Info Sehat

Mengonsumsi Serai Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini Dia Segudang Manfaatnya!

September 1, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Serai merupakan tanaman rempah yang biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, terutama di Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa manfaat serai ternyata sangat baik untuk kesehatan lho!

Apa saja manfaat serai bagi tubuh, lanjutkan membaca artikel di bawah ini.

Baca Juga: Rempah Kapulaga: Mengobati Bau Mulut hingga Anti-Kanker

Beragam manfaat serai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi stres

Serai bisa juga dijadikan teh dan minyak esensial (essential oil), beberapa manfaat kesehatan dari tumbuhan serai, meliputi:

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat serai yang pertama yakni membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi secangkir teh serai panas, dapat membantu mengurangi kembung, kram perut, dan membantu pencernaan terhindar dari masalah sembelit.

Bertindak sebagai diuretik

Olahan serai sebagai teh juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi edema retensi air atau kelebihan cairan dalam tubuh

Tidak hanya itu, serai juga bagus untuk menangani masalah saat atau sesudah menstruasi, juga bisa bermanfaat untuk wanita yang mengalami gejala menopause seperti hot fluses dan mood swing.

Manfaat serai yakni memiliki sifat anti-inflamasi

Hal ini bisa bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi. Kombinasi beberapa tetes minyak pala bersama dengan minyak esensial serai dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.

Membantu menurunkan berat badan

Kabar gembira untuk kamu yang sedang menerapkan diet untuk menurunkan berat badan. Pasalnya ini merupakan salah satu manfaat serai.

Serai biasanya digunakan sebagai teh detoks, untuk meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat serai yang mungkin tidak pernah kamu sadari yakni bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini karena serai mengandung banyak kalium, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik yang tinggi pada tubuh.

Manfaat serai sebagai pembersih hati

Tumbuhan ini juga memiliki manfaat sebagai pembersih hati dan ginjal. Hal tersebut dikarenakan serai memiliki sifat anti-oksidan.

Menurunkan kadar gula

Manfaat serai juga juga bisa dirasakan bagi orang yang menderita diabetes lho! Karena serai dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Menyembuhkan penyakit yang disebabkan infeksi virus

Memiliki sifat anti-bakteri atau jamur, serai dapat membantu seseorang untuk menyembuhkan flu, batuk, dan hidung tersumbat karena bisa membantu untuk mengeluarkan lendir.

Mengurangi stres merupakan manfaat serai

Jika dijadikan minyak esensial, serai bisa mengurangi stres, sakit kepala, ketidak mampuan seseorang untuk tidur, serta memperbaiki suasana hati dan merangsang produksi serotonin.

Manfaat lain dari serai

Adapun manfaat lainnya dari penggunaan serai, seperti:

  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak serai yang ditambahkan ke tonik rambut dapat mengurangi ketombe
  • Sebuah penelitian lainnya, menemukan bahwa penggunaan infus serai lebih efektif dalam mengurangi gejala sariawan pada pasien HIV/AIDS daripada larutan topikal yang umum digunakan.

Efek samping yang mungkin terjadi

Serai mungkin aman dikonsumsi bagi sebagian orang bila digunakan dalam jumlah yang sesuai. Namun, bisa menjadi tidak aman bila diminum, dioleskan ke kulit, atau dihirup sebagai aromaterapi jangka pendek untuk tujuan pengobatan.

Minyak serai bisa menyebabkan iritasi saat dioleskan ke kulit, namun hal ini jarang terjadi.

Ada juga beberapa efek samping lainnya yang beracun, seperti masalah paru-paru setelah menghirup serai dan keracunan yang fatal seorang anak yang menelan obat pengusir serangga berbahan dasar minyak serai.

Baca Juga: Jangan Lihat Ribet Makannya, Tapi Kenali Segudang Manfaat Sehat Ngemil Biji Bunga Matahari

Perhatian dan peringatan khusus

Berikut beberapa peringatan yang harus diperhatikan, seperti:

Wanita hamil dan menyusui mungkin tidak aman mengonsumsi minuman serai selama kehamilan. Hal tersebut dikarenakan, serai dapat memulai aliran menstruasi, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com. Diakses pada 29 Agustus 2020. LEMONGRASS
  2. Timesofindia.indiatimes.com (2019). Diakses pada 29 Agustus 2020. Health benefits of Lemongrass
  3. Verywellfit.com (2019). Diakses pada 29 Agustus 2020. The Health Benefits of Lemongrass
    Berita Terkait
    register-docotr