Kesehatan Wanita

Haid Terjadi Terus-menerus? Berikut Cara Menghentikannya

September 18, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasikan kesehatan kehamilanmu dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Pernah mengalami haid yang berlangsung dalam waktu yang lama? Rata-rata haid berlangsung selama 7 hari. Tapi bagaimana jika lebih dari satu minggu atau lebih lama? Bingung dan mulai mencari tahu cara menghentikan haid terus menerus?

Yap, kamu memang perlu menghentikan haid yang berlangsung lebih lama. Karena haid yang berlangsung lebih panjang dari satu minggu, bisa menjadi gejala kondisi medis lainnya. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai penyebab hingga cara menghentikan haid terus menerus berikut ini.

Baca Juga: Diet Vegan Mentah Bisa Sebabkan Gangguan Menstruasi? Simak Penjelasannya Ladies!

Apa yang menyebabkan haid terus menerus?

Dalam dunia medis, haid yang berlangsung lebih dari satu minggu dan atau dengan perdarahan berat disebut dengan istilah menorrhagia. Kondisi menorrhagia sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Dua yang paling umum adalah ketidakseimbangan hormon di masa pubertas dan masalah hormonal pada wanita yang mendekati waktu menopause.

Selain dua hal tersebut, haid yang lebih lama dari biasanya juga mungkin disebabkan oleh:

  • Penggunaan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi tertentu dapat memengaruhi durasi haid, karena berkaitan dengan pengelolaan hormon wanita. Setiap tubuh wanita memiliki respons yang berbeda-beda pada setiap alat kontrasepsi.
  • Penggunaan obat. Obat-obatan tertentu seperti antiradang, atau obat yang memengaruhi hormon juga dapat memberi efek pada durasi haid.

Selain yang sudah disebutkan, haid yang berlangsung terus menerus juga bisa menjadi tanda adanya kondisi medis lainnya seperti:

  • Endometriosis. Yaitu tumbuhnya jaringan di bagian rahim, yang bisa menyebabkan sakit dan haid lebih banyak dari yang seharusnya.
  • Ciri-ciri kanker. Bisa berupa kanker serviks, ovarium atau rahim.
  • Tumor non-kanker.
  • Polip, atau jaringan tumbuh di lapisan rahim, yang disebut juga fibroid.
  • Kehamilan ektopik. Jika mengalami haid dengan perdarahan hebat dan berlangsung lebih lama, bisa menjadi tanda sel telur yang telah dibuahi berada di luar rahim, atau yang disebut hamil ektopik.

Bagaimana cara menghentikan haid terus menerus?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tergantung dari penyebab terjadinya haid terus menerus. Namun secara umum ada tiga pilihan yang bisa dilakukan. Yaitu, menggunakan obat-obatan, tindakan medis dan juga melakukan pengobatan alami.

Cara menghentikan haid terus menerus dengan obat

Beberapa obat yang umum digunakan untuk menghentikan haid terus menerus, yaitu:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs). Contoh dari obat ini seperti ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi nyeri.
  • Suplemen zat besi. Untuk mengatasi anemia akibat kekurangan darah
  • Suntikan hormon. Ini akan diberikan oleh dokter, jika penyebab haid berkepanjangan adalah ketidakseimbangan hormon.
  • Kontrasepsi. Dokter mungkin akan memberikan resep kontrasepsi berbentuk obat minum, untuk membantu menghentikan haid.

Tindakan medis

Tindakan medis ini hanya bisa dilakukan setelah pasien mendapatkan diagnosis dari dokter. Beberapa yang umum dilakukan antara lain:

D&C

D&C adalah kependekan dari dilatasi dan kuretase. Yaitu prosedur untuk mengikis jaringan lapisan rahim. Ini akan dilakukan jika haid terjadi dalam waktu yang panjang dan disertai dengan perdarahan yang hebat.

Ablasi endometrium

Tindakan medis ini berupa penghancuran lapisan rahim untuk menghentikan aliran darah haid. Namun tindakan ini baru akan direkomendasikan untuk wanita yang tidak berhasil menghentikan haid meski telah menggunakan obat-obatan yang sudah diresepkan sebelumnya.

Reseksi endometrium

Tindakan ini dapat mengurangi peluang kehamilan. Jika kamu berencana memiliki anak, kamu perlu memilih cara menghentikan haid terus menerus lainnya. Karena tindakan medis ini bekerja dengan cara menghilangkan lapisan rahim yang signifikan.

Histerektomi

Tindakan medis lainnya yaitu operasi histerektomi, berupa pengangkatan rahim dan leher rahim. Dalam kondisi tertentu, dokter juga mungkin melakukan pengangkatan ovarium.

Tindakan ini akan membuat wanita tidak bisa memiliki anak. Pasien juga akan mengalami menopause setelahnya. Histerektomi biasanya dilakukan pada pasien yang mengidap kanker atau fibroid. Atau untuk mengatasi endometriosis yang sudah tidak bisa diatasi dengan pengobatan lainnya.

Baca Juga: Mengatasi Pendarahan Menstruasi dengan Obat Asam Traneksamat

Pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah

Dilansir dari Medical News Today, beberapa orang meyakini beberapa pilihan berikut dapat membantu meringankan haid dan membantu menghentikan haid berkepanjangan.

  • Orgasme. Orgasme dipercaya dapat memicu kontraksi di dalam rahim sehingga mengeluarkan lapisan yang membuat haid terus menerus.
  • Minum banyak air
  • Berolahraga secara teratur
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang.

Sayangnya belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung cara menghentikan haid terus menerus tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara menghentikan haid terus menerus. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya konsultasikan pada dokter, agar mendapat pengobatan yang tepat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline diakses 15 September 2020 What Causes Menstrual Irregularity?
  2. Medical News Today diakses 15 September 2020 Causes and treatments for a period that won’t stop 
  3. Cleveland Clinic diakses 15 September 2020 Why Is My Period Lasting So Long?
  4. Everydayhealth diakses 15 September 2020 Is Having Long Menstrual Bleeding Cause for Concern? 
    register-docotr