Info Sehat

Mengulik Lebih Dalam tentang Klaim Manfaat Salmon Ovary Peptide untuk Tubuh

February 17, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Jika diperhatikan, belakangan ini muncul sebuah iklan yang cukup masif di media sosial tentang manfaat salmon ovary peptide. Suplemen itu hadir dengan klaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak hanya itu, ada juga klaim manfaat salmon ovary peptide sebagai pencegahan gangguan kesehatan tertentu.

Lantas, apa sebenarnya salmon ovary peptide itu? Benarkah bisa memberi manfaat untuk tubuh? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Apa itu salmon ovary peptide?

Salmon ovary peptide adalah suplemen yang terbuat dari bahan utama telur atau kaviar salmon melalui proses ekstraksi dengan campuran peptida. Dikutip dari Medical News Today, peptida sendiri merupakan protein yang terbentuk dari proses pemecahan asam amino tertentu.

Peptida diklaim lebih mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan protein biasa, karena berukuran lebih kecil. Peptida juga lebih mudah menembus kulit dan usus, sehingga cepat masuk ke dalam aliran darah.

Zat tersebut umum digunakan sebagai komposisi pendamping di banyak suplemen, baik nabati maupun hewani. Adanya senyawa bioaktif pada peptida diyakini dapat memberi efek menguntungkan pada kesehatan dan tubuh.

Salmon ovary peptide menggunakan salmon berjenis khusus, yaitu Oncorhynchus keta. Salmon jenis itu banyak ditemukan di perairan Jepang, khususnya di sekitar Hokkaido.

Adakah manfaat salmon ovary peptide untuk tubuh?

Belakangan ini, salmon ovary peptide mulai dikenal banyak kalangan karena diklaim bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh. Suplemen yang juga dikenal sebagai salmon ovary peptide atau SOP Subarashi itu dipercaya dapat meningkatkan kebugaran dan mencegah penyakit tertentu.

Salah satu klaim tentang manfaat salmon ovary peptide atau SOP Subarashi adalah bisa menjadi alternatif dari prosedur stem cell, yaitu penggantian sel-sel yang telah mati dengan sel yang baru. Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian atau studi ilmiah yang bisa membuktikan klaim tersebut.

Bahkan pada tahun 2014, pemerintah Jepang sempat membatalkan paten terhadap satu produk suplemen SOP Subarashi karena adanya efek yang saling bertentangan dengan klaim yang diberikan.

Dengan demikian, hingga saat ini, manfaat salmon ovary peptide belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Meski, minimnya penelitian bukan berarti salmon ovary peptide tidak memberikan khasiat sama sekali pada tubuh.

Kandungan telur salmon keta

Meski belum ada riset yang benar-benar membuktikan manfaat salmon ovary peptide, kaviar atau telur dari salmon keta sendiri mengandung banyak nutrisi, seperti asam lemak sehat omega-3 (DHA dan EPA) asam palmilat, asam oleat (omega-9), asam aspartat,  dan beberapa jenis asam amino.

Kaviar atau telur salmon keta juga mengandung hidroksiprolin dan glisin yang merupakan komponen pembentuk kolagen. Ini yang mendasari klaim bahwa SOP Subarashi tak hanya bagus untuk tubuh, tapi juga kulit.

Baca juga: Mengenal Telur Salmon dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Salmon keta dan manfaatnya

Tak hanya telurnya, hampir seluruh bagian dari salmon keta mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah alasan mengapa ikan tersebut telah menjadi menu favorit bagi kebanyakan orang Jepang.

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis salmon lain, salmon keta dipercaya mengandung gizi lebih tinggi dan efek yang menguntungkan untuk tubuh serta kesehatan.

Menurut sebuah publikasi di Journal of Marine Drugs, salah satu nutrisi dengan kadar cukup tinggi pada salmon keta adalah antioksidan. Senyawa aktif itu tak hanya berperan meredakan penyakit tertentu, tapi juga mencegah serta meminimalkan risiko sejumlah gangguan kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari salmon keta yang perlu kamu tahu:

  • Penurunan risiko kanker: Antioksidan pada salmon keta dapat melindungi kerusakan DNA dan sel di dalam tubuh. Seperti diketahui, sel yang rusak sangat rentan mengembangkan kanker.
  • Menjaga kesehatan kulit: Seperti yang telah disebutkan, ada zat tertentu pada salmon keta yang dapat mengoptimalkan pembentukan kolagen. Kolagen sendiri adalah protein yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari kondisi tertentu.
  • Pencegahan stroke: Kandungan ikan salmon keta dapat mencegah terjadinya pembekuan dan penggumpalan darah yang dapat berujung pada stroke.
  • Mengontrol kadar gula darah: Meski masih sedikit penelitian yang membahasnya, salmon keta diyakini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
  • Melancarkan sistem pencernaan: Mengonsumsi ikan salmon secara rutin dapat mengoptimalkan saluran cerna. Adanya gangguan pada sistem pencernaan dapat menyebabkan susah buang air besar dan diare.

Nah, itulah penjelasan tentang klaim manfaat salmon ovary peptide atau SOP Subarashi yang perlu kamu tahu. Agar tetap sehat dan bugar, utamakan penerapan pola makanan bergizi dan olahraga seimbang, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Japan Patent Office, diakses 8 Februari 2021, Invalidation No. 2014-800104.
  2. DrHealthBenefits, diakses 8 Februari 2021, 15 Health Benefits of Chum Salmon to Cure Various Diseases.
  3. Medical News Today, diakses 8 Februari 2021, What to know about peptides for health.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 8 Februari 2021, Antioxidant Effect of a Marine Oligopeptide Preparation from Chum Salmon (Oncorhynchus keta) by Enzymatic Hydrolysis in Radiation Injured Mice.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 8 Februari 2021, Chemical Composition of Salmon Ovary Outer Membrane and Its Protein Increases Fecal Mucins Content in C57BL/6J and Type 2 Diabetic/Obese KK-Ay Mice.

    Berita Terkait
    register-docotr