Info Sehat

Pertolongan Pertama untuk Gula Darah Rendah yang Perlu Diketahui

March 3, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pertolongan pertama untuk gula darah rendah harus dilakukan dengan tepat karena bisa menyebabkan masalah serius. Kadar gula darah yang turun terlalu rendah bisa menyebabkan berbagai gejala.

Untuk itu, apabila tubuh rentan terhadap penurunan kadar gula darah maka penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk membuat kondisi tetap aman. Nah, beberapa langkah pertolongan pertama untuk gula darah rendah lebih lengkapnya, yuk, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Tanda-tanda Hormon Tak Seimbang pada Pria dan Wanita yang Perlu Diketahui

Bagaimana gejala akibat gula darah rendah?

Dilansir dari Healthline, gula darah cenderung dapat berfluktuasi sepanjang hari. Artinya, kadar gula darah akan lebih rendah saat pertama kali bangun terutama jika kamu belum makan selama 8 hingga 10 jam terakhir.

Gula darah rendah atau dikenal juga sebagai hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah turun di bawah 70 mg/dL.

Pada kondisi ini, beberapa orang mungkin akan merasa gelisah, mudah tersinggung, atau pusing. Gejala lain akibat gula darah yang terlalu rendah, antara lain sebagai berikut:

Gejala gula darah rendah ringan

Ketika mengalami penurunan kadar gula darah yang ringan sampai sedang, gejala paling umum meliputi gemetar, berkeringat, panas dingin, cemas, kantuk, sulit berkonsentrasi, dan pucat. Beberapa penderitanya bahkan akan merasa kebingungan, detak jantung tidak teratur, dan lapar tiba-tiba.

Gejala gula darah rendah parah

Gejala hipoglikemia yang lebih parah dapat terjadi jika tidak segera mendapatkan penanganan tepat. Beberapa gejala yang mungkin dirasakan, seperti ketidakmampuan untuk makan atau minum, kejang, dan pingsan atau tidak sadarkan diri.

Ketidaksadaran akibat hipoglikemia bisa berbahaya karena mengurangi kesempatan untuk mengobati kadar gula darah dan berisiko meningkatkan keparahan gejala. Karena itu, untuk gejala yang parah maka penting agar segera mendapatkan bantuan medis.

Pertolongan pertama untuk gula darah rendah yang bisa dilakukan

Gula darah yang terlalu rendah dapat terjadi secara tiba-tiba sehingga penting untuk mengetahui penanganan dini. Beberapa langkah pertolongan pertama untuk gula darah rendah, yakni sebagai berikut:

Konsumsi makanan atau minuman manis

Pertolongan pertama untuk gula darah rendah yang bisa segera diterapkan adalah mengonsumsi makanan atau minuman manis. Penderita hipoglikemia dapat makan atau minum 15 hingga 20 gram karbohidrat yang bekerja cepat.

Maksudnya adalah makanan atau minuman harus manis tanpa protein atau lemak yang mudah diubah menjadi gula dalam tubuh. Cobalah konsumsi tablet atau gel glukosa, jus buah, minuman ringan reguler, madu, dan permen manis.

Jika sudah merasa kondisi lebih baik, berikan lebih banyak makanan atau minuman terutama biskuit atau roti dengan selai.

Makanan yang lebih besar, seperti sandwich atau roti selain menawarkan protein, lemak, dan karbohidrat kompleks di mana dapat membantu memulihkan kondisi tubuh.

Periksa kembali kadar gula darah

Setelah 15 menit dari pertolongan pertama untuk gula darah rendah, kamu perlu mengecek kembali kadar gula darah dalam tubuh. Jika kadar gula darah masih di bawah 70 mg/dL atau 3,9 mmol/L, maka makan atau minum lagi 15 hingga 20 gram karbohidrat yang bekerja cepat.

Periksa kembali kadar gula darah setelah 15 menit. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai gula darah di atas 70 mg/dL atau 3,9 mmol/L. Segera hubungi tim medis apabila kadar gula darah tetap rendah dan gejala semakin memburuk.

Makan camilan

Setelah gula darah dalam tubuh kembali normal, kamu bisa melanjutkannya dengan mengonsumsi makanan camilan. Camilan dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengisi kembali simpanan glikogen dalam tubuh.

Hipoglikemia yang dianggap parah adalah ketika kamu membutuhkan bantuan dari seseorang untuk pulih. Misalnya, jika kamu tidak dapat makan dan memerlukan injeksi glukagon atau glukosa intravena.

Secara umum, penderita diabetes yang diobati dengan insulin harus memiliki kit glukagon untuk keadaan darurat. Keluarga dan teman-teman perlu mengetahui di mana dapat menemukan kit tersebut dan bagaimana cara menggunakannya dalam keadaan darurat.

Jika kamu membantu seseorang yang tidak sadarkan diri, jangan mencoba untuk memberikan makanan atau minuman. Apabila tidak menemukan kit glukagon yang tersedia atau tidak mengetahui cara penggunaannya, maka segera hubungi bantuan medis darurat.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Bau Badan: Bawang hingga Daging Merah

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 24 Februari 2021. What Can You Do to Raise Your Blood Sugar Quickly?
  2. First Aid For Life (2020), diakses 24 Februari 2021. Diabetes
  3. Webmd (2020), diakses 24 Februari 2021. Low Blood Sugar (Hypoglycemia) Treatment
  4. Alertfirstaid.com (2019), diakses 24 Februari 2021. First Aid: Diabetic Emergency
  5. Mayo Clinic (2020), diakses 24 Februari 2021. Hypoglycemia
    register-docotr