Info Sehat

Tak Boleh Diabaikan, Ini Pantangan Saat Pakai Behel yang Wajib Dihindari!

June 6, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika behel dipasang umumnya banyak orang harus merasakan ngilu bahkan iritasi di sekitar gigi dan gusi. Pemakaian kawat gigi ini tentunya juga harus mendapatkan perawatan ekstra, seperti adanya pantangan saat pakai behel yang harus kamu hindari.

Pantangan saat pakai behel 

Demi menghindari rasa sakit selama proses pemakaian kawat gigi, penting untuk mengikuti petunjuk dokter gigi.

Seperti dilansir laman Orthodontics, berikut adalah pantangan saat pakai behel yang sebaiknya kamu hindari:

Mengunyah es batu 

Tentu kamu sudah tau bahwa es batu itu keras dan dingin, dan tidak baik jika dikunyah baik saat memakai behel dan bahkan tanpa behel. Menggigit sepotong es batu dapat dengan mudah mematahkan braket atau menekuk kawat, yang keduanya bisa sangat menyakitkan.

Mengunyah permen karet

Saat memakai behel, pantangan lainnya yakni menghindari makanan lengket sebanyak mungkin. Alasannya karena apapun yang menempel pada gigi berarti itu juga akan menempel pada behel, sehingga dapat menarik kabel dan braket, bahkan pita di sekitar geraham.

Saat mengunyah permen karet, kamu berulang kali memberi tekanan dan ketegangan pada braket, kabel, dan pita behel, yang dapat menyebabkannya putus, tidak sejajar, atau mulai terasa sakit.

Lupa membersihkan dengan benang gigi

Ketika kamu lupa atau sama sekali tidak melakukan flossing saat memakai kawat gigi, hal itu bisa berarti masalah serius baik saat memakai behel  dan setelah melepasnya.

Partikel makanan tersangkut di antara gigi dan bercampur dengan bakteri, menciptakan plak yang menggerogoti email hingga merusak integritas struktural gigi.

Memang tidak mudah untuk menggunakan benang gigi saat memakai behel dan sulit untuk memasang benang gigi di sela-sela gigi, tetapi hasil yang akan kamu dapatkan setelah rajin menggunakan benang gigi untuk membersihkan behel akan jauh lebih efektif. 

Minum minuman manis atau berkarbonasi

Saat memakai behel, sangat penting untuk melindungi gigi dari gula. Terlalu banyak gula, asam, dan karbonasi dapat merusak lem yang menahan braket ke gigi. Ini membuatnya lebih mudah untuk mulai membentuk rongga pada gigi. 

Menghindari minuman manis sangat penting jika kamu memiliki invisalign, daripada braket dan kawat gigi, karena minuman dapat masuk ke dalam aligner dan membasahi gigi dengan gula dan asam.

Apa yang harus dilakukan jika kawat atau pita pada behel lepas?

Seperti dilansir laman Healthline, selama memakai kawat gigi, sangat dianjurkan untuk terus memiliki konsultasi berkala dengan dokter.

Tujuannya untuk menyesuaikan behel sehingga dapat bekerja dengan efektif pada gigi. Masalah lain dapat terjadi antara penyesuaian berkala, seperti kabel dan pita yang longgar atau putus.

Hal ini bisa terjadi jika kamu: 

  • Sering mengonsumsi makanan yang lengket atau keras
  • Memiliki luka di mulut

Mengabaikan kerusakan atau menunda perbaikan pada behel juga berpotensi memperlambat waktu perawatan. 

Jangan menarik atau menekuk kawat dan braket yang putus. Hal itu justru akan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Sebagai gantinya, letakkan sepotong kapas basah atau lilin ortodontik di atas ujung yang tajam sampai kamu dapat menemui dokter gigi atau ortodontis.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Deretan Tanda-Tanda Gigi Harus Dipasang Behel!

Cara tepat menjaga kesehatan gigi dengan behel 

Mempertahankan kebiasaan gigi yang baik saat memakai behel adalah salah satu cara untuk menghindari kerusakan. Pastikan menyikat gigi setidaknya tiga kali sehari, sebaiknya setelah makan, dan menggunakan sikat gigi berbulu lembut.

Berikan perhatian ekstra pada ruang di sekitar behel dan bersihkan semua sisa makanan. Gunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi dan menghilangkan partikel makanan dari antara behel. 

Tidak hanya sekadar menemui dokter gigi, tetapi juga penting untuk pembersihan dan pemeriksaan rutin. Pembersihan gigi sangat penting untuk menghilangkan penumpukan plak, yang berkontribusi pada gigi berlubang dan penyakit gusi.

Dokter gigi umumnya akan merekomendasikan penggunaan obat kumur berfluoride untuk membantu memperkuat gigi dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Mempelajari berbagai teknik mengunyah juga dapat mencegah kerusakan pada behel. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 4 Juni 2021. Foods You Can and Shouldn’t Eat If You Have Braces
  2. Orthodonticslimited.com (2014) diakses pada 4 Juni 2021. Ten Things You Shouldn’t Do While Wearing Braces

 

    register-docotr