Info Sehat

Jangan Dipencet, Ini Obat dan Cara Alami untuk Mengatasi Bintitan di Mata!

February 9, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada berbagai obat bintitan di mata yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi kondisi yang menganggu ini. Di antaranya bahkan bisa menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Bintitan di mata dalam istilah medis disebut hordeolum. Fenomena ini muncul ketika ada bengkak di kelopak atau di pangkal bulu mata.

Penyebab bintitan di mata

Kelopak mata memiliki banyak kelenjar minyak, terutama di sekitar bulu mata. Kulit yang mati, debu atau minyak yang menumpuk dapat menyumbat lubang kelenjar ini. Saat tersumbat, bakteri bisa masuk dan menyebabkan bintitan di mata.

Pada dasarnya, kebanyakan bintitan di mata bisa hilang dengan sendirinya, dengan atau tanpa pengobatan dalam waktu 1 atau 2 minggu.

Obat bintitan di mata

Ada beberapa cara dan obat untuk mengatasi bintitan. Mulai dari cara alami hingga menggunakan obat medis. Apa saja pilihannya?

Cara alami meredakan keluhan akibat bintitan

Sebelum menggunakan obat medis, tak ada salahnya kamu coba gunakan dulu cara alami ini untuk mengatasi atau meredakan keluhan akibat bintitan di mata:

Gunakan kompres hangat

Kompres hangat merupakan cara terbaik mengatasi bintitan di mata. Suhu hangat yang dihadirkan kompres ini akan membawa nanah dari bintitan ke permukaan lalu mengeringkan nanah serta minyak di bintitan dengan alami.

Cara menyiapkannya, basahkan kain dengan air hangat dan pastikan airnya tidak terlalu panas, ya! Setelah itu peras supaya kain terasa lembap bukan basah dengan air yang masih menetes.

Tempatkan kompres tersebut di mata dengan hati-hati dalam waktu 5-10 menit. Jangan tekan atau tusuk bintitan di mata saat kamu tengah mengompresnya. Lakukan langkah ini selama tiga hingga 4 kali sehari.

Bersihkan bintitan secara rutin

Ketika bintitan, sangat penting untuk menjaga area yang bengkak tetap bersih. Pasalnya, bintitan ini menular, artinya kondisi ini bisa melebar atau berpindah ke orang ketika bakterinya ikut berpindah.

Bakteri yang menyebabkan bintitan pun bisa membuat infeksinya lebih parah dan memperlambat proses penyembuhan.

Oleh karena itu, bersihkan kelopak mata dengan sabun yang lembut atau sampo bayi yang tidak pedih di mata lalu dicampurkan dengan air hangat. Gunakan kapas usap atau kain yang bersih untuk membersihkan kelopak mata kamu.

Selain itu, lakukan kiat berikut untuk mencegah bakteri menyebar:

  • Hindari pemakaian bersama produk perawatan mata, termasuk tetes mata dan make up
  • Jangan pencet atau pecahkan bintitan
  • Hindari menggosok atau menyentuh mata, kecuali untuk mengaplikasikan obat atau kompres
  • Cuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah menyentuh mata untuk mengaplikasikan obat atau kompres
  • Cuci mata dengan lembut apabila kotoran atau debu masuk ke bawah kelopak mata
  • Hindari pemakaian lensa kontak setidaknya sampai bintitan sembuh

Gunakan kantung teh hangat

Selain kain yang diberikan air hangat untuk kompres, kamu pun bisa memakai kantung teh yang hangat. Teh yang bisa kamu pilih adalah teh hitam karena jenis ini bisa menurunkan pembengkakan dan memiliki kandungan antibakteri.

Masukkan kantung teh ke dalam air hangat seperti biasanya kalau kamu ingin membuat segelas teh. Biarkan air meresap ke dalam kantung teh selama satu menit.

Tunggulah sampai suhunya sudah memungkinkan untuk kamu aplikasikan di mata. Lalu diamkan meresap di mata selama 5-10 menit. Jika bintitan terjadi di kedua mata, gunakan kantung teh yang berbeda untuk setiap mata.

Obat bintitan di mata yang bisa dibeli di apotek

Beberapa obat di apotek ada yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan di mata ini. Obat antiinflamasi seperti ibuprofen dan sejenisnya bisa mengurangi inflamasi serta sensasi terbakar dan bengkak yang timbul karena bintitan.

Selain itu, ada juga salep antibiotik atau tetes mata untuk meredakan nyeri karena bintitan yang bisa kamu dapatkan di apotek.

Demikianlah berbagai obat bintitan di mata yang bisa kamu temukan di rumah ataupun di apotek. Jika kondisi bintitan tak kunjung sembuh dan justru semakin parah, jangan tunda segera cek ke dokter, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 06 Februari 2021. How to Get Rid of a Stye: 8 Home Remedies and Treatments
  2. MedicalNewsToday, diakses 06 Februari 2021. 7 ways to treat or get rid of a stye
    register-docotr