Info Sehat

Manfaat Bioglass di Dunia Medis yang Perlu Kamu Ketahui

December 2, 2020 | Richaldo Hariandja
no-image

Ada berbagai temuan yang diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bioactive glass atau yang disingkat bioglass.

Produk asli bioglass yang ada di pasaran dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Applied Glass Science disebut sebagai 4S5S Bioglass. Produk ini banyak digunakan dalam dunia ortopedi.

Apa itu bioglass?

Bioglass ditemukan oleh Larry Hench pada tahun 1969, penemuan ini merupakan material pertama yang dapat mengikat tulang. Temuan ini disebut mampu menstimulasi regenerasi tulang lebih daripada keramik bioaktif lainnya.

Bioglass yang ditemukan oleh Larry Hench ini merupakan jawaban atas tantangan yang diberikan seorang Kolonel Tentara Amerika Serikat padanya. Kala itu, Hench diminta untuk mengembangkan material yang dapat bertahan dalam tubuh manusia.

Hench mengembangkan sebuah material baru menggunakan silika atau kaca yang digabungkan dengan kalsium dan fosfor untuk menyambungkan tulang yang patah. Material bioglass karya Hench ini menyerupai material penyusun tulang dan dapat mendorong pertumbuhan tulang.

Di awal penemuannya, material ini dipakai untuk tulang dan gigi, sebagai bahan implan dan pendorong pertumbuhan tulang yang rusak.

Manfaat bioglass

Ada berbagai manfaat bioglass yang dituangkan dalam penelitian yang diterbitkan International Journal of Applied Glass Science. Di antaranya adalah:

Cangkok tulang sintetis

Salah satu manfaat awal bioglass adalah cangkok tulang sintetis yang dirancang untuk mengurangi autograft (cangkok tulang autogenus yang melibatkan penggunaan tulang yang diperoleh dari individu yang sama yang menerima cangkok). 

Karena penggunaan autograft memiliki kendala keterbatasan terhadap tulang yang bisa jadi sumber cangkok. Belum lagi dengan rasa nyeri atau infeksi yang bisa terjadi di lokasi tulang donor diambil.

Bioglass 45S5 asli telah digunakan lebih dari 1,5 juta pasien. Penggunaan klinis bioglass pertama kali dalam bentuk monolith, yang digunakan untuk mengganti tulang kecil di telinga dalam pada seorang pasien.

Implan bioglass yang diberikan untuk mengganti tulang itu berhasil memperbaiki pendengaran dari pasien tersebut.

Campuran dan dempul untuk memperbaiki tulang

Manfaat lain dari bioglass ini adalah bisa dijadikan bahan campuran dan dempul untuk memperbaiki tulang. Beberapa produk cangkok tulang biasanya mencampur bioglass dengan polymeric matrix alami untuk menyerupai tulang asli.

Penyembuh luka

Bioglass tidak hanya diaplikasikan dalam dunia ortopedi saja. Namun, juga dalam memperbaiki jaringan yang lunak. 

Khasiat untuk mengobati luka kronis ini sudah melewati percobaan pada hewan dan manusia. Penelitian-penelitian ini menggunakan perancah yang menyerupai permen kapas yang terbuat dari bioglass.

Luka yang berhasil disembuhkan dalam penelitian adalah tukak diabetes yang tidak bisa sembuh dengan pengobatan konvensional. Namun penelitian tidak menjelaskan kenapa perancah ini bisa bekerja dengan baik sekalipun hasilnya sangat memuaskan.

Bahan pasta gigi

Bioglass juga memiliki kegunaan dalam peralatan kesehatan. Salah satu penggunaan bioglass yang sangat besar adalah sebagai bahan dalam pasta gigi, karena email dan dentin gigi sangat mirip dengan tulang. 

Lebih dari 35 persen orang dewasa memiliki gigi sensitif. Hal ini disebabkan oleh dentin gigi yang dilindungi oleh email telah terekspos sehingga stimulan seperti zat panas atau dingin dapat menimbulkan nyeri di gigi.

Hal ini lah yang membuat beberapa pasta gigi, terutama yang ditujukan untuk gigi sensitif menggunakan bioglass sebagai komponen penyusunnya. 

Meskipun demikian, peralatan perawatan gigi yang menggunakan bioglass tidak hanya terbatas pada pasta gigi saja. Beberapa dokter menggunakan bioglass untuk membalikkan proses demineralisasi karena pemutih gigi.

Benarkah bioglass bisa menyembuhkan berbagai penyakit?

Beberapa produk bioglass di pasaran dikatakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kamu dapat dengan mudah menemukan produk ini di toko daring dengan hanya mengetik kata kunci bioglass.

Sayangnya, untuk produk yang satu ini belum ada kajian ilmiah yang dapat menjadi acuan untuk membuktikan khasiatnya yang dikatakan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk itu, kamu harus selalu waspada dan jangan terburu-buru percaya dengan produk yang belum terbukti secara medis, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. The American Ceramic Society, diakses 19 November 2020. Bioglass and Bioactive Glasses and Their Impact on Healthcare
  2. Tissue Graft Indonesia, diakses 19 November 2020. Jenis-jenis material cangkok
  3. National Library of Medicine, diakses 19 November 2020. Bioglass: A novel biocompatible innovation
  4. ScienceDirect, diakses 19 November 2020. Bioactive Glass
  5. El-Cezeri Journal of Science and Engineering, diakses 19 November 2020. Bioactive Glasses
    Berita Terkait
    register-docotr