Info Sehat

4 Penyebab Sakit Kepala Belakang dan Cara Mengatasinya

March 6, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sakit kepala bisa muncul di beberapa bagian, termasuk sakit kepala belakang, depan atau hanya satu sisi kepala.

Salah satu yang sering dialami adalah sakit kepala belakang, yang bisa terjadi karena pengaruh dari kondisi kesehatan lainnya. Berikut beberapa penyebab sakit kepala belang dan juga cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. 

Penyebab sakit kepala belakang

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan sakit kepala bagian belakang. Penyebabnya mungkin dapat diketahui dari lokasi yang lebih spesifik. Misalnya kepala bagian belakang sebelah kiri, kanan, atau sekitar leher. 

Berikut empat penyebab sakit kepala bagian belakang:

1. Penyebab sakit kepala hingga ke bagian leher

Setidaknya ada 4 penyebab munculnya sakit kepala di bagian belakang hingga ke leher, yaitu:

  • Radang sendi. Peradangan dan pembengkakan di area leher dapat menyebabkan nyeri yang menjalar hingga ke bagian belakang. Biasanya kondisi ini memicu rasa sakit yang hebat. Radang sendi yang paling umum adalah rheumatoid arthritis dan osteoartritis
  • Masalah postur tubuh. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketegangan di punggung, bahu dan leher. Kemudian dapat memicu sakit kepala di bagian belakang. 
  • Disk hernia. Ini adalah kondisi bergesernya bantalan tulang belakang, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan. Kemudian menyebabkan sakit kepala yang disebut cervicogenic. Gejala lain yang mungkin timbul berupa tidak nyaman di bahu dan lengan atas. 
  • Neuralgia oksipital. Adalah kondisi saraf dari sumsum tulang belakang ke kulit kepala rusak. Kondisi ini seringkali disalahpahami sebagai migrain. Biasanya menyebabkan nyeri dari pangkal kepala, leher hingga kulit kepala. 

2. Penyebab kepala nyeri di sisi kanan belakang

Sakit kepala tegang adalah penyebab yang paling umum. Selain sakit di bagian kanan dan belakang, juga bisa menjalar ke leher, hingga terasa nyeri dan kaku. 

3. Penyebab nyeri di belakang kepala sisi kiri

Sebenarnya migrain bisa muncul di sisi kanan atau kiri. Tetapi banyak yang mengalaminya di sisi kiri bagian belakang. Biasanya rasa sakit bermula dari bagian kiri kepala, kemudian menjalar hingga pelipis hingga ke belakang. 

4. Sakit yang bertambah para saat berbaring

Biasanya kondisi ini disebabkan oleh sakit kepala cluster. Ini termasuk sakit kepala yang jarang terjadi namun terasa sangat mengganggu dan menyakitkan. Biasanya terjadi dalam beberapa kali, atau berupa periode. 

Jika mengalaminya, sakit kepala bisa berlangsung hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Biasanya sakit kepala akan terasa di bagian belakang atau samping dan akan semakin parah saat berbaring. 

Bagaimana cara mengatasinya? 

Pengobatan biasanya dilakukan berdasarkan pemicunya, namun secara umum perawatan yang efektif untuk sakit di bagian belakang kepala adalah sebagai berikut:

Mengobati sakit kepala akibat radang sendi

Penggunaan obat anti radang dan panas dapat membantu menyembuhkan radang sendi. Jika kondisi radang sendi membaik, juga akan meringankan sakit kepala. 

Mengatasi sakit kepala akibat postur tubuh yang buruk

Menggunakan kursi kerja ergonomis dapat membantu menyangga pinggang lebih baik. Postur kaki juga lebih nyaman, agar tubuh lebih baik lagi. 

Sementara untuk mengatasi nyeri jika terlanjur mengalami sakit kepala, dapat diatasi dengan asetaminofen. 

Mengobati sakit kepala akibat disc hernia

Mengobati masalah disc hernia adalah pilihan yang tepat. Jika hernia teratasi, sakit kepala juga akan ikut membaik. Perawatannya bisa dengan terapi fisik, peregangan, atau suntik epidural untuk peradangan. 

Pembedahan terkadang diperlukan untuk beberapa kasus tertentu. Setelahnya, rutin olahraga dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang belakang. 

Mengatasi sakit kepala akibat neuralgia oksipital

Kompres hangat dan minum obat antiinflamasi non steroid (NSAID), terapi fisik, pijat, dan pelemas otot dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala jenis ini. Tapi dalam kasus parah, kondisi ini membutuhkan bantuan medis, karena perawatan bisa dilakukan hingga 12 minggu lamanya. 

Mengatasi sakit kepala tegang

Menggunakan pereda nyeri yang dijual bebas biasanya ampuh menghilangkan sakit kepala tegang. Tetapi untuk kasus kronis atau parah, kamu mungkin membutuhkan obat resep dari dokter.

Obat yang dibutuhkan termasuk pelemas otot yang dapat mengurangi sakit kepala, dan sebagai pencegahan jika sakit kepala muncul kembali. 

Obat untuk migrain

Obat pereda nyeri bisa digunakan untuk mengatasi migrain. Namun konsultasi dengan dokter dianjurkan untuk mengetahui pemicu migrain, agar bisa menghindari dan mencegah datangnya migrain berulang. 

Untuk sakit kepala cluster

Terakhir, untuk mengatasi sakit kepala belakang jenis ini, dapat menggunakan obat-obatan seperti:

  • Triptans, yang dapat disuntikkan untuk mendapat hasil yang cepat.
  • Octreotide, hormon buatan yang membantu mengatasi sakit
  • Anastesi lokal

Obat pencegahan

  • Dapat menggunakan kortikosteroid
  • Calcium channel blockers
  • Melatonin
  • Penghambat saraf

Jika kamu mengalami sakit kepala belakang dan bingung memilih perawatan yang tepat, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter ya! 

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses 26 Februari 2021
Pain in the Back of the Head
Medical News Today, diakses 26 Februari 2021
What is this pain in the back of my head?
Mayoclinic, diakses 26 Februari 2021
Cluster Headache
Mayoclinic, diakses 26 Februari 2021
Migraine

    register-docotr