Info Sehat

Sikat Gigi Elektrik vs Manual: Manakah yang Lebih Efektif Membersihkan Gigi?

March 19, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Menyikat gigi merupakan perawatan dasar utama untuk menjaga kesehatan mulut dengan baik. Saat ini ada dua jenis sikat gigi yang sudah banyak digunakan, yakni sikat gigi elektrik dan manual.

Sikat gigi elektrik dan manual masing-masing memiliki manfaatnya tersendiri. Nah, untuk mengetahui manfaat dari penggunaan sikat gigi elektrik maupun manual, yuk, simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Pilihan Obat Saraf Kejepit, dari Apotek atau Secara Alami

Manfaat sikat gigi elektrik dan sikat gigi manual

Dilansir dari Mayo Clinic, kamu dapat menyikat gigi secara efektif dengan menggunakan sikat gigi manual. Namun, perlu diketahui jika sikat gigi elektrik dan manual memiliki manfaat yang berbeda. Beberapa manfaat dari penggunaan kedua jenis sikat gigi ini, antara lain sebagai berikut:

Sikat gigi elektrik

Bulu sikat gigi elektrik bergetar atau berputar untuk membantu menghilangkan penumpukan plak dari gigi dan gusi. Getaran ini memungkinkan lebih banyak gerakan mikro setiap kali melakukan penyikatan gigi. Beberapa manfaat sikat gigi elektrik, yakni:

Lebih efektif menghilangkan plak

Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa secara umum sikat gigi elektrik memang menurunkan lebih banyak plak dan radang gusi dibandingkan sikat gigi manual. Setelah tiga bulan penggunaan, plak dapat berkurang 21 persen dan radang gusi sebesar 11 persen.

Dapat meningkatkan kesehatan mulut

Satu studi menemukan bahwa sikat gigi elektrik sangat membantu orang-orang yang memiliki peralatan ortodontik, seperti kawat gigi. Karena itu, jika kamu merasa kesulitan untuk membersihkan mulut saat menjalani perawatan ortodontik maka sikat gigi elektrik bisa menjadi pilihan.

Sikat gigi manual

Penggunaan sikat gigi manual sudah ada sejak dulu. Meski tidak memiliki getaran seperti sikat gigi elektrik, namun alat ini masih cukup efektif dalam membersihkan gigi. Beberapa manfaat sikat gigi manual, yakni:

Mudah didapat

Sikat gigi manual sangat mudah ditemukan di berbagai toko bahan makanan maupun apotek. Karena itu, jika kamu perlu mengganti sikat gigi manual maka bisa segera membelinya.

Harga terjangkau

Tak hanya mudah didapatkan, sikat gigi manual juga hemat biaya. Biasanya, harga yang ditawarkan beberapa merek sikat gigi manual masih cukup terjangkau.

Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa sikat gigi elektrik lebih efektif, namun harga yang ditawarkan masih relatif mahal.

Selain itu, sikat gigi elektrik bisa menjadi alternatif yang bagus terutama untuk anak-anak, penyandang disabilitas, orang dewasa yang lebih tua, serta penderita radang sendi.

Berbeda dengan sikat gigi manual, meskipun tidak lebih efektif dari sikat gigi elektrik namun tetap bisa membersihkan gigi dengan baik. Sikat gigi manual juga jauh lebih terjangkau dan dapat dibeli di berbagai toko dengan mudah.

Tips memilih sikat gigi yang tepat

Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan ketika memilih jenis sikat gigi. Pastikan untuk memilih sikat gigi yang tepat sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Beberapa tips dalam memilih sikat gigi, yakni sebagai berikut:

Pilih sikat gigi yang nyaman digunakan

Jika ingin menggunakan sikat gigi elektrik, usahakan yang nyaman dipegang dan mudah digunakan. Dokter gigi mungkin menyarankan model dengan kepala sikat yang berputar ke satu arah dan kemudian ke arah lainnya, atau memiliki bulu sikat yang bergetar sangat cepat.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan, terutama jika kamu memilih anak-anak atau sedang melakukan perawatan ortodontik. Biasanya, penggunaan sikat gigi manual akan menyulitkan anak-anak sehingga penggunaan sikat gigi elektrik bisa menjadi pilihan.

Bicarakan dengan dokter

Secara keseluruhan, sikat gigi elektrik maupun manual mampu menghilangkan plak dan kebersihan gigi dengan baik. Namun, ada baiknya bicarakan dengan dokter gigi jika memiliki permasalahan lain, seperti kondisi medis tertentu.

Baca juga: Benarkah Obat Ranitidine Pemicu Kanker? Simak Penjelasan Medisnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd, diakses 18 Maret 2021. Ordinary vs. Powered Toothbrushes
  2. Healthline (2019), diakses 18 Maret 2021. Is It Better to Use an Electric or a Manual Toothbrush?
  3. Mayo Clinic (2020), diakses 18 Maret 2021. Is an electric toothbrush better than a manual toothbrush?
    register-docotr