Info Sehat

Mengenal Manfaat Essential Oil dari Tiap Jenisnya, Salah Satunya Bikin Rileks

September 18, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Tahukah kamu ketika kita mencium aroma wewangian tertentu tubuh kita dapat menjadi rileks? Ini merupakan salah satu manfaat yang dimiliki oleh essential oil atau minyak esensial. Namun, di balik itu semua, ternyata essential oil menyimpan segudang manfaat lainnya lho!

Essential oil adalah senyawa yang diekstrak dari tumbuhan. Setiap aroma yang dimiliki oleh essential oil atau minyak esensial memberikan karakteristik pada setiap jenisnya.

Jika kamu ingin mencoba menggunakan essential oil tetapi bingung ingin menggunakan aroma apa, tak perlu khawatir, yuk, simak ulasan mengenai jenis essential oil dan manfaatnya di bawah ini.

Baca juga: Berbagai Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Lalu, apa saja manfaat dari essential oil?

Penggunaan essential oil kini makin populer. Tak hanya dapat digunakan sebagai wewangian saja, essential oil juga memiliki banyak sekali manfaat lho, terutama manfaat bagi kesehatan tubuh.  

Cara paling umum untuk menggunakan essential oil ini adalah dengan menghirupnya, baik langsung dari botol atau menggunakan diffuser.

Essential oil tak hanya dapat digunakan dengan cara dihirup saja, kamu juga dapat mengoleskannya langsung ke kulit, atau kamu juga dapat berkreasi dengan menambahkan campuran essential oil ke dalam sabun atau sampo.

Ada lebih dari 90 jenis essential oil, masing-masing jenisnya memiliki aroma yang unik dan memiliki manfaatnya tersendiri. Meskipun demikian, terdapat beberapa jenis essential oil yang paling banyak digunakan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis essential oil yang paling populer beserta dengan manfaat yang dimilikinya.

Lavender

Lavender merupakan essential oil yang paling populer. Aroma bunga yang lembut dapat membantumu untuk rileks. Menghirup aroma lavender juga dapat membantu meringankan sakit kepala.

Penggunaan essential oil lavender dengan cara dioleskan dapat membantu mengurangi rasa gatal dan bengkak akibat gigitan serangga.

Roman chamomile

Memiliki kombinasi aroma bunga dan herbal, minyak ini dapat membantu menenangkan pikiran ketika digunakan dengan cara dihirup melalui uap. Essential oil jenis ini juga memiliki manfaat untuk kulit lho, yakni dapat membantu mengobati kondisi peradangan dan eksim.

Rose (mawar)

Ketika dihirup, essential oil bunga mawar memiliki aroma yang manis, ini dapat membantu untuk mengurangi kecemasan.

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh bunga mawar juga dapat membantu mengobati jerawat dan memperbaiki warna kulit. Tak ketinggalan, essential oil bunga mawar juga dapat meningkatkan mood lho!

Vetiver (akar wangi)

Aroma akar wangi yang harum dan manis seringkali digunakan dalam aromaterapi. Ini memiliki manfaat untuk meningkatkan mood secara keseluruhan dan menenangkan saraf. Manfaat antioksidannya juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit serta menyembuhkan bekas luka.

Cedarwood (kayu cedar)

Essential oil kayu cedar memiliki aroma kayu alami. Kayu cedar sendiri juga digunakan untuk sejumlah perawatan kecantikan topikal. Manfaat dari essential oil jenis ini di antaranya adalah dapat melawan jerawat, mengobati eksim, serta mengurangi ketombe.

Tak hanya itu, manfaat kesehatan lain dari minyak kayu cedar yakni dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan meredakan batuk.

Peppermint

Ketika kamu menghirup aroma herbal mint dari minyak ini, beberapa bukti telah menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu meredakan gejala IBS (gangguan usus besar). Selain itu, minyak jenis ini juga dapat membantu meningkatkan energi dan membantu pencernaan.

Ketika dioleskan pada kulit, minyak esensial peppermint memberikan sensasi dingin. Hal ini dapat membantu mengatasi beberapa kondisi seperti nyeri otot, meredakan luka bakar akibat sinar matahari, serta kulit gatal akibat gigitan serangga.

Produk perawatan alami untuk kondisi pernapasan seringkali mengandung minyak peppermint. Maka tak heran, jika minyak ini juga dapat membantu meredakan pernapasan pada penderita batuk.

Tea tree (pohon teh)

Selain memiliki aroma yang menyegarkan, minyak tea tree juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho, yakni dapat digunakan untuk melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Di samping itu, minyak jenis ini juga dapat membantu untuk melawan jerawat. Hmm, maka tak heran ya, jika banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil.

Jeruk

Minyak esensial jeruk dikemas penuh dengan vitamin C. Minyak ini seringkali ditemukan dalam berbagai produk kecantikan.

Jika kamu menggunakan produk ini dengan mengoleskannya ke kulit, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti membuat kulit tampak lebih cerah, halus, serta lebih bersih.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 17 September 2020. How to Use Essential Oils 

Healthline (2019). Diakses pada 17 September 2020. What Are Essential Oils, and Do They Work? 

Healthline (2017). Diakses pada 17 September 2020. 14 Everyday Uses for Tea Tree Oil 

Healthline (2018). Diakses pada 17 September 2020. Essential Oils 101: Finding the Right One for You 

NIH (2016). Diakses pada 17 September 2020. Peppermint Oil 

Pathways to Smartcare (2019). Diakses pada 17 September 2020. Essential Oils for Respiratory Health 

    Berita Terkait
    register-docotr