Info Sehat

Daftar Obat Kurap Alami: Mulai dari Kunyit hingga Minyak Kelapa

March 17, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Obat kurap alami mudah didapatkan dan bisa diaplikasi secara mandiri di rumah. Terlepas dari namanya, kurap sebenarnya tidak disebabkan oleh cacing atau parasit hidup. Sebaliknya, ini merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh sejenis jamur.

Kurap biasanya menyebabkan bercak merah, bersisik, dan gatal pada kulit sehingga menyebabkan ketidaknyaman. Nah, untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, yuk, simak beberapa jenis obat kurap alami berikut.

Baca juga: Manfaat Daun Sage, Menjaga Kesehatan Mulut hingga Cegah Peradangan

Apa saja obat kurap alami yang perlu diketahui?

Dilansir dari Medical News Today, kurap disebabkan oleh jamur Tinea yang sangat mudah menular. Siapa pun bisa terkena kurap, meskipun beberapa orang lebih rentan daripada yang lain seperti orang dengan kekebalan terganggu dan anak kecil.

Gejala kurap berupa gatal bisa dirasakan di berbagai area tubuh, termasuk selangkangan. Meski banyak obat yang tersedia untuk mengobati infeksi jamur ini, ada beberapa jenis perawatan dengan bahan alami, seperti berikut ini:

Sabun dan air

Untuk mencegah kurap menyebar atau menginfeksi area lain di tubuh, maka kebersihan kulit harus dijaga. Cara menjaga kebersihan kulit adalah dengan membilas infeksi menggunakan sabun dan air hangat sekali atau dua kali dalam sehari.

Keringkan area tersebut secara menyeluruh setelah dibilas karena kelembapan memudahkan jamur untuk menyebar. Selalu bersihkan kulit dengan cara ini sebelum menggunakan pengobatan alami lainnya.

Bawang putih

Obat kurap alami yang dapat digunakan salah satunya adalah bawang putih. Perlu diketahui, bawang memang sering digunakan untuk mengobati infeksi. Belum ada penelitian pasti mengenai efek bawang putih pada kurap, tetapi bahan alami ini sudah terbukti efektif untuk jenis jamur lain.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan, buat pasta dari siung yang sudah dihancurkan dan tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan selapis tipis pasta ke kulit yang terkena infeksi dan tutup dengan kain kasa. Biarkan hingga 2 jam lalu kemudian bilas.

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang kuat sehingga cocok digunakan sebagai obat kurap alami. Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dalam cuka sari apel murni dan usapkan pada kulit yang terkena infeksi. Lakukan tiga kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Minyak pohon teh

Penduduk asli Australia secara konvensional menggunakan minyak pohon teh sebagai antijamur dan antibakteri. Karena itu, untuk saat ini minyak pohon teh cukup populer dan efektif dalam mengobati kurap.

Oleskan minyak pohon teh langsung ke area yang terkena dua atau tiga kali dengan menggunakan kapas. Jika kamu memiliki kulit sensitif, bisa mencairkan minyak pohon teh dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa.

Minyak kelapa

Obat kurap alami lainnya yang dapat digunakan adalah minyak kelapa. Asam lemak tertentu yang ditemukan dalam minyak kelapa diketahui dapat membantu membunuh sel jamur dengan merusak membran selnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa merupakan obat yang efektif untuk orang dengan infeksi kulit ringan hingga sedang. Gunakan untuk mengobati kurap dengan mengoleskan minyak kelapa cair ke kulit yang terkena infeksi tiga kali dalam sehari.

Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antibakteri dan antiinflamasi. Karena itu, kunyit merupakan antijamur yang efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur penyebab kurap.

Untuk aplikasi topikal, campuran kunyit segar dengan sedikit air kemudian aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke kulit yang terinfeksi dan biarkan hingga kering. Biarkan pasta mengering dengan sendirinya sebelum diseka atau dibilas dengan air.

Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur, termasuk kurap. Obat kurap alami satu ini dapat membantu meredakan gejala gatal, peradangan, dan ketidaknyamanan. 

Oleskan gel dari tanaman lidah buaya pada kulit yang terkena infeksi jamur penyebab kurap sebanyak tiga atau empat kali dalam sehari. Gel ini juga memiliki sifat mendinginkan sehingga dapat meredakan gatal dan kulit yang bengkak.

Minyak oregano

Minyak esensial oregano mungkin merupakan antijamur yang lebih kuat daripada produk komersial lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano dapat menghentikan pertumbuhan jamur Candida albicans, termasuk jamur penyebab kurap.

Cara membuat obat kurap alami satu ini adalah dengan mencampurkan beberapa tetes dengan minyak pembawa, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Oleskan pada area yang terkena infeksi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca juga: Overdosis Antibiotik: Gejala dan Bahaya yang Berisiko Terjadi

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. MedicineNet (2020), diakses 10 Maret 2021. How to Get Rid of Ringworm?
  2. Healthline (2019), diakses 10 Maret 2021. Home Remedies for Ringworm
  3. Medical News Today (2020), diakses 10 Maret 2021. Are there any home remedies for ringworm?
  4. Cleveland Clinic (2019), diakses 10 Maret 2021. How to Cure Ringworm
    register-docotr