Kamus Penyakit

Anak Muda Bisa Terkena Penyakit Jantung, Lho! Yuk, Kenali Tanda-tandanya

August 19, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Penyakit jantung bukan lagi identik sebagai penyakit orang tua. Kamu yang masih berusia muda pun memiliki risiko terkena penyakit mematikan ini.

Sebuah kajian pada tahun 2018 mendukung hal ini. Temuan para peneliti menyatakan jika 30 persen pasien yang dirawat karena serangan jantung di Amerika Serikat pada tahun 1995 hingga 2014 merupakan orang dewasa berusia muda.

Lebih jauh, penelitian itu menyebut jika terjadi kenaikan penderita serangan jantung pada orang muda. Yaitu 27 persen pada awal kajian di lakukan hingga menjadi 32 persen di akhir masa kajian.

Penyebab penyakit jantung di usia muda

Hampir seluruh serangan jantung yang dialami oleh orang dewasa disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri atau arteroskelrosis. Namun demikian, masalah pada arteri juga menjadi penyebab 80 persen serangan jantung pada anak muda, lho.

Dikutip dari laman health.harvard.edu, sekitar 60 persen anak muda yang mengalami serangan jantung memiliki masalah pada satu arteri koroner mereka. Sementara orang yang lebih tua umumnya memiliki masalah pada dua atau tiga arteri.

Pada skala lebih luas, sekitar 4 persen serangan jantung yang terjadi pada orang dewasa berusia muda disebabkan oleh ketidaknormalan anatomi arteri koroner bawaan lahir. Sementara sebanyak 5 persen gangguan ini terjadi karena adanya pembekuan darah di arteri.

Tidak hanya itu, masalah penyakit jantung pada orang muda juga disebabkan oleh inflamasi di arteri koroner, terapi radiasi, tumor dada, trauma di dada serta penyalahgunaan obat-obatan terlarang, amphetamine atau obat lainnya.

Tanda penyakit jantung pada usia muda

Penyakit jantung pada orang muda terkadang terjadi tanpa sebab, itu sebabnya orang terkadang tidak sadar terhadap hal ini. Gejala umum terkait masalah jantung pada anak muda adalah:

  • Kesulitan bernapas
  • Letih
  • Sakit di dada
  • Lemah tubuh

Selain itu, penyakit jantung pada usia muda ini dapat menimbulkan nyeri pada lokasi berikut

  • Tangan sebelah kiri
  • Rahang
  • Punggung
  • Leher
  • Tulang belikat
  • Bagian atas abdomen

Tanda penyakit jantung pada perempuan muda

Biasanya terdapat tanda penyakit jantung yang berbeda pada wanita di usia muda. Wanita biasanya cenderung merasakan sensasi seperti tertindih di bagian dada. 

Terkadang, mereka bahkan tidak merasakan tekanan sama sekali pada dada. Akan tetapi, gangguan seperti napas yang memendek, tekanan pada bagian punggung atas atau bagian abdomen bagian atas kerap terjadi.

Wanita juga bisa merasakan letih berlebihan, keringat dingin, pusing-pusing, mual, muntah dan pingsan. Laman acls.net menyebut penyakti jantung sebagai penyebab kematian nomor satu pada wanita di Amerika Serikat.

Hal itu terjadi karena kaum wanita terkadang salah mengira gejala penyakit yang mereka alami sebagai masalah kesehatan lain seperti sakit perut, flu atau masalah pada saluran pencernaan.

Tanda penyakit jantung pada remaja

Anak-anak dan remaja juga bisa terkena penyakit jantung, lho. Akan tetapi tanda penyakit ini tidak sejelas seperti apa yang dialami orang dewasa. 

Pada anak-anak, sakit pada dada mereka biasanya tidak langsung mengindikasikan bahwa anak tersebut memiliki penyakit jantung. Tanda penyakit jantung yang biasanya dialami anak-anak dan remaja adalah:

  • Ketidakmampuan fisik dalam beraktivitas seperti anak seumuran mereka
  • Lebih mudah lelah karena kehabisan napas dibanding anak seumuran mereka
  • Munculnya warna kebiruan di daerah sekitar gusi dan lidah
  • Pusing-pusing saat melakukan kegiatan fisik yang berlebih
  • Jantung berdebar kencang
  • Pada beberapa kasus, anak bisa saja mengalami pingsan

Ada beberapa pemahaman dan mitos keliru terkait penyakit jantung yang menyebut kalau anak-anak dan pemuda dewasa tidak bisa terkena kondisi ini. Jika melihat yang sudah dijabarkan di atas, maka hal ini adalah sebuah kekeliruan.

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung bisa menyerang siapa saja, karena kondisi aterosklerosis mulai berkembang di usia muda dan anak-anak.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Acls.net (2020) diakses 18 Agustus 2020. Cardiac Disease in the Young
  2. Health.harvard.edu (2019) diakses 18 Agustus 2020. Premature heart disease 
  3. Heart.org (2018) diakses 18 Agustus 2020. Heart attacks are becoming more common in younger people, especially women
  4. Ahajournals.org (2018) diakses 18 Agustus 2020. Twenty Year Trends and Sex Differences in Young Adults Hospitalized With Acute Myocardial Infarction
    Berita Terkait
    register-docotr