Info Sehat

Sering Terbangun di Malam Hari? Ikuti Tips Berikut ini Untuk Mengurangi Frekuensinya

December 16, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Terbangun di malam hari adalah kondisi yang biasa terjadi. Tapi hal ini akan sangat mengganggu ketika terlalu sering kamu alami. Cara mengatasi hal ini beragam, tergantung penyebabnya.

Tidur secara penuh tanpa gangguan adalah hal yang penting untuk siklus rapid eye movement (REM) atau gerak mata cepat yang menentukan kualitas tidur kamu. Ketika kamu terbangun, maka tubuh membutuhkan waktu lagi untuk masuk ke tahap REM ini, dan mengurangi kualitas tidur.

Tips mengatasi kebiasaan terbangun tengah malam

Berikut ini merupakan cara mengurangi kebiasaan terbangun tengah malam berdasarkan penyebabnya:

Sleep apnea

Sleep apnea merupakan penyebab umum orang terbangun di tengah malam. Kondisi ini membuat napas kamu berhenti beberapa saat sehingga membuat beberapa kali terbangun di malam hari. 

Di banyak kasus, orang yang mengalami sleep apnea ini tidak sadar kalau tidurnya terganggu. Meskipun demikian, kamu biasanya sadar telah terkena gangguan tidur ini ketika mengalami gejala berikut:

  • Sakit kepala di pagi hari
  • Terengah-engah ketika tidur di malam hari
  • Merasa lelah di siang hari
  • Ngorok
  • Kesulitan berkonsentrasi sepanjang hari

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan cara berikut:

  • Perangkat penekan saluran udara: Perangkat yang dipakai saat tidur ini akan memompa udara ke paru-paru melalui masker tidur
  • Perangkat penahan rahang: Alat ini bekerja seperti penahan mulut yang menahan rahang kamu maju dan membuka saluran udara ketika kamu tidur
  • Operasi: Cara ini biasanya adalah langkah terakhir. Operasi yang dijalankan adalah pengangkatan jaringan, pengaturan ulang rahang, stimulasi saraf dan implan

Cemas dan depresi

Rasa cemas, depresi dan khawatir dapat menyebabkan kamu terbangun di malam hari. Gangguan ini membuat kamu sulit untuk tidak berhenti berpikir, sehingga kerap terbangun di malam hari.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu harus berbicara dengan tenaga medis profesional. Ada beberapa pengobatan yang bisa kamu jalani, yaitu:

  • Berbicara dengan ahli terapi
  • Konsumsi obat-obatan yang dapat mengatasi rasa cemas dan depresi
  • Belajar teknik menenangkan pikiran

Berikut ini adalah tips untuk menenangkan pikiran yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Mainkan musik yang menenangkan
  • Olahraga rutin
  • Kurangi tugas yang harus dikerjakan
  • Meditasi
  • Ciptakan suasana nyaman di kamar tidur

Insomnia

Insomnia tidak hanya membuat kamu sulit tidur. Kondisi ini pun bisa membuat kamu sulit untuk mempertahankan waktu tidur kamu. Setelah mengalami insomnia di malam hari, maka kamu akan merasakan lelah di siang hari.

Untuk mengatasi insomnia, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Ciptakan rutinitas tidur yang nyaman dan sunyi. Misalnya dengan meminum teh bebas kafein, mandi dengan air hangat hingga mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur
  • Hindari penggunaan alat elektronik dengan layar yang terang seperti laptop, handphone dan buku elektronik sebelum tidur
  • Buat tubuh nyaman. Kamu bisa lakukan yoga atau lakukan relaksasi otot sebelum tidur
  • Ciptakan suasana kondusif di kamar. Kamu bisa buat lampu, suara hingga suhu di kamar di level yang membuat nyaman.
  • Jauhkan jam dari kamar atau penglihatan. Karena melihat e jam menyebabkan kamu stres dan membuat susah tidur jika kamu terbangun di malam hari

Terbangun karena ingin buang air kecil

Dorongan untuk buang air kecil sering kali membuat kamu terbangun di malam hari. Beberapa orang mengatasi masalah ini dengan membatasi asupan cairan sebelum tidur. 

Ada juga yang tidak bisa melakukan hal itu karena ada masalah kesehatan. Masalah kesehatan tersebut antara lain:

  • Kehamilan
  • Pembesaran prostat
  • Diabetes
  • Buli-buli menurun
  • Buli-buli terlalu aktif
  • Beberapa pengobatan tertentu

Mengatasi masalah ini pun tergantung dari apa penyebabnya. Tapi cobalah solusi berikuti ini:

  • Batasi asupan air sebelum tidur
  • Jika karena pengobatan, maka cobalah minum obat tersebut lebih dini, jangan dekat dengan waktu tidur, jika memungkinkan
  • Hindari makan makanan pedas
  • Cobalah senam kegel
  • Jika disebabkan kehamilan, maka kondisi ini akan hilang di akhir masa kehamilan

Demikianlah berbagai tips mengurangi kebiasaan bangun di malam hari berdasarkan penyebabnya. Selalu cari tahu penyebab masalah kesehatan yang kamu alami, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 15 Desember 2020. Is Waking Up in the Middle of the Night Making You Tired?
  2. MedicalNewsToday, diakses 15 Desember 2020. Why do I keep waking up at night?
  3. Mayoclinic, diakses 15 Desember 2020. Insomnia: How do I stay asleep?
    Berita Terkait
    register-docotr