Diet dan Nutrisi

8 Manfaat Semangka: Cegah Dehidrasi hingga Atasi Sembelit!

June 7, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Semangka adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain menyegarkan, ada banyak manfaat semangka yang bisa kamu dapatkan, mulai dari menjaga kesehatan hingga sebagai pencegahan penyakit.

Khasiat tersebut tak lepas dari berbagai nutrisi yang ada pada semangka, seperti likopen, vitamin C, asam amino, dan masih banyak lagi. Semangka juga mengandung rendah kalori, sehingga tidak akan mengganggu program dietmu.

Nah, berikut adalah manfaat semangka untuk tubuh yang perlu kamu ketahui secara lengkap.

1. Tubuh tetap terhidrasi

Tubuh manusia berisi sekitar 70 persen cairan. Kekurangan asupan air bisa membuat kamu dehidrasi dan mengganggu kesehatan. Semangka bisa menjadi solusinya. Buah satu ini mengandung tidak kurang dari 90 persen air.

2. Manfaat semangka untuk jantung

Sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia, kamu sangat disarankan untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi semangka. Buah ini mengandung likopen sehingga bisa mengoptimalkan kinerja jantung.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat pada 2007 memaparkan, selain likopen, asam amino turunan bernama sitrulina mampu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Pembuluh darah akan mudah mengembang, dan aliran darah menjadi semakin lancar.

Baca juga: Penyakit Jantung: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

3. Pencegahan kanker

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, likopen mampu berperan sebagai penangkal sel-sel kanker di dalam tubuh. Meski, tingkat efektivitasnya masih terus diteliti.

Likopen yang ada pada semangka bekerja dengan menurunkan kadar insulin-like growth factor (IGF), yaitu protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Tingkat IGF yang tinggi memiliki hubungan dengan pertumbuhan sel kanker itu sendiri.

Tidak hanya itu, kukurbitasin E yang juga terdapat pada semangka cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan tumor.

4. Manfaat semangka untuk mata

Zat likopen pada semangka juga dapat berfungsi menjaga kesehatan mata. Likopen bisa mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia (AMD), salah satu masalah pada mata yang umum terjadi pada orang lanjut usia.

Likopen sendiri memiliki sifat anti-inflamasi. Artinya, ia dapat membantu mengurangi peradangan yang bisa memicu munculnya AMD parah. Kandungan berbagai vitamin pada semangka juga akan memaksimalkan penyerapan likopen dalam tubuh.

5. Manfaat semangka untuk kulit

Pada daging semangka, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin A dan C, yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Jika rajin melakukan perawatan wajah, mungkin kamu tak asing dengan penggunaan vitamin C. Nutrisi satu ini dapat meningkatkan elastisitas kolagen, protein yang sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Hadirnya vitamin A juga bisa memperbaiki dan memudahkan proses regenerasi kulit. Hasilnya, katakan selamat tinggal pada kulit kusam. Tanpa vitamin A, kulit akan terlihat kering dan mudah terkelupas.

Baca juga: Cara Membuat Wajah Glowing Sehat dengan Bahan Alami

6. Pencegahan asma

Beberapa ahli kesehatan menyimpulkan, senyawa antioksidan pada semangka dapat digunakan sebagai pencegahan asma.

Antioksidan pada semangka bisa berfungsi menjaga organ paru-paru dan saluran pernapasan. Dengan demikian, risiko gangguan asma bisa dikurangi, atau bahkan dicegah. Senyawa antioksidan tersebut terdapat pada vitamin C.

Semangka seberat 154 gram memiliki 12,5 miligram vitamin C, atau setara dengan 16 persen dari total kebutuhan nutrisi harian manusia.

7. Membantu meredakan nyeri otot

Salah satu manfaat semangka yang jarang diketahui banyak orang adalah kemampuannya dalam meredakan nyeri otot. Sitrulina, asam amino yang ada pada semangka, bisa membantu tubuh dalam mengurangi ketegangan pada arteri.

Maka jangan heran jika kebanyakan atlet hampir selalu membawa minuman sari semangka saat menjalani pertandingan. Sitrulina juga dapat memacu daya tahan tubuh, terutama saat beraktivitas berat seperti olahraga.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Mulai dari Masalah Otot hingga Tanda Gangguan Ginjal

8. Manfaat semangka untuk sistem pencernaan

Siapa sangka, semangka ternyata bisa membantu mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan, lho. Buah kaya air ini bisa menjadi teman setia saat sedang mengalami buang air besar.

Meski tidak memiliki banyak serat, kandungan air yang mencapai 90 persen pada semangka bisa menjaga saluran pembuangan tetap bekerja secara optimal. Dengan begitu, kamu bisa katakan selamat tinggal pada sembelit yang mengganggu.

Nah, itulah delapan manfaat semangka untuk kesehatan. Yuk, tetap terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

  1. Healthline, diakses 1 Juni 2020, Top 9 Health Benefits of Eating Watermelon.
  2. Medical News Today, diakses 1 Juni 2020, What are the health benefits of watermelon?
  3. US National Library of Medicine, diakses 1 Juni 2020, Vitamin C for asthma and exercise‐induced bronchoconstriction.
  4. US National Library of Medicine, diakses 1 Juni 2020, Watermelon lycopene and allied health claims.
  5. US National Library of Medicine, diakses 1 Juni 2020,Watermelon Consumption Increases Plasma Arginine Concentrations in Adults.

    register-docotr