Kamus Penyakit

Waspada Gejala Difteri yang Mirip Radang Tenggorokan

April 21, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Stephanie Wirjomartani
no-image

Masih ingatkah kamu dengan kasus ratusan siswa di Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Malang yang terindikasi membawa bakteri difteri pada Oktober 2019 silam? Gejala difteri yang mirip dengan radang tenggorokan ini memang harus patut diwaspadai.

Lalu apa sih sebenarnya difteri dan seberapa serius penyakit yang satu ini? Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir dan tenggorokan. Penyakit ini juga sangat mudah menular lewat udara dan bisa berakhir dengan kematian.

Kenali gejala difteri

Gejala difteri yang mirip dengan radang tenggorokan biasanya tidak disadari oleh sebagian orang Agar tak salah berikut adalah gejala awal difteri yang sering disangka sakit tenggorokan biasa.

  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Pilek
  • Demam Mengigil
  • Lemas
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening
  • Kesulitan bernapas

Kedelapan gejala ini memang selintas terlihat seperti sakit radang tenggorokan biasa. Jika gejala-gejala ini berlangsung selama 2-5 hari kamu harus waspada. Terlebih jika melihat adanya selaput putih keabu-abuan di tenggorokan dan amandel.

Gejala yang mirip dengan radang tenggorokan ini kadang disepelekan. Padahal jika terlambat diketahui difteri bisa berujung pada kematian. Alasannya adalah kebanyakan orang baru akan memeriksakan diri saat sudah muncul bercak pada selaput lendir berwarna putih keabuan.

Periksakan ke dokter jika gejala tak membaik

Pada tahap ini difteri sudah masuk ke fase yang cukup gawat dan segera membutuhkan penanganan medis yang lebih serius. Pada kasus di Malang bakteri Corynebacterium Diphthetiae ditemukan pada 200 siswa.

Jenis bakteri ini adalah cikal bakal difteri, biasanya bakteri ini menyebar lewat udara. Seperti yang dikutip dari Detik, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Supranoto musim pancaroba memudahkan bakteri masuk ke tubuh manusia dengan sangat mudah.

Lakukan pencegahan sebelum terlambat

Selama musim pancaroba kamu memang harus ekstra menjaga kesehatan. Untuk terhindar dari difteri bisa melakukan beberapa langkah pencegahan. Pastikan sudah melakukan vaksin atau imunisasi difteri lengkap.

Selain itu cobalah untuk membiasakan diri hidup sehat, misalnya dengan memakai masker saat berada di luar ruangan. Mengonsumsi banyak buah dan sayur plus istirahat yang cukup.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic (2018) diakses pada 28 Oktober 2019. Diseases and Conditions: Diphteria

WHO (2018) diakses pada 28 Oktober 2019. Diphteria

Detik (2019) diakses pada 28 Oktober 2019. Ini Penyebab Ratusan Pelajar MIN 1 Malang Pembawa Difteri

    Berita Terkait
    register-docotr