Info Sehat

Menarik, Ini Pelajaran Hidup dari 5 Drama Korea tentang Kehidupan Tenaga Medis

October 26, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Ario Wahyu Pamungkas
feature image

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa dunia kesehatan hanya bisa dikaitkan dengan kesan serius seperti operasi, atau obat-obatan.

Padahal ada banyak hal menarik lain yang bisa kamu ambil dari bidang yang satu ini. Salah satunya adalah pelajaran hidup berharga dari beberapa drama korea berlatar belakang kehidupan rumah sakit, termasuk kisah-kisah keseharian tenaga medisnya berikut.

Baca juga: Air Kelapa Disebut-sebut Bisa Mengobati COVID-19, Cek Dulu Faktanya!

1. Hospital Playlist

Ada banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari drama ini. Salah satunya adalah jangan takut untuk memperjuangkan apa yang kamu yakini.

Pelajaran ini datang ketika keyakinan Heo Seon Bin sebagai seorang dokter diuji di Musim 2 Episode 4. Pada episode tersebut, Seon Bin yang baru saja selesai melakukan operasi, ditugaskan untuk memantau keadaan pasien bersama dengan rekannya.

Ketika kondisi pasien tersebut terus memburuk, Seon Bin sadar bahwa itu adalah situasi mendesak. Meski rekannya terus meyakinkan untuk tenang, namun Seon Bin tetap bersikukuh memanggil profesornya untuk melakukan operasi.

Hasilnya sang pasien pun berhasil diselamatkan dengan baik. Ini mengajarkan bahwa kita harus berani memperjuangkan keyakinan yang kita miliki. Sebaliknya, keragu-raguan pada akhirnya dapat menyebabkan penyesalan.

2. Doctor Prisoner

Doctor Prisoner menceritakan kisah tentang seorang ahli bedah yang sangat berbakat, bernama Na Yi Je. Sayangnya ia harus berhenti berkarir dan bahkan masuk penjara karena dituduh melakukan malpraktek.

Cerita menjadi semakin menarik, karena Yi Je berambisi untuk bangkit dan menjadi direktur di rumah sakit penjara tersebut. Hal ini dilakukannya demi membalas dendam pada orang-orang yang telah mencelakainya.

Drama ini mengajarkan kita untuk tidak berlarut-larut dalam kegagalan. Meskipun Yi Je mengalami kekecewaan karena masuk penjara atas kesalahan yang tidak ia lakukan. Ia tetap bangkit dan bersaing dengan dokter lain untuk menjadi direktur rumah sakit penjara tersebut.

3. Doctor Romantic

Inti cerita dari drama ini adalah tentang orang-orang yang bertemu Kim Sa Bu, seorang dokter jenius yang memiliki karir cemerlang sebagai ahli bedah.

Suatu hari terjadi satu hal yang membuat Kim harus meninggalkan rumah sakit tempat ia berkarir, dan beralih menjadi dokter di sebuah rumah sakit di pedesaan. Kejadian ini rupanya mengarahkan hidup Kim ke dalam berbagai konflik cukup rumit.

Kamu bisa belajar banyak dari serial yang satu ini. Misalnya ketika Kim berkata bahwa hanya ada satu hal yang ia pedulikan, dan itu adalah bagaimana ia bisa menyelamatkan pasien.

Dari situ kamu bisa memahami bahwa jika profesi yang kamu miliki berkaitan dengan melayani orang lain, maka kamu harus memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. Lakukanlah tugasmu dengan sebaik mungkin, seperti yang dilakukan oleh para dokter di dalam drama ini.

4. Life

Berlatar belakang perebutan kekuasaan di sebuah rumah sakit. Karakter utama dari drama ini adalah Ye Jin-Woo yang bekerja sebagai dokter di pusat medis darurat di Rumah Sakit Universitas Sangkook.

Jin Woo dikenal sebagai sosok yang hangat dan berkarisma, sampai insiden kematian direktur rumah sakit tempat ia bekerja mengubahnya menjadi pribadi yang sangat berbeda.

Drama ini mengajarkan bahwa idealisme adalah hal yang patut diperjuangkan. Ini digambarkan Jin Woo yang tetap berjuang mempertahankan prinsipnya, saat ia harus menghadapi berbagai intrik demi meraih posisi utama di rumah sakit tersebut.

Itulah beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari beberapa drama korea yang bercerita tentang kehidupan tenaga medis. Semoga bisa membantu kamu menjadi sosok yang lebih baik, ya.

5. Doctor Stranger

Alkisah Park Hoon adalah seorang anak yang waktu kecil diculik ke Korea Utara. Setelah melalui perjalanan hidup yang cukup keras, ia berhasil tumbuh menjadi dokter ahli bedah yang jenius.

Singkat cerita ia kemudian melarikan diri ke Korea Selatan dan bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Universitas Myungwoo. Di situ Park Hoon tak hanya mengalami konflik seputar bagaimana ia menangani pasien, tapi juga soal jati dirinya yang merasa asing di tengah lingkungan kerjanya.

Meski Doctor Stranger merupakan drama medis, namun drama ini tetap menyajikan berbagai pesan moral di luar kehidupan tentang rumah sakit.

Di antara pesan-pesan tersebut adalah soal kedermawanan. Hal ini terlihat dari salah satu episode di mana Park Hoon tetap bersedia membantu pasien meski mereka tak punya uang untuk membayarnya.

Baca Juga: Viral Kasus Aktor Korea ‘K’, Ini Efek Berbahaya Aborsi pada Kesehatan Fisik dan Mental

Konsultasikan masalah kesehatan Moms dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Campusneisa diakses pada 26 Oktober 2021

Channel Korea diakses pada 26 Oktober 2021

Asian wiki diakses pada 26 Oktober 2021

IMDB diakses pada 26 Oktober 2021

Dr Romantic1 diakses pada 26 Oktober 2021

Zula.sg diakses pada 26 Oktober 2021

 

 

    register-docotr