Info Sehat

Praktisnya Konsultasi dengan Dokter Online bagi Karyawan Saat Hari Kerja

July 13, 2022 | aldi heryadi | dr. Elizabeth C. Palar
feature image

Adanya layanan konsultasi dengan dokter online alias telemedicine terasa sangat menguntungkan bagi siapa pun yang memanfaatkannya. Salah satu pihak yang bisa merasakan dampak positif dari layanan dokter online adalah karyawan. 

Karyawan yang sibuk pada hari kerja tidak punya banyak waktu untuk memantau kondisi kesehatan mereka. Dengan mengandalkan telemedicine, karyawan dapat menghemat waktu, tenaga, hingga uang.

Dokter online juga bisa diandalkan ketika karyawan mengalami gangguan kesehatan akut yang membutuhkan penanganan kilat. Selengkapnya tentang berbagai keuntungan telemedicine bagi karyawan, simak ulasan lengkap berikut ini. 

Bukti Praktisnya Berkonsultasi dengan Dokter Online bagi Karyawan Saat Hari Kerja

Gejala gangguan kesehatan sering kali muncul tak kenal waktu, termasuk ketika Anda tengah menjalani kesibukan di hari kerja. Kalau sudah begini, dokter online menjadi pihak yang patut Anda andalkan. 

Tak seperti kunjungan ke klinik atau rumah sakit, konsultasi dengan dokter online tidak memakan waktu banyak. Tidak ada antrean panjang yang melelahkan ataupun upaya yang perlu dilakukan untuk menyetir dan menghadapi kemacetan. 

Satu-satunya upaya yang perlu dilakukan dalam memanfaatkan telemedicine adalah mengambil ponsel dan memilih dokter yang tepat untuk keluhan Anda. Berikut berbagai bukti praktisnya berkonsultasi dengan dokter online, terutama bagi karyawan saat hari kerja. 

1. Menghemat waktu dan tenaga 

Ketika memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter online, Anda akan menghemat bensin, biaya parkir, atau ongkos transportasi umum. Tak hanya itu, Anda juga tidak akan membuang waktu untuk berlama-lama di jalan lantaran terjebak kemacetan. 

Ini jelas berbeda dengan kunjungan ke klinik atau rumah sakit. Selain harus menyediakan banyak waktu di jalan, Anda juga harus menyiapkan tenaga untuk mengantre dan risiko pekerjaan yang terbengkalai. 

2. Tak perlu cuti untuk pergi ke rumah sakit

Dengan mengandalkan telemedicine, karyawan tidak perlu mengajukan cuti dan meninggalkan pekerjaan yang menumpuk. Karyawan cukup mengatur waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter online tanpa mengganggu jadwal bekerja. 

Anda bisa melakukan konsultasi sebelum atau sesudah waktu bekerja, atau saat istirahat tiba. Tak sampai di situ, Anda juga bisa mengatur tempat konsultasi sesuka Anda, mengingat layanan dokter online bisa dimanfaatkan kapan pun dan di mana pun. 

3. Akses lebih mudah ke dokter spesialis

Jika Anda adalah karyawan dengan penyakit kronis dan membutuhkan pemantauan dokter spesialis, layanan telemedicine merupakan pilihan yang tepat. Layanan tersebut memungkinkan Anda melakukan konsultasi rutin dengan dokter spesialis tanpa terhalang jarak dan waktu. 

Ketika divonis terkena penyakit kronis, Anda memerlukan perawatan dari dokter yang terbaik. Layanan telemedicine kini telah terhubung dengan dokter spesialis yang mumpuni di bidangnya. Sebagai pasien, Anda tinggal memilih mana yang tepat untuk kebutuhan, kapan pun dan di mana pun. 

4. Terhindar dari penyakit menular

Tak dipungkiri, rumah sakit atau klinik kesehatan merupakan tempat yang penuh dengan orang sakit. Artinya, Anda mungkin lebih rentan tertular berbagai penyakit ketika memutuskan untuk datang ke sana. 

Karena itu, konsultasi dengan dokter online dapat menurunkan risiko penularan berbagai penyakit, seperti TBC dan COVID-19. Ketika berhasil mencegah penyakit menular, artinya Anda memiliki kesehatan prima dan lebih mampu menjadi karyawan yang produktif dalam bekerja. 

5. Pemeriksaan yang lebih baik

Dikutip dari Hopkins Medicine, dokter online mungkin lebih mampu memeriksa kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan pelayanan telemedicine melalui video, dokter dapat melihat lingkungan rumah ataupun kantor pasien. 

Dokter online juga bisa mengamati dan mengukur seberapa baik Anda mengatasi keluhan kesehatan. Telemedicine juga disebut sebagai solusi yang baik untuk pemeriksaan kesehatan mental dan konseling.

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini ya.

register-docotr