Info Sehat

Mengenal Berbagai Jenis Obat Diare, Alami Hingga Kimiawi

May 28, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mengenal obat diare secara tepat adalah langkah awal ketika kamu terserang penyakit ini. Kamu dapat mengetahui jika sedang terkena penyakit ini dengan melihat gejala seperti sering buang air besar dan cenderung berair, keram di perut hingga kembung.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, inilah berbagai obat diare yang perlu kamu ketahui.

Minum air yang cukup

Diare akan hilang dengan sendiri selama beberapa hari tanpa harus ditangani secara khusus. Jika kamu memilih langkah ini, maka yang perlu kamu lakukan adalah istirahat, minum cairan yang cukup dan perhatikan apa yang kamu makan.

Tubuh kehilangan air setiap kali kamu ke kamar mandi untuk mengeluarkan kotoran. Jika terlalu sering kehilangan cairan, maka tubuh akan dehidrasi, karena itu sangat penting untuk perbanyak minum air putih ya.

Selain air putih kamu juga bisa minum jus, kuah sup atau cairan yang mengandung elektrolit ya.

Hindari dulu konsumsi kopi, minuman berkafein, prune juice, minuman bersoda, minuman manis dan alkohol, karena minuman ini semua mempunyai efek laxatife.

Makan makanan yang rendah serat

Makanan yang direkomendasikan saat kamu terkena diare terdiri dari kandungan protein, lemak dan serat yang rendah agar mudah dicerna, makanan tipe ini sangat tepat untuk meringankan tekanan di saluran pencernaan kamu saat diare.

Tipe makanan ini ialah diet BRAT yang merupakan singkatan dari pisang nasi, saus apel dan roti panggang. Pisang adalah makanan paling penting karena membantu mengembalikan potasium yang hilang dari tubuh karena diare.

Beberapa makanan lain yang baik untuk kamu konsumsi saat diare adalah:

  • Kentang.
  • Selai kacang halus.
  • Ayam atau kalkun tanpa kulit.
  • Yoghurt.

Sedangkan makanan yang harus kamu hindari karena dapat menyebabkan diare menjadi lebih parah adalah:

  • Makanan berlemak atau digoreng.
  • Buah dan sayuran mentah.
  • Makan pedas.
  • Minuman berkafeina seperti kopi dan soda.
  • Kacang-kacangan.
  • Kol.

Obat diare dalam probiotik

Probiotik merupakan sumber dari bakteri baik yang dapat bekerja di saluran usus untuk menjadikan lingkungan usus sehat. Probiotik merupakan mikroorganisme penting dan ada di beberapa makanan seperti:

  • Keju.
  • Keju cottage.
  • Teh kombucha.
  • Sauerkraut.
  • Miso.
  • Roti dengan adonan asam (sourdough).
  • Tempe.

Bakteri baik dalam usus dibutuhkan untuk menormalkan fungsi dari sistem pencernaan kamu. Bakteri baik memainkan peranan penting dalam melindungi usus kamu dari infeksi.

Obat herbal untuk diare

Gejala diare selalu dimulai di perut. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan perut agar pencernaan berada dalam kondisi baik.

Berikut adalah beberapa obat herbal untuk kesehatan perut:

Ekstrak daun artichoke

Dalam penelitian pada 2016 lalu, beberapa kajian menunjukan adanya efektivitas yang diberikan oleh ekstrak daun artichoke dalam mengurangi pergerakan usus yang disebabkan oleh diare dan konstipasi.

Hal itu diyakini dipengaruhi oleh senyawa antispasmodik yang bernama cynaropicrin.

Chamomile

Chamomile tersedia dalam bentuk teh, cairan atau kapsul. Chamomile dikenal dapat mengurangi inflmasi dan meredakan kejang di usus.

Akan tetapi, chamomile hanya bisa meringankan diare ringan, karena untuk diare yang disebabkan oleh keracunan berat, chamomiel tidak akan memberikan dampak apapun.

Teh daun berry

Daun-daun yang bisa dipakai termasuk yang berasal dari blueberry, blackberry atau raspberry yang mengandung tanin dan dapat mengurangi inflamasi dan sekresi cairan di usus.

Obat diare kimiawi

Pada dasarnya diare tidak butuh pengobatan. Akan tetapi beberapa obat kimiawi, dapat kamu temukan di apotek untu meringankan penyakit diare.

Meskipun beberapa obat berikut ini dapat meringankan gejala dari diare tapi perlu kamu ingat jika pemakaian obat ini tidak mengobati penyebab dari diare itu sendiri.

Imodium

Obat ini untuk mengatasi diare yang tiba-tiba terjadi. Dia bekerja dengan cara melambatkan gerak usus dan membuat kotoran menjadi tidak terlalu berair.

Cara konsumsi obat diare kimiawi

Sebelum kamu mengonsumsi obat di atas, pastikan selalu kamu membaca instruksi yang tertulis di bagian label. Ini akan memberitahukan kamu berapa banyak dan kapan obat ini harus kamu konsumsi.

Ikuti langkah berikut untuk memastikan kamu mengonsumsi jumlah yang tepat:

  • Pastikan hanya mengonsumsi jumlah yang direkomendasikan di dalam label obat. Jangan berpikir semakin banyak konsumsi akan membuat kamu cepat sembuh, karena ini bisa sebabkan kamu overdosis.
  • Jika kamu mengonsumsi obat yang diresepkan, tanya pada dokter apakah tidak masalah jika kamu mengonsumsi obat antidiare yang bisa dibeli di apotek.
  • Jangan mengonsumsi lebih dari satu obat antidiare kecuali kamu memang direkomendasikan oleh dokter. Obat-obat ini mungkin memiliki komposisi yang mirip, tapi kamu bisa berujung pada kelebihan kadar obat di dalam tubuh

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

 

 

  1. Verywellhealth.com (2019) diakses 26 Mei 2020. https://www.verywellhealth.com/how-to-make-diarrhea-go-away-1324506
  2. Verywellhealth.com (2019) diakses 26 Mei 2020. https://www.verywellhealth.com/herbs-and-natural-remedies-for-ibs-1944988
  3. Webmd.com diakses 26 Mei 2020. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-11084/imodium-oral/details
  4. Webmd.com (2019) diakses 26 Mei 2020. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-diarrhea-treatment#1
    register-docotr