Info Sehat

Kenali Kondisi Mata Juling: Bisakah Disembuhkan?

May 12, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mata juling bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai strabismus. Kondisi ini dapat terjadi sejak masa kanak-kanak, namun juga bisa terjadi pada saat dewasa. Lalu, mata juling bisakah disembuhkan? Untuk mengetahui jawabannya simak di sini.

Baca juga: Tidak Boleh Diabaikan, Ini Ciri-ciri Mata Plus yang Penting untuk Dikenali!

Mata juling bisakah disembuhkan, ketahui dulu penyebabnya

Mata juling adalah suatu kondisi ketika posisi mata tidak sejajar satu sama lain, sehingga mata fokus pada objek yang berbeda. Kondisi ini lebih memengaruhi anak-anak, akan tetapi ini juga bisa terjadi di kemudian hari.

Pada anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa, mata juling bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Pada kondisi mata yang normal, enam otot yang mengontrol gerakan mata bekerja sama dan mengarahkan kedua mata ke arah yang sama.

Mata juling dapat disebabkan oleh gangguan pada otot mata, saraf yang mengirimkan informasi ke otot, atau pusat kendali di otak yang berfungsi mengarahkan gerakan mata. Di sisi lain, ini juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu atau cedera pada mata.

Kondisi medis terkait dengan strabismus

Kondisi medis tertentu juga dikaitkan dengan mata juling. Faktor risiko dari mata juling pada anak-anak dan orang dewasa berbeda. Beberapa kondisi medis yang bisa meningkatkan risiko mata juling pada anak-anak di antaranya adalah:

  • Sindrom apert
  • Rubella kongenital
  • Cerebral palsy
  • Cedera pada otak
  • Retinoblastoma atau kanker mata pada anak
  • Retinopati prematuritas

Sedangkan, mata juling yang terjadi pada saat dewasa bisa disebabkan oleh:

  • Diabetes
  • Botulism
  • Cedera otak traumatik
  • Stroke
  • Cedera yang terjadi pada mata
  • Sindrom Guillain-Barré

Riwayat keluarga, rabun dekat pada anak-anak, serta kondisi medis lain yang memengaruhi penglihatan merupakan faktor lainnya dari kondisi ini.

Jenis mata juling

Terdapat 4 katergori mata juling berdasarkan pegerseran mata, di antaranya adalah:

  • Esotropia: Bola mata yang bergeser ke arah dalam
  • Eksotropia: Bola mata yang bergeser ke arah luar
  • Hipertropia: Bola mata yang bergeser ke atas
  • Hipotropia: Bola mata yang bergeser ke bawah

Baca juga: Mata Juling Pada Bayi: Pahami Penyebab dan Perawatan Tepat yang Perlu Dilakukan

Mata juling bisakah disembuhkan?

Mata juling bisakah disembuhkan? Jawabannya adalah ya, kondisi ini bisa disembuhkan. Bahkan, diagnosis dan pengobatan dini penting untuk dilakukan untuk mencegah gangguan pada penglihatan.

Menurut Cleveland Clinic, jika terdeteksi dan diobati sejak dini, biasanya ini dapat membuat penglihatan menjadi lebih baik. Perlu kamu ketahui terdapat beberapa jenis pengobatan untuk menangani kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa pilihan pengobatan untuk menangani mata juling.

1. Kacamata atau lensa kontak

Penggunaan kacamata atau lensa kontak dapat membantu penderita kondisi ini untuk fokus saat melihat objek. Dengan lensa korektif, mata membutuhkan lebih sedikit upaya untuk pemfokusan, sehingga mata dapat menatap objek secara lebih fokus.

2. Lensa prisma

Ini merupakan lensa khusus yang bekerja dengan cara mengubah cahaya yang masuk ke dalam mata serta membantu mengurangi beban penglihatan pada mata, sehingga frekuensi untuk tetap fokus melihat objek dapat meningkat.

3. Obat tertentu

Pemberian obat melalui suntikan dapat membantu merilekskan otot mata. Tak hanya itu, obat juga tersedia dalam bentuk tetes mata.

3. Terapi penglihatan

Terapi penglihatan bertujuan untuk  meningkatkan koordinasi dan fokus mata. Dikutip dari laman American Optometric Association, terapi ini dapat membantu menangani masalah gerakan mata, fokus mata, dan membuat koordinasi mata dan otak lebih baik.

4. Olahraga mata

Olahraga mata merupakan alternatif lain untuk membantu menangani jenis strabismus tertentu. Namun, yang perlu diingat adalah, terapi olahraga mata tidak bisa menggantikan pengobatan medis yang harus dijalani oleh seseorang dengan kondisi ini.

5. Operasi mata

Selanjutnya, mata juling bisakah disembuhkan juga dengan operasi. Operasi dapat membantu mengubah posisi otot mata, sehingga posisi mata dapat sejajar. Pada beberapa kasus, seseorang yang menjalani operasi mata juga memerlukan terapi penglihatan untuk meningkatkan koordinasi mata.

Sementara itu, jika  mata juling disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, pilihan pengobatan lainnya untuk menangani penyebab mendasar tersebut perlu dilakukan.

Itulah beberapa informasi menganai mata juling bisakah disembuhkan atau tidak serta pilihan pengobatannya. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kondisi ini atau kesehatan mata lainnya, jangan ragu untuk berkonsulasi dengan dokter, ya.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Cleveland Clinic (2019). Diakses pada 04 April 2021. Strabismus (Crossed Eyes) 

Healthline (2019). Diakses pada 04 April 2021. Everything You Need to Know About Crossed Eyes 

Medline Plus (2020). Diakses pada 04 April 2021. Strabismus 

American optometric Association Strabismus (crossed eyes). Diakses pada 04 April 2021. Strabismus (crossed eyes) 

 

    register-docotr