Info Sehat

Serba-Serbi Kemudahan Teknologi Kesehatan dengan Dokter Online

June 2, 2022 | Muhammad
feature image

Merambahnya perkembangan teknologi pada dunia kesehatan membuat inovasi-inovasi baru di dunia kesehatan semakin pesat. Salah satunya adalah adanya konsultasi dokter online. Tentu hal ini membawa dampak baik bagi masyarakat, sebab masyarakat bisa memeriksakan keluhan kesehatan tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Biasanya, masyarakat melakukan konsultasi dokter online ketika merasakan keluhan kesehatan yang masih tergolong ringan. Contohnya radang tenggorokan, diare, ataupun demam. Walaupun tidak bisa memberikan gambaran utuh tentang penyakit, namun hal ini  bisa membantu masyarakat mengenai penyakit yang diderita.

Apa Saja yang Ditangani Dokter Online?

Saat mengalami keluhan kesehatan dimanapun dan kapanpun, Anda dapat lansung melakukan konsultasi pada dokter online baik dokter umum ataupun dokter spesialis. Saat ini banyak konsultasi dokter online yang sudah tersedia, contohnya Good Doctor.

Saat melakukan sesi konsultasi, dokter akan bertanya mengenai kondisi dan keluhan Anda saat ini. Selain itu, dokter akan menanyakan pula riwayat penyakit, alergi obat atau makanan tertentu, dan mungkin foto mengenai kondisi Anda. Hal ini diperlukan agar dokter bisa melihat jelas bagian tubuh Anda yang bengkak, atau bentuk benjolan pada tubuh. Sehingga dokter tidak salah melakukan diagnosa pada Anda.

Tak hanya itu, konsultasi dokter online bisa digunakan untuk memantau kesehatan Anda yang menderita penyakit kronis. Bila ada kegawatdaruratan pada kondisi Anda, segeralah berkonsultasi pada dokter secara langsung agar dilakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif.

Baca juga: Praktis Tanpa Ribet, Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Online yang Tepat!

Di masa pandemi COVID-19, konsultasi dokter online dinilai sangat membantu menekan penyebaran virus COVID-19. Selain itu, konsultasi secara daring juga mampu melindungi dokter dan pasien dari terpapar virus atau penyakit menular lainnya. 

Konsultasi dokter online juga memudahkan Anda mendapatkan layanan kesehatan dimanapun dan dengan dokter manapun di seluruh Indonesia. Biaya yang dikeluarkan pun relatif lebih terjangkau dibandingkan datang langsung menemui dokter. Selain hemat waktu, Anda menjadi hemat biaya karena bisa dilakukan dimana saja baik pada dokter umum atau dokter spesialis.

Kekurangan Konsultasi Dokter Online

Walaupun menghemat waktu dan biaya, konsultasi dokter online masih belum bisa menggantikan konsultasi dokter tatap muka. Sebab, sebagian pemeriksaan dokter membutuhkan pemeriksaan fisik, seperti tes reaksi saraf, melakukan perabaan pada benjolan ataupun mendengarkan detak jantung, dan pemeriksaan penunjang seperti tes alergi obat ataupun pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menegakkan diagnosis atas penyakit yang Anda derita dan menentukan pengobatan yang tepat.

Sebab, bila salah diagnosa ataupun salah obat bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda. Walaupun Anda bisa mengirimkan foto atau menceritakan dengan detail mengenai keluhan kesehatan yang Anda rasakan, penanganan atas masalah kesehatan Anda dinilai kurang maksimal. Sebab, banyak pula penyakit dengan ciri-ciri yang mirip. Sehingga, konsultasi dokter online masih belum bisa mengalahkan konsultasi secara langsung.

Selain itu, ada kekurangan konsultasi dokter online yang tentu bisa membahayakan jiwa, yaitu tidak bisa menangani kegawatdaruratan. Penanganan penyakit yang darurat membutuhkan penanganan yang cepat, responsif, serta akurat. 

Semua kecanggihan teknologi baik untuk dunia kedokteran ataupun informatika pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Bila merasakan ada gejala kesehatan yang mengganggu, baiknya segera konsultasikan kepada dokter umum atau dokter spesialis pilihan Anda di Good Doctor. Perlu diingat, bila setelah konsultasi dokter online kondisi Anda tidak kunjung membaik, silahkan pergi ke pusat kesehatan seperti posyandu, puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

register-docotr