Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Atasi Sembelit sampai Cegah Osteoporosis

August 20, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Selain nikmat dan segar saat dikonsumsi, manfaat buah plum sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah plum mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin, mineral, serat, dan juga antioksidan yang bisa menjadi benteng pertahanan dari banyak penyakit.

Plum ini bisa dikonsumsi langsung, atau biasanya juga kerap diolah dengan cara dikeringkan. Untuk tahu lebih lanjut manfaat buah plum untuk kesehatan, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 10 Cara Makan Buah Plum yang Nikmat dan Sehat, Wajib Kamu Coba!

Nutrisi buah plum yang penuh manfaat

Buah plum mengandung setidaknya lebih dari 15 vitamin dan mineral serta serat dan antioksidan.

Selain itu, ia juga rendah akan kalori. Melansir Healthline, berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah plum:

  • Kalori: 30
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 7 gram
  • Vitamin A: 5% dari RDI
  • Vitamin C: 10% dari RDI
  • Vitamin K: 5% dari RDI
  • Kalium: 3% dari RDI
  • Tembaga: 2% dari RDI
  • Mangan: 2% dari RDI

Selain itu, satu buah plum menyediakan sejumlah kecil vitamin B, fosfor, dan magnesium.

Baca Juga : Kaya Antioksidan, Manfaat Buah Delima untuk Tubuh jadi Berlimpah

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Dari banyaknya kandungan nutrisi di atas, buah plum bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah plum untuk kesehatan kamu.

1. Antioksidan tinggi

Kandungan antioksidan dalam buah plum mampu membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel tubuh kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Antioksidan bernama polifenol dalam plum memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah plum mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah antioksidan polifenol dibandingkan buah populer lainnya, seperti nektarin dan persik.

2. Kesehatan pencernaan

Buah plum mengandung isatin dan sorbitol, yang membantu meredakan sembelit dan melancarkan pencernaan sekaligus juga menjaga kesehatan usus.

Manfaat ini terkait didapat karena kandungan serat yang tinggi dalam buah plum. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut, yang berarti tidak bisa menyatu dengan air.

Ini berperan dalam mencegah sembelit dengan menambahkan curah ke tinja dan dapat mempercepat laju pembuangan kotoran melalui saluran pencernaan.

Selain itu, plum dan jus prune mengandung sorbitol, yang merupakan alkohol gula dengan efek pencahar alami.

Baca Juga : Tak Hanya Bagus untuk Diet, Ini Manfaat Plum bagi Wanita

3. Kesehatan tulang

Manfaat buah plum berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi buah plum dengan penurunan risiko kondisi tulang yang melemahkan seperti osteoporosis dan osteopenia, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah.

Buah plum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya plum terbukti dapat mencegah keropos tulang, namun juga berpotensi untuk membalikkan pengeroposan tulang yang telah terjadi.

Masih belum jelas mengapa plum tampaknya memiliki efek positif ini pada kesehatan tulang. Namun, kandungan antioksidan dan kemampuannya untuk mengurangi peradangan dianggap berperan.

4. Menurunkan kolesterol dan gula darah

Buah plum mengandung serat larut, yang punya manfaat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menghambat produksi kolesterol di hati. Serat larut menyerap empedu, yang diproduksi menggunakan kolesterol. 

Jadi, saat empedu terserap oleh serat larut dalam buah, hati menggunakan kolesterol yang tersimpan di dalam tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol. Selain mengontrol kolesterol, buah plum juga mampu kontrol gula dalam darah.

Buah plum berpotensi meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam regulasi gula darah. Ini juga ada kaitannya dengan serat. 

Serat memperlambat tingkat di mana tubuh menyerap karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah meningkat secara bertahap, bukan lonjakan.

Baca Juga : 10 Cara Makan Plum yang Nikmat dan Sehat, Wajib Kamu Coba!

5. Manfaat buah plum untuk kesehatan kulit hingga mencegah kecemasan

Selain beberapa manfaat di atas, kandungan nutrisi yang tinggi dalam buah plum juga bisa memberikan manfaat lain untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Bagus untuk kulit, buah plum mampu mengurangi kerutan dan meremajakan kulit.
  • Melindungi dari kanker, kandungan antosianin mampu melawan radikal bebas penyebab kanker seperti kanker payudara dan mulut.
  • Meningkatkan sirkulasi darah, buah plum meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.
  • Penyakit jantung, fitokimia dan nutrisi dalam buah plum menurunkan peradangan yang memicu penyakit jantung.
  • Kecemasan (anxiety), satu buah plum sehari bisa menjauhkan kamu dari kecemasan. Ketika antioksidan rendah, kecemasan bisa menjadi tinggi.
  • Vitamin C dalam buah plum membantu tubuh menyembuhkan, membangun otot, dan membentuk pembuluh darah. Ini bagus untuk mata juga.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat buah plum? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

India.com. Diakses pada 17 Agustus 2020. Health benefits of plum: 10 reasons to eat more plums this monsoon

Healthline. Diakses pada 17 Agustus 2020. 7 Health Benefits of Plums and Prunes

WebMD. Diakses pada 17 Agustus 2020. Health Benefits of Plums

    Berita Terkait
    register-docotr