Info Sehat

Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mentimun, Bagaimana Caranya?

February 6, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bau ketiak dapat menurunkan kepercayaan diri. Nah, dari sekian banyaknya cara untuk menghilangkan bau ketiak, mentimun disebut-sebut sebagai bahan alami yang bisa membantu menangani kondisi ini. Akan tetapi, benarkah efektif dilakukan?

Agar kamu mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat mentimun untuk menghilangkan bau ketiak. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Deodoran Sampai Botox, 9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Menyengat

Apa penyebab bau ketiak?

Tubuh memiliki kelenjar keringat yang memiliki peranan penting, yakni menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Ada dua jenis kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin.

Kelenjar ekrin terdapat di sebagian besar tubuh. Sementara itu, kelenjar apokrin terdapat di area yang banyak mengandung folikel rambut, misalnya saja ketiak.

Ketika suhu tubuh meningkat, kelenjar ekrin melepaskan keringat yang membantu untuk mendinginkan suhu tubuh.

Biasanya, keringat yang dihasilkan tidak berbau, sampai bakteri pada kulit mulai memecah keringat. Di sisi lain, kelenjar apokrin bekerja terutama di bawah tekanan, mengeluarkan cairan yang tidak berbau.

Akan tetapi, cairan dari kelenjar apokrin tersebut dapat mengeluarkan bau ketika bersentuhan dengan bakteri di kulit.

Apakah benar mentimun bisa menghilangkan bau ketiak?

Perlu kamu ketahui bahwa mentimun memiliki banyak sekali manfaat, dari mulai dapat membantu menjaga hidrasi tubuh hingga dapat membantu menurunkan berat badan.  

Selain manfaat tersebut, salah satu manfaat lain dari mentimun adalah dapat membantu menghilangkan bau ketiak. Perlu kamu tahu bahwa mentimun memiliki beberapa kandungan nutrisi, ini termasuk:

  • Protein
  • Serat
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Magnesium
  • Potasium
  • Mangan

Melansir laman The Healthy, mineral magnesium dapat membantu untuk menghilangkan bau badan. Ini dapat menjadikan magnesium sebagai deodoran alami.

Meskipun demikian, masih belum banyak penelitian yang menunjukkan efektivitas mentimun untuk membantu menghilangkan bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan mentimun

Untuk menghilangkan bau ketiak dengan mentimun caranya cukup mudah, kamu bisa menjadikan mentimun sebagai jus atau masker. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau ketiak dengan mentimun.

1. Jus mentimun

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Mentimun juga memiliki sifat astringen yang dapat membantu mencegah bau badan serta keringat berlebih.

Bahan-bahan:

  • Satu buah mentimun

Cara membuat:

  • Cuci mentimun hingga bersih
  • Masukan mentimun ke dalam blender, kemudian haluskan
  • Oleskan jus mentimun pada ketiak, kamu juga bisa mengoleskan jus mentimun menggunakan kapas
  • Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas
  • Pilihan lainnya: Sebelum mengoleskan jus mentimun pada ketiak, kamu dapat menyimpan jus mentimun terlebih dahulu di dalam kulkas selama 30 menit

2. Masker mentimun

Kedua, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau ketiak dengan mentimun yakni membuat masker mentimun. Cara yang satu ini mudah untuk dilakukan, lho.

Bahan-bahan:

  • Satu buah mentimun

Cara membuat:

  • Cuci mentimun hingga bersih, kemudian iris tipis
  • Selanjutnya, tempelkan mentimun pada ketiak
  • Diamkan hingga beberapa menit atau jam
  • Kemudian bilas menggunakan air bersih

Baca juga: Bau Badan Sering Bikin Gak Percaya Diri? Ternyata Ini Lho Penyebabnya!

Cara lain untuk menghilangkan bau ketiak

Menghilangkan bau ketiak juga bisa dilakukan dengan cara lain. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan bau badan atau bau ketiak seperti yang telah dirangkum dari Web MD.

1. Menggunakan sabun antibakteri

Sabun antibakteri dapat membantu untuk menghilangkan beberapa bakteri, termasuk bakteri penyebab bau badan. Pada gilirannya, ini dapat membantu untuk menghilangkan bau badan atau ketiak.

2. Menjaga kebersihan diri

Mandi dapat membantu menghilangkan keringat serta beberapa bakteri pada kulit. Mandi juga perlu dilakukan setelah kamu berolahraga.

Pada dasarnya, keringat tidak berbau. Tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, bakteri dapat berkembang biak sehingga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Setelah mandi, kamu juga perlu untuk mengeringkan tubuh menggunakan handuk dengan benar. Sebab, bakteri penyebab bau badan akan lebih sulit untuk berkembang biak pada kulit yang kering.

3. Menggunakan antiperspiran

Kamu juga dapat menggunakan antiperspiran untuk menghilangkan bau badan dan ketiak. Kamu dapat menggunakan antiperspiran pada pagi atau malam hari.

4. Menjaga kebersihan pakaian

Ketika kamu banyak berkeringat, sebaiknya gantilah menggunakan pakaian bersih.

Di sisi lain, pada saat kamu banyak berkeringat, kamu juga dapat menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan dasar katun atau linen. Sebab, pakaian berbahan dasar tersebut dapat membantu menjaga suhu tubuh.

5. Batasi konsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu

Selanjutnya sebagai cara untuk menghilangkan bau badan, kamu juga perlu untuk mengurangi konsumsi beberapa makanan dan minuman.

Batasilah konsumsi makanan yang bisa membuatmu banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, serta makanan dengan kandungan bawang.

Tak hanya itu, kamu juga harus mengurangi konsumsi minuman berkafein atau alkohol. Sebab, kedua minuman tersebut dapat membuatmu lebih banyak berkeringat.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai mentimun sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 05 Februari 2021. Why Do I Have Smelly Armpits? 

Healthline (2019). Diakses pada 05 Februari 2021. Do Armpit Detoxes Work?

Healthline (2017). Diakses pada 05 Februari 2021. 7 Health Benefits of Eating Cucumber 

Megan Ann Blog. Diakses pada 05 Februari 2021. 11 Easy Things You Can Do Today To Get Rid Of Bad Body Odor Fast And Naturally 

The Healthy (2021). Diakses pada 05 Februari 2021. 14 Body Odors You Should Never Ignore 

Webmd (2020). Diakses pada 05 Februari 2021. 6 Tips for Reducing Body Odor 

    register-docotr