan massa lemak yang terkait dengan obesitas sebagian disebabkan oleh peningkatan jumlah sel lemak atau adiposit.

Melansir Healing Mushrooms, jamur matsutake ini memiliki kemampuan labil panas untuk menghambat konversi C3H10T1/2 menjadi adiposit.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr