Info Sehat

Berbagai Manfaat Jahe Merah yang Bisa Bikin Penyakit Menjauh

June 6, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jahe merah merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu jahe merah juga dapat mencegah kita dari berbagai penyakit lho, yuk kita simak berbagai manfaat jahe merah untuk kesehatan!

Baca Juga: Benjolan di Payudara Tak Selalu Kanker, Ini Ulasan Lengkapnya

Khasiat jahe merah untuk kesehatan

Meski sama-sama tergolong tanaman jahe, ternyata jahe merah memiliki khasiat yang lebih dibanding jahe putih untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan, antara lain:

Manfaat jahe merah untuk asam lambung

Manfaat jahe merah lainnya adalah manjur untuk mengatasi asam lambung. Ini karena jahe merah mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing berfungsi mencerna protein dan lemak.

Selain itu, jahe merah juga dipercaya mampu menjaga jumlah asam lambung agar tetap stabil. Dengan stabilnya kandungan asam dalam lambung, rasa mual serta keinginan untuk muntah dapat dikurangi dengan jahe merah.

Mengurangi kadar kolesterol 

Jahe merah juga dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. 

Selain bermanfaat bagi para penderita penyakit tersebut, jahe merah juga bermanfaat bagi orang sehat pun agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman herbal ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Selain itu, jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan jahe merah ini.

Manfaat jahe merah untuk meredakan nyeri otot dan sendi

Ekstrak jahe merah ini ternyata mampu membantu mengurangi gejala nyeri otot dan sendi. Tidak hanya itu saja, bahkan jauh lebih efektif mengurangi peradangan dalam tubuh dibandingkan dengan obat anti-inflamasi non steroid.

Mengobati asam urat

Tanaman herbal ini dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, asam urat yang tinggi dapat berangsur-angsur pulih dan normal kembali.

Khasiat jahe merah untuk mencegah kanker

Kandungan gingerol pada jahe merah dipercaya dapat membantu mencegah kanker dan mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus. 

Selain itu, jahe merah juga dipercaya memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Dengan rutin mengonsumsi air jahe merah dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti-peradangan. Tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan kulit

Tidak hanya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata jahe merah memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan kulit, yaitu:

Mengatasi jerawat

Jahe merah mengandung zat antiseptik dan antioksidan yang dapat melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Kamu bisa membuat ramuan masker jahe merah ini di rumah.

Caranya: Haluskan satu ruas jahe ukuran sedang, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu, lalu dinginkan di dalam kulkas. Jika sudah dingin, kamu bisa mengolesnya pada wajahmu.

Mengontrol minyak di wajah

Ternyata jahe merah dipercaya mampu mengatasi kulit berminyak penyebab munculnya jerawat. Ada ramuan yang dapat kamu buat di rumah untuk dioleskan ke wajah kamu.

Caranya: campurkan 4 sendok makan air jahe merah, satu sendok makan bubuk kayu manis, satu sendok makan bubuk pala, lalu aduk merata. Setelah tercampur semua, oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang ada di dalam jahe merah dapat menjaga kulit lebih cantik dan sehat. Tidak hanya itu saja, jahe merah juga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kolagen kulit. 

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas: Kaya Antioksidan hingga Cegah Peradangan

Menghilangkan kantung mata

Pastinya masalah yang satu ini banyak dihadapi oleh para wanita. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, ternyata jahe merah mampu menghilangkan kantung mata yang menggangu.

Caranya: haluskan jahe merah, lalu peraslah jahe yang sudah halus menjadi cairan.

Setelah itu tuangkan ke dalam cetakan es dan masukkan ke dalam kulkas. Setelah menjadi es padat, gunakanlah sebagai kompres mata secara rutin untuk hasil maksimal.

Cara membuat minuman jahe merah

Jahe merah dapat dibuat dalam berbagai bentuk minuman. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman yang hangat seperti teh, sampai yang dingin seperti sirup.

Selain rasanya enak, minuman jahe merah juga memiliki berbagai khasiat kesehatan yang sudah tak diragukan lagi.

Banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional seperti meredakan sakit tenggorokan atau batuk, melawan pilek, dan meredakan gangguan pencernaan, mual, dan mabuk perjalanan, minuman jahe merah diincar karena kaya akan sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Berikut adalah 2 resep dan cara membuat minuman jahe merah yang mudah diikuti dengan variasi yang akan membuatnya semakin lezat.

Minuman jahe merah

Jahe merah dapat kamu jadikan senjata yang pas untuk meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi ini. Sebuah studi yang dilansir dari Verywellfit, menyebutkan bahwa konsmusi jahe secara rutin berkaitan erat dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk 1 porsi penyajian antara lain 1 atau 2 irisan jahe merah, 1 cangkir air mendidih, dan madu secukupnya (opsional).

Adapun instruksi penyajian adalah:

  1. Masukkan irisan jahe langsung ke dalam cangkir.
  2. Tambahkan air mendidih dan biarkan mendidih selama 5 hingga 10 menit.
  3. Tambahkan madu secukupnya, jika diinginkan.

Jus jahe merah

Jus ini benar-benar bisa membuat kamu semakin berenergi. Jadi ini akan sangat cocok diminum saat kamu kelelahan, atau perlu mengisi bahan bakar untuk berolahraga.

Perpaduan bahan-bahan di dalamnya bisa memberikan energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Untuk menghasilkan 1 porsi minuman, kamu akan memerlukan bahan-bahan berikut ini:

  1. 1 buah jeruk nipis
  2. 1 buah bit
  3. 1 apel Granny Smith, diiris
  4. 1 buah pir, iris
  5. 4 batang, seledri
  6. 1 umbi adas, cincang
  7. 1 (1/4 inci) ruas jahe merah
  8. 1 (1/4 inci) akar kunyit

Cara membuatnya sangat mudah, pertama-tama kamu hanya perlu memeras jeruk nipis menggunakan alat pembuat jus jeruk manual.

Lalu blender semua bahan sisanya dan gabungkan dengan air jeruk nipis yang telah kamu peras. Simpan dalam wadah kaca kedap udara di lemari es hingga 24 jam.

Khasiat jahe merah untuk ibu hamil

Sekitar 80 persen wanita mengalami mual dan muntah saat hamil. Kondisi ini juga dikenal sebagai morning sickenss yang banyak terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Jika mengonsumsi obat-obatan tertentu dianggap terlalu riskan karena bisa menimbulkan efek samping pada janin. Kini kamu bisa mengatasinya dengan cara yang lebih alami yakni menggunakan jahe merah.

Ya, tanaman ini secara khusus memiliki dua jenis senyawa, yakni gingerol dan shogaols, yang dianggap efektif bekerja pada reseptor dalam sistem pencernaan dan mempercepat pengosongan perut. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Gingerol hadir dalam jumlah besar pada jahe mentah, sedangkan shogaol lebih banyak terdapat pada jahe kering. Artinya, teh jahe yang dibuat dari jahe segar atau kering mungkin mengandung senyawa dengan efek antimual dan cocok untuk mengatasi mual dan muntah pada kehamilan.

Aturan mengonsumsi jahe merah untuk ibu hamil

Mengonsumsi jahe merah, misalnya melalui teh jahe, dapat membantu meredakan mual di pagi hari selama kehamilan. Namun kamu tidak boleh meminumnya secara berlebihan. Dilansir dari Healthline, asupan teh jahe yang terbilang aman untuk ibu hamil adalah paling banyak 4 cangkir (950 ml) per hari.

Namun, minuman ini tidak boleh dikonsumsi menjelang persalinan, karena dapat meningkatkan risiko pendarahan. Jadi jika kamu ingin mencoba teh jahe untuk meredakan gejala mual, masih diperbolehkan asal berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. deltomed.id diakses 4 Juni 2020. 8 Benefits of Red Ginger. 4 Juni 2020 pukul 15.00.
  2. gingerparrot.co.uk diakses 4 Juni 2020. Ten Beauty Benefits of Ginger For Your Hair and Skin. 4 Juni 2020 pukul 15.30.
  3. Red Ginger Juice, https://www.epicurious.com/recipes/food/views/red-ginger-juice-51215620 diakses pada 22 Januari 2021
  4. How to Make Homemade Ginger Tea, https://www.verywellfit.com/ginger-tea-recipe-88180 diakses pada 22 Januari 2021
  5. Ginger Tea in Pregnancy: Benefits, Safety, and Directions, https://www.healthline.com/nutrition/ginger-tea-pregnancy#bottom-line diakses pada 22 Januari 2021
    register-docotr