Info Sehat

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

April 28, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Sakit perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya peradangan, distensi atau peregangan organ, kurangnya pasokan darah ke organ tertentu, dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Gejala sakit perut

Sakit perut dapat terjadi di bagian atas, bawah, tengah, kanan, maupun kiri perut. Beda lokasi sakit perut, beda pula penyebabnya.

Secara umum, orang yang mengalami sakit perut akan merasakan kram di bagian perut, mulas, hingga rasa sakit tajam yang menusuk.

Rasa nyeri atau sakit tersebut dapat timbul secara perlahan dan menguat, tiba-tiba dan menetap atau mereda, hingga berpindah-pindah dari satu lokasi perut ke lokasi lainnya.

Baca juga: Kena Gigitan Anjing Gila, Lakukan Ini untuk Penanganan Pertama!

Penyebab sakit perut sebelah kanan

1. Batu empedu

Gallstones atau penyakit batu empedu bisa menimbulkan keluhan berupa rasa sakit tiba-tiba yang terasa menjalar hingga ke dada, punggung bagian atas, dan bahu.

Penyakit batu empedu sebetulnya lebih sering tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi, jika batu tersebut menyumbat bagian ujung empedu, maka inilah yang akan memicu rasa sakit yang tiba-tiba.

Rasa sakit ini terutama pada bagian perut sebelah kanan dan dapat berlangsung selama hitungan jam.

2. Batu ginjal

Kidney stone atau penyakit batu ginjal juga dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian perut. Umumnya, rasa nyeri ini timbul secara mendadak di sisi kanan perut dan dapat menjalar hingga ke bagian pangkal paha.

Selain itu, penyakit batu ginjal juga bisa menimbulkan berbagai gejala lain seperti mual, muntah, dan kram.

3. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi virus hepatitis, perlemakan hati, hingga terlalu banyak konsumsi alkohol. 

Kondisi ini dapat menimbulkan sejumlah gejala meliputi perasaan lemas, mual, muntah, hingga menurunnya selera makan. 

4. Kehamilan ektopik

Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak menempel dan berkembang di dalam rahim seperti pada umumnya, melainkan menempel di tempat lain, biasanya tuba fallopi.

Apabila kondisi ini terjadi, maka akan timbul rasa nyeri atau sakit di bagian bawah perut sebelah kanan atau kiri, tergantung dari lokasi dimana letak menempelnya sel telur tersebut.

5. Kolesistitis

Kolesistitis adalah peradangan yang terjadi pada kantong empedu. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala demam, mual, muntah yang bisa menyebar sampai ke bagian bahu sebelah kanan.

6. Apendisitis

Apendisitis atau radang usus buntu adalah suatu kondisi yang terjadi ketika terdapat penyumbatan pada usus buntu lantaran infeksi, sehingga menimbulkan bengkak yang perlu diatasi secepatnya. 

Pelu kamu ketahui bahwa usus buntu ini terletak di sisi kanan bawah perut.

Ciri-ciri usus buntu

Ketika kamu menderita radang usus buntu, seperti dilansir laman Healthline kamu akan merasakan beberapa ciri-ciri radang usus buntu berikut ini: 

  • Sakit perut kanan atas atau di sekitar pusar
  • Perut sebelah kanan bawah sakit
  • Kehilangan selera makan
  • Gangguan pencernaan
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Perut bengkak
  • Ketidakmampuan untuk mengeluarkan gas
  • Demam ringan

Perlu kamu ketahui, bahwa sebagian orang mungkin juga merasakan sakit perut sebelah kanan seperti ditusuk-tusuk. Gejala ini juga berlaku apabila seseorang menderita gangguan atau sakit pada empedu.

Nyeri radang usus buntu bisa dimulai sebagai kram ringan. Hal ini sering menjadi lebih stabil dan parah dari waktu ke waktu. Mungkin karena dimulai di perut bagian atas atau area pusar, sebelum pindah ke kuadran kanan bawah perut.

Jika mengalami konstipasi dan kamu menduga sedang menderita radang usus buntu, hindari minum obat pencahar atau penggunaan enema. Perawatan ini dapat menyebabkan usus buntu pecah.

Hubungi dokter jika mengalami nyeri tekan di sisi kanan perut  bersama dengan gejala radang usus buntu lainnya. Apendisitis dapat dengan cepat menjadi keadaan darurat medis. 

Baca juga: Agar Tak Mudah Stres, Kenali Tips-tips Mengatasi Mood Saat PMS Datang

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Ketika kamu merasakan sakit pada bagian pinggang sebelah kanan bisa disebabkan karena beberapa hal berikut ini: 

Penyempitan tulang belakang

Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab kamu merasakan sakit pinggang sebelah kanan. Penyebab paling umumnya yaitu radang sendi yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. 

Gangguan pada bantalan saraf tulang belakang, atau saraf terjepit juga bisa menyebabkan nyeri pada pinggang sebelah kanan.

Keselo atau otot yang tegang

Melansir penjelasan laman Medical News Today, cedera ini adalah penyebab paling umum dari nyeri punggung bawah kanan. Keseleo terjadi saat ligamen di punggung meregang atau robek, sedangkan otot atau tendon punggung robek sehingga menyebabkan ketegangan.

Terkilir dan tegang dapat terjadi karena cedera, gerakan tiba-tiba, atau mengangkat benda berat. Kerusakan yang diakibatkannya bisa menyakitkan dan membatasi pergerakan di area tubuh ini. Bisa terjadi keseleo atau tegang di sisi kanan punggung bawah.

Tubuh dapat menyembuhkan luka-luka ini sendiri, tetapi orang mungkin ingin menggunakan obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen, untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Dalam beberapa kasus, terapi fisik dapat membantu pemulihan.

Gangguan pada empedu

Perlu kamu ketahui, bahwa empedu merupakan bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan.

Apabila organ tubuh ini mengalami masalah seperti batu empedu, maka sakit yang ditimbulkannya mungkin saja bisa terus menyebar hingga ke pinggang sebelah kanan. Salah satu ciri sakit yang ditimbulkan terkait masalah di empedu adalah kian memburuknya rasa nyeri saat penderitanya makan.

Penyakit ginjal

Normalnya memang setiap orang memiliki sepasang ginjal yang terletak di bagian sebelah kiri dan kanan tubuh bagian belakang. Apabila ginjal bagian kanan yang menderita sakit misalnya karena batu ginjal atau infeksi ginjal, maka pinggang bagian kanan juga akan merasakan sakit. 

Gangguan ginjal yang menyebabkan rasa sakit pada pinggang bisa bersifat akut maupun kronis.

Penyebab sakit perut sebelah kanan saat hamil 

Ketika kamu merasakan sakit perut sebelah kanan saat hamil, sebaiknya juga perlu waspada karena bisa jadi tanda-tanda adanya gangguan pada kehamilan atau bahkan kesehatan. Seperti dilansir dari Healthline berikut ini penyebab sakit perut sebelah kanan saat hamil: 

Kehamilan ektopik

Pada kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi mulai tumbuh di luar rahim. Kehamilan yang sehat dan normal hanya bisa terjadi di dalam rahim. Kehamilan ektopik bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Keguguran

Nyeri sisi kanan yang parah di perut bagian bawah bersama dengan gejala lain mungkin berarti mengalami keguguran. Segera temui dokter jika kamu mengalami salah satu gejala berikut:

  • Bercak, pendarahan merah, atau gumpalan
  • Sakit parah atau kram di perut bagian bawah
  • Nyeri punggung bawah

Preeklamsia

Preeklamsia adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan kehamilan. Kondisi ini memiliki sejumlah efek termasuk tekanan darah tinggi.

Hampir 5 hingga 8 persen wanita hamil mengalami preeklamsia atau gangguan hipertensi . Kondisi ini paling sering muncul pada trimester kedua dan ketiga.

Preeklamsia dapat meningkatkan tekanan darah ke tingkat yang berbahaya. Kondisi ini bisa membuat berisiko terkena stroke serta juga dapat merusak hati, ginjal, atau paru-paru.

Cara mengatasi sakit perut sebelah kanan 

Jika mengalami kondisi sakit perut sebelah kanan, kamu dapat meringankan rasa sakitnya dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil.

Sangat tidak disarankan untuk sembarangan mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti aspirin atau ibuprofen, yang mungkin dapat memperparah gangguan.

Namun apabila perut tidak mereda dan terus berkelanjutan setelah konsumsi makanan, segera konsultasikan kepada dokter. Hindari menunda-nunda pemeriksaan agar tidak terjadi kondisi yang fatal.

Demi mengatasi sakit perut sebelah kanan tersebut, penanganan harus dilakukan berdasarkan penyebabnya terlebih dahulu. Jika diperlukan, dokter akan melakukan tes penunjang berupa CT Scan, USG atau Rontgen pada perut untuk menentukan diagnosis dan penyebab.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. What’s Causing Pain in My Lower Right Abdomen?. https://www.healthline.com/health/pain-in-lower-right-abdomen
Medical News Today. What is this pain in my lower right abdomen?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320858

Healthline. Everything You Need to Know About Appendicitis. https://www.healthline.com/health/appendicitis#symptoms

Medicalnewstoday. What to know about lower right back pain. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324675#sprains-and-strains

Healthline. What Causes Right Side Pain During Pregnancy?. https://www.healthline.com/health/pregnancy/right-side-pain-during-pregnancy#common-causes

    register-docotr