Info Sehat

Varises Bikin Tidak Nyaman? Ini Ragam Pilihan Pengobatannya

March 31, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Varises adalah suatu kondisi yang bisa menimbulkan beberapa gejala dan tidak boleh disepelekan. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kaki. Cara menghilangkan varises di kaki pun sangat beragam, mulai dari pengobatan alami hingga medis.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghilangkan varises di kaki, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Varises

Sekilas mengenai varises

Varises adalah pembengkakan dan pembesaran pada vena (pembuluh darah). Kondisi ini lebih banyak terjadi pada tungkai dan kaki. Varises ditandai dengan pembuluh darah yang tampak menonjol yang berwarna ungu tua atau kebiruan.

Varises dapat berkembang ketika katup kecil di dalam vena behenti bekerja dengan baik. Pada vena yang sehat, darah dapat mengalir dengan lancar ke jantung. Darah tersebut dicegah untuk mengalir mundur oleh beberapa serangkaian katup kecil.

Nah, jika katup melemah atau bahkan rusak, darah dapat mengalir mundur kembali dan terkumpul di vena. Akibatnya, ini menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pada vena atau kondisi yang dikenal sebagai varises.

Cara alami menghilangkan varises di kaki

Terdapat beberapa cara alami untuk menangani varises di kaki dan meredakan gejala yang dialami, di antaranya adalah:

1. Olahraga teratur

Cara pertama untuk menghilangkan varises di kaki yakni berolahraga secara teratur. Sebab, beolahraga dapat mendorong sirkulasi darah yang lebih baik pada kaki. Berenang, jalan sehat, bersepeda, serta yoga adalah olahraga yang dapat membantu otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan.

2. Menghilangkan varises di kaki dengan stoking kompresi

Mengenakan stoking kompresi juga dapat membantu. Stoking kompresi dapat memberikan tekanan pada kaki, sehingga membantu pembuluh darah dan otot kaki mengalirkan darah dengan lebih efisien.

3. Mengadopsi pola makan sehat

Makanan dengan kandungan natrium yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menahan air. Untuk meminimalkan retensi air sebaiknya batasilah konsumsi makanan yang tinggi kandungan natrium.

Retensi air sendiri terjadi ketika kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh. Tak hanya itu, makanan dengan kandungan kalium atau potasium yang tinggi juga dapat membantu mengurangi retensi air.

Adapun beberapa makanan tinggi akan kandungan potasium di antaranya adalah almond, kentang, lentil, sayuran berdaun, dan beberapa ikan (salmon dan tuna).

Makanan dengan kandungan serat dapat membantu mencegah sembelit. Sebab, mengejan dapat memperburuk kondisi katup yang rusak. Kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, oat, gandum, hingga whole-grain foods tinggi akan kandungan serat.

4. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan flavonoid

Konsumsi makanan yang mengandung flavonoid dapat membantu memperbaiki tampilan varises. Sebab, flavonoid dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga darah dapat mengalir dengan baik dan memperkecil kemungkinan penumpukan darah pada pembuluh darah.

Beberapa makanan dengan kandungan flavonoid dapat meliputi, sayuran (seperti bayam dan brokoli), buah sitrus, anggur, apel, blueberry, serta biji cokelat.

5.  Hindari duduk terlalu lama

Cara menghilangkan varises di kaki selanjutnya adalah dengan bergerak aktif. Sebaiknya, hindarilah duduk dalam waktu yang lama. Apabila kamu harus duduk dalam waktu yang lama, kamu dapat mengubah posisi duduk agar darah tetap mengalir dengan lancar.

Sebagai tambahan, hindarilah juga duduk dengan menyilangkan kaki. Sebab, hal ini dapat semakin membatasi aliran darah ke tungkai dan kaki.

Baca juga: Diklaim Ampuh Atasi Varises, Kenali Fakta-fakta Soal VenaSeal Berikut Ini!

Cara menghilangkan varises di kaki dengan perawatan medis

Jika perawatan alami tidak dapat menangani varises atau menyebabkan ketidaknyamanan, terdapat beberapa perawatan medis yang dapat membantu menghilangkan varises di kaki.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa pilihan perawatannya.

1. Skleroterapi

Prosedur ini dilakukan dengan cara menyuntikkan varises berukuran kecil atau sedang dengan larutan yang dapat mengecilkan pembuluh darah. Dalam beberapa minggu, varises yang diobati akan memudar.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, prosedur ini harus dilakukan berulang kali. Prosedur ini tidak memerlukan anestesi.

2. Perawatan laser

Prosedur ini juga sebagai cara yang dapat membantu menghilangkan varises di kaki. Perawatan laser bertujuan untuk memudarkan dan menghilangkan varises serta spider vein yang berukuran kecil.

Prosedur ini bekerja dengan mengirimkan pancaran sinar yang kuat ke pembuluh darah, yang mana secara perlahan pembuluh darah nantinya akan memudar dan menghilang.

3. Prosedur kateter dengan energi laser

Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukan tabung tipis atau kateter ke dalam vena yang membesar, kemudian ujung kateter akan dipanaskan dengan menggunakan radiofrequency atau energi laser.

Prosedur ini merupakan pilihan pengobatan untuk menghilangkan varises yang berukuran lebih besar.

4. Operasi endoskopi vena

Endoskopi vena adalah pilihan pengobatan pada kasus varises parah atau jika pilihan perawatan lain tidak berhasil.

Pada prosedur ini, dokter akan membuat sayatan kecil, kemudian kamera video tipis akan dimasukkan ke dalam kaki untuk memvisualisasikan varises. Selanjutnya, dokter akan menutup dan mengangkat vena yang terkena varises.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan varises di kaki. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic (2021). Diakses pada 25 Maret 2021. Varicose veins 

Medical News Today (2020). Diakses pada 25 Maret 2021. Home remedies for varicose veins 

NHS (2020). Diakses pada 25 Maret 2021. Varicose veins

    register-docotr