Info Sehat

Mata Ikan di Tangan: Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

March 13, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mata ikan di tangan bisa muncul dan sering kali menyebabkan ketidaknyamanan. Kondisi ini akan ditandai dengan tonjolan bulat dengan inti tengah yang keras dan terkadang dapat mengakibatkan nyeri.

Banyak yang mencari cara untuk menyembuhkan mata ikan, mulai dengan obat maupun secara alami. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mata ikan di tangan yuk simak penjelasan berikut!

Baca juga: Pertolongan Pertama untuk Gula Darah Rendah yang Perlu Diketahui

Apa penyebab mata ikan di tangan?

Dilansir Healthline, mata ikan adalah penebalan lapisan luar kulit di area yang sering mengalami gesekan. Meskipun mata ikan lebih sering terjadi pada jari kaki, namun dapat pula berkembang pada titik-titik tekanan tinggi di jari dan tangan.

Mata ikan sangat mirip dengan kapalan, tetapi biasanya muncul pada tonjolan tulang kaki dan berukuran lebih kecil.  Sama seperti kaki, mata ikan dapat berkembang di jari atau tangan sebagai respons tekanan, gesekan, dan abrasi jangka panjang.

Beberapa contoh orang yang lebih mungkin mengembangkan mata ikan di tangan adalah pekerja konstruksi, tukang kebun, mekanik, pemain gitar, dan atlet.

Jika kamu memiliki kondisi kulit rapuh, sirkulasi darah yang buruk, dan masalah saraf, maka segera konsultasikan dengan dokter saat muncul tanda-tanda mata ikan.

Gejala umum mata ikan pada tangan

Mata ikan dikenal sebagai heloma, yakni lapisan kulit yang menebal, sering muncul di tangan atau kaki, tempat yang sering terjadi gesekan. Kondisi ini terkadang akan memiliki penampilan kering seperti lilin dan tembus cahaya. Ketika jari terkena mata ikan, maka kamu mungkin juga akan mengalami gejala tertentu. 

Beberapa gejala lain yang mungkin dirasakan termasuk seperti kulit kasar dan kuning, bergelombang di ujung jari, sensitivitas yang bereaksi terhadap perubahan tekanan seperti mencengkram, sakit saat ditekan, dan kulit bersisik.

Terkadang, orang dengan mata ikan di bagian tangan tidak mengalami gejala yang menyakitkan. Karena itu, dengan atau tanpa rasa sakit kamu perlu melakukan perawatan baik secara medis maupun rumahan. 

Bagaimana cara mengatasi mata ikan di tangan?

Penanganan mata ikan di tangan bergantung pada tingkat keparahan dan seberapa lama kamu memilikinya. Saat mencoba untuk mengelola mata ikan, maka menghaluskan kulit perlu dilakukan untuk memudahkan perawatan.

Salah satu metode untuk melembutkan mata ikan salah satunya dengan merendam ke dalam air hangat. Setelah kulit mulai melunak, kamu bisa mengangkat lapisan kulit mati menggunakan kikir kulit.

Dalam melakukannya, penting untuk menghindari pengelupasan terlalu banyak agar kulit tangan tidak rusak. Sementara itu, terdapat beberapa metode penanganan lain untuk membantu menghilangkan mata ikan seperti:

Gunakan obat oles

Mata ikan dapat diatasi dengan berbagai produk obat untuk mengikis kulit mati yang menebal secara kimiawi. Banyak produk yang tersedia untuk digunakan sebagai pengobatan, salah satunya obat dengan kandungan asam salisilat. 

Asam salisilat adalah keratolitik di mana berarti melarutkan protein atau keratin yang menyusun sebagian besar mata ikan dan lapisan tebal di atasnya. Perawatan asam salisilat tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk aplikator, tetes, bantalan, dan plester. 

Operasi pengangkatan mata ikan

Operasi untuk mengangkat mata ikan sangat jarang diperlukan. Hal ini dikarenakan, ketika mata ikan diangkat melalui pembedahan maka tekanan yang menyebabkannya terbentuk di tempat pertama hanya akan menimbulkan kemunculan kembali.

Untuk itu jika operasi diperlukan, pembedahan juga harus melibatkan pencukuran tulang di bawahnya atau memperbaiki deformitas yang menyebabkan tekanan pada kulit. Konsultasikan bersama dokter untuk mengetahui metode paling tepat untuk mengobati mata ikan.

Pencegahan mata ikan

Penting untuk menghindari pengelupasan terlalu banyak pada kulit karena dapat menyebabkan kerusakan. Dalam beberapa kasus, membuang terlalu banyak kulit justru dapat mengakibat munculnya infeksi. 

Pada dasarnya, mata ikan dapat dicegah dengan beberapa cara. Pencegahan terhadap keparahan mata ikan, misalnya dengan melembapkan jari atau tangan setiap hari, kenakan sarung tangan selama melakukan pekerjaan, dan tutupi mata ikan dengan perban.

Baca juga: Mengapa Jatuh di Kamar Mandi Berakibat Fatal? Ketahui Apa Saja Bahayanya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Mayo Clinic (2020), diakses 5 Maret 2021. Corns and calluses
  2. Healthline (2018), diakses 5 Maret 2021. Corns on Finger
  3. MedicineNet (2019), diakses 5 Maret 2021. Corns
  4. Medical News Today (2017), diakses 5 Maret 2021. All about corns and calluses
    register-docotr