Kesehatan Wanita

Cari Tahu Apa Olahraga yang Diperbolehkan dan Dihindari Saat Haid

June 5, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Olahraga dengan rutin dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Tapi bagi wanita, mungkin saja muncul pertanyaan bagaimana melakukan olahraga saat haid? 

Beberapa orang memilih untuk absen berolahraga, karena berbagai alasan. Misalnya efek kram atau nyeri perut yang bikin malas bergerak. Lalu, bagaimana caranya jika ingin olahraga saat haid dan masih mengalami keluhan umum menstruasi? 

Olahraga saat haid

Ternyata olahraga saat haid justru dapat membantu meringankan beberapa keluhan umum saat menstruasi loh. 

Dilansir dari Healthline, menurut Dr Christopher Holligworth, menstruasi memang membuat orang kurang energik karena pengaruh hormon. “Baik progesteron dan estrogen berada di titik terendah selama fase menstruasi,” kata sang dokter. 

Dengan alasan kurang energik tak jarang banyak yang menghindari olahraga. Padahal menghindari olahraga tidak akan menghemat energi atau membuat kondisi lebih baik. 

Nah, justru dengan aktif berolahraga kamu dapat merasakan sejumlah manfaat seperti:

Mengurangi gejala PMS

Dengan olahraga seperti aerobik teratur dapat mengurangi gejala PMS, seperti kelelahan dan perubahan suasana hati. 

Olahraga membantu pelepasan endorfin

Menstruasi seringkali membuat suasana hati tak menentu. Itulah saatnya untuk berolahraga. Karena olahraga dapat memberikan endorfin alami yang mampu meningkatkan suasana hati. Ini akan membuatmu merasa lebih baik. 

Selain itu, endorfin juga dapat berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Ketika berolahraga, endorfin akan membantumu lepas dari perasaan tidak nyaman saat menstruasi. 

Memanfaatkan kekuatan

Meski ada beberapa keluhan, tetapi kamu juga harus tahu bahwa sebuah studi menemukan bahwa wanita di dua minggu pertama dalam siklus menstruasi mungkin mengalami peningkatan kekuatan. 

Gunakanlah waktu tersebut untuk berolahraga, yang nantinya manfaatnya juga akan terasa di saat fase haid tiba. 

Mengatasi keluhan menstruasi

Olahraga juga cenderung mengurangi kram, sakit kepala, atau sakit punggung yang terkait dengan menstruasi. 

Bahkan untuk wanita yang mengalami dismenore atau nyeri haid yang mengganggu, juga bisa lebih ringan dengan berolahraga. 

Olahraga saat haid yang bisa dilakukan? 

Walau olahraga saat haid memberikan banyak manfaat, kamu juga tetap harus mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak. Karena beberapa hari pertama menstruasi akan membuatmu tidak nyaman, kamu perlu memilih olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi. 

Berikut daftar olahraga yang bisa kamu lakukan saat haid

  • Jalan kaki atau kardio ringan: Latihan kardiovaskular atau aerobik dengan intensitas rendah dapat membantu meringankan keluhan menstruasi. Ini juga memberikan efek yang baik bagi paru-paru. 
  • Aktivitas berbasis kekuatan: Memadukan latihan kekuatan dan kardio bisa kamu coba. Karena kamu bisa mendapatkan penambahan kekuatan di masa-masa menstruasi, sehingga memungkinkan aktivitas ini. 
  • Yoga dan pilates: Yoga membantu tubuh lebih rileks dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara dan kelelahan atau nyeri otot. Kamu bisa melakukan yoga dua atau tiga hari menjelang menstruasi. 

Apa yang perlu dihindari? 

Sebenarnya pada wanita yang tidak mengalami keluhan tetap bisa berolahraga dengan normal. Tetapi, jika memang ada keluhan bisa disesuaikan dengan kondisi fisik dan pilih olahraga seperti yang sudah dijelaskan. 

Sementara hal yang perlu dihindari adalah stres saat latihan. Kurangi stres juga perlu dibarengi dengan mengurangi volume latihan selama menstruasi. 

Kamu juga harus waspada dengan rasa lelah. Kamu bisa mengurangi latihan kardiovaskular atau aktivitas ketahanan, jika merasa lelah. Jangan memaksakan untuk tetap berolahraga seperti biasa. 

Jangan merasa terintimidasi dengan orang lain yang terlihat tetap bugar dan mampu berolahraga dengan maksimal walaupun sedang menstruasi. Karena setiap wanita memiliki pengalaman menstruasi yang berbeda-beda. 

Informasi lain seputar olahraga saat haid

Bagaimanapun olahraga akan membantu menjaga kebugaran tubuh. Jika kamu masih ragu, bisa mulai melakukan olahraga ringan. Asalkan tidak benar-benar libur berolahraga. 

Jika kamu takut merasa tidak nyaman, usahakan fokus pada manfaatnya. Di awal mencoba pastinya ada keraguan, tetapi sebuah studi menemukan orang yang berolahraga 3 hari seminggu selama setidaknya 30 menit selama 8 minggu lebih sedikit mengalami nyeri haid dibandingkan yang tidak berolahraga. 

Semoga kamu tetap semangat dan terinspirasi ya untuk berolahraga saat haid. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 3 June 2021
Can You Exercise on Your Period?
Healthline, diakses 3 June 2021
How to Exercise on Your Period (Even When You Really Don’t Want To)
Medicalnewstoday, diakses 3 June 2021
Should you exercise during your period?
Health, diakses 3 June 2021
5 Things to Know About Exercising During Your Period

    register-docotr