Info Sehat

Rumah Kamu Banyak Nyamuk? Simak Tips Mencegah Rumah Jadi Sarang Nyamuk Berikut!

August 19, 2020 | Dani Kosasih | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Setiap rumah, pasti memiliki sarang nyamuk yang tidak disadari muncul karena kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh pemilik rumah. Kebiasaan buruk seperti membiarkan wadah yang terisi air tetap terbuka bisa dijadikan oleh nyamuk sebagai tempat bertelur.

Sarang nyamuk yang dibiarkan, akan membawa penyakit berbahaya yang bersumber dari gigitan nyamuk, seperti demam berdarah dengue. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rumah kamu dari munculnya sarang-sarang nyamuk.

Tips mencegah rumah jadi sarang nyamuk

Melansir dari laman pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, berikut tips mengendalikan nyamuk di dalam rumah maupun di sekitar rumah.

Tips mengendalikan nyamuk di dalam rumah

  • Gunakan kain atau kawat kasa untuk jendela atau ventilasi udara yang terbuka
  • Jika hari telah malam, jangan biarkan pintu terbuka karena nyamuk akan mudah masuk ke dalam rumah
  • Gunakan pendingin ruangan jika memungkinkan, karena nyamuk dianggap tidak suka pada suhu dingin
  • Jangan membiasakan diri menggantung baju-baju kotor terutama yang basah dan lembap
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk

Cara membunuh nyamuk di dalam rumah

  • Gunakan fogger serangga di dalam ruangan atau semprotan serangga untuk membunuh nyamuk dan menghancurkan area tempat mereka beristirahat
  • Gunakan insektisida jika diperlukan dan selalu ikuti petunjuk pada label penggunaannya.
  • Nyamuk beristirahat di tempat gelap dan lembab seperti di bawah wastafel, di lemari, di bawah furnitur, atau di ruang cuci

Tips mengendalikan nyamuk di luar rumah

  • Singkirkan genangan air yang bisa menjadi tempat nyamuk bertelur
  • Tutup rapat wadah penyimpanan air (ember, waduk, tong hujan) agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalam untuk bertelur
  • Seminggu sekali, kosongkan dan gosok, balikkan, tutupi, atau buang semua barang yang menampung air seperti ban, ember, mainan, kolam renang, tempat mandi burung, piring, pot bunga, atau tempat sampah
  • Untuk wadah tanpa tutup, gunakan kawat kasa dengan lubang yang lebih kecil dari nyamuk dewasa
  • Gunakan larvasida untuk mengolah wadah besar berisi air yang tidak akan digunakan untuk minum dan tidak dapat ditutup atau dibuang
  • Jika kamu memiliki septic tank, segera perbaiki jika mengalami retakan atau memiliki celah untuk nyamuk masuk

Cara membunuh nyamuk di luar rumah

  • Gunakan semprotan serangga luar ruangan yang dibuat untuk membunuh nyamuk di area tempat mereka beristirahat
  • Nyamuk beristirahat di tempat yang gelap dan lembab seperti di bawah furnitur teras, atau di bawah carport atau garasi
  • Selalu ikuti petunjuk penggunaan pada label jika menggunakan insektisida

Tips mencegah rumah jadi sarang nyamuk dengan bahan alami

Setelah kamu memasang kain atau kawat kasa pada ventilasi, jendela maupun pintu, sekarang saatnya memastikan nyamuk yang telah berhasil masuk ke dalam rumah tidak bisa menyentuh kamu atau keluarga kamu.

Melansir laman control-mosquitoes.com berikut beberapa cara alami untuk mengatasi nyamuk:

Ultrasonic Bug atau perangkat ultrasonik pengusir nyamuk

Perangkat ultrasonik untuk mnegusir serangga termasuk nyamuk bisa menjadi pilihan karena penggunaannya sederhana. Perangkat ini memanfaatkan pancaran frekuensi radio yang sangat tidak menyenangkan bagi hama seperti nyamuk, serangga, dan tikus.

Perangkat ultrasonik ini tersedia dalam ukuran kecil dengan kemasan menarik dan harga yang lebih terjangkau.

Daun tulsi atau kemangi suci

Daun tulsi terbukti bermanfaat untuk membunuh jentik nyamuk dan mengusir nyamuk. Faktanya, semakin banyak orang yang menemukan manfaat manfaat daun tulsi sebagai ramuan untuk mengusir nyamuk.

Cara penggunaan daun tulsi pun cukup mudah, cukup tanam beberapa pot daun tulsi di dekat jendela untuk mencegah nyamuk memasuki rumah.Daun tulsi sendiri merupakan ramuan India yang terkadang disebut “basil suci”.

Daun ini digunakan untuk memasak di banyak hidangan India. Daun ini juga dikenal bermanfaat dalam mengobati gigitan nyamuk bila dioleskan langsung ke area gigitan.

Dry ice atau es kering

Karbon dioksida yang dikeluarkan oleh dry ice mampu menarik perhatian nyamuk. Kamu bisa memnacing nyamuk dengan dry ice lalu meletakkan jebakan nyamuk di dekatnya.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat larvasida dan bau yang cukup menyengat sehingga sangat efisien apabila digunakan untuk mengusir nyamuk.

Kamu bisa menggunakan bawang putih dengan cara menghancurkan beberapa siung bawang putih dan merebusnya dalam air selama beberapa waktu.

Setelah itu, tuang air ke dalam botol semprot dan semprotkan ke sekeliling ruangan untuk mencegah nyamuk mendekati area yang kamu semprot.

Perangkap Nyamuk

Kamu bisa membuat perangkap nyamuk sendiri di rumah dengan cara memotong botol plastik menjadi dua. Kemudian tambahkan gula merah pada air panas dan aduk rata. Setelah itu, tuangkan ke bagian bawah botol dan tambahkan ragi.

Selanjutnya, letakkan separuh corong botol di separuh bagian bawah dengan arah terbalik (dengan tutup botol terbuka). Bungkus botol hitam dengan selotip dan letakkan di area rawan nyamuk.

Perangkap ini mampu bertahan selama 15 jam. Kamu bisa membuat ulang jika perangkapnya sudah tidak lagi bekerja.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. cdc.gov. Diakses 19 Agustus 2020. https://www.cdc.gov/zika/prevention/controlling-mosquitoes-at-home.html

2. terminix.com. Diakses 19 Agustus 2020. https://www.terminix.com/blog/diy/7-easy-ways-to-stop-mosquitoes-from-breeding-in-your-yard/

3. control-mosquitoes.com. Diakses 19 Agustus 2020. https://control-mosquitoes.com/10-ways-to-get-rid-of-mosquitoes-indoors/

4. promkes.kemkes.go.id (2019). Diakses 19 Agustus 2020. http://promkes.kemkes.go.id/upaya-pencegahan-dbd-dengan-3m-plus

    Berita Terkait
    register-docotr